Monday, 16 January 2017

Apersepsi Pembelajaran



Apersepsi Pembelajaran
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
apersepsi pembelajaran

Apersepsi berasal dari kata bahasa Inggris apperception yang berarti memadukan suatu pengamatan dengan pengalaman. Dengan kata lain, kesadaran untuk berasosiasi dengan pengalaman yang dimiliki dibarengi dengan pengolahan pikiran sehingga menjadi kesan yang luas. Untuk itu, pengalaman merupakan bahan dari apersepsi. Apersepsi juga dapat diartikan sebagai benturan antara pengalaman dan pengamatan yang diterima oleh individu atas suatu obyek tertentu. Obyek tersebut dapat berupa benda, gejala alam, situasi sosial dan tindakan seseorang. Benturan antara pengalaman dan pengamatan dalam apersepsi diterima oleh panca indera. Proses penerimaan apersepsi ini disebut persepsi.
Secara umum fungsi apersepsi dalam pembelajaran sebagai perantara atau jembatan antara dunia anak atau siswa dengan dunia ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, membawa dunia siswa ke dunia yang akan siswa pelajari. Artinya mengaitkan apa yang telah diketahui atau dialami siswa dengan apa yang akan dipelajari. Selain itu, apersepsi juga menghubungkan pelajaran lama dengan pelajaran baru. Hal ini dimaksudkan sebagai modal sejauh mana siswa menguasai pelajaran lama sehingga dengan mudah menyerap pelajaran baru. Setiap siswa memiliki pengalaman, sikap, dan kebiasaan yang berbeda. Agar dapat menggali dan menghubungkan pengalaman, sikap, dan kebiasaan siswa terhadap konsep yang akan diajarkan perlu kiranya guru kaitkan menggunakan apersepsi. Apersepsi dalam pembelajaran dapat berupa gambar, cerita, video, lagu, dan masih banyak lagi.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa apersepsi penting adanya dalam proses pembelajaran. Apersepsi harus dilakukan ketika siswa hendak akan mempelajari materi baru. Dengan adanya apersepsi dapat memberikan dasar awal siswa untuk mempelajari materi yang baru. Proses belajar tidak dapat dipisahkan antara individu dengan lingkungan pengalaman siswa. Untuk itu, guru senantiasa berusaha menghubungkan terlebih dahulu dengan bahan pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa berupa pengetahuan yang telah dikuasai atau pengalaman yang pernah siswa alami. Dengan demikian, apersepsi dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam mempelajari sesuatu hal yang baru.


EmoticonEmoticon