Sunday, 29 May 2016

Pengertian Seni Tari


Pengertian Seni Tari
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
pengertian seni tari
Seni dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai 1) halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok; 2) keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusan dan keindahannya); 3) kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa. Dengan begitu maka dapat ditarik garis besar jika seni memiliki makna bervariasi namun pada hakikatnya mengacu pada nilai-nilai keindahan. Dalam ensiklopedia Encarta pada Matius Ali (2010, hlm. 2) menyatakan jika seni (art) diartikan sebagai “hasil dari daya kreativitas manusia yang dibentuk untuk menyampaikan ide, perasaan, dan kebutuhan-kebutuhan visual manusia”.
Salah satu bagian dari seni adalah seni tari. Seni tari merupakan “...gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran (Yoki Mirantiyo, 2012). Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Mutiara Sabihah (2013) bahwa “tari adalah ungkapan perasaan jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak ritmis yang indah dan diiringi musik. Sedangkan, menurut Alma M. Hawkins (1990, hlm. 2) “tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta”. Selanjutnya Adhi Maspamuji (2015) berpendapat bahwa “seni tari merupakan gerakan koreografi atau gerakan tubuh yang diiringi oleh musik dan dilakukan pada tempat, waktu, atau keperluan tertentu”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa seni tari adalah ungkapan perasaan manusia yang dicerminkan melalui gerakan tersusun secara sistematis dan ritmis.


Referensi
Ali, M. (2010). Seni Musik SMA untuk Kelas X. Jakarta: ESIS.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Hawkins, A. M. (1990). Mencipta Lewat Tari. terj, Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: ISI.
Maspamuji, A. (2015). Pengertian Seni Tari. [Online]. Diakses dari: inzanami.com/pengertian-seni-tari/
Mirantiyo, Y. (2012). Pengertian Seni Tari. [Online]. Tersedia : http://yokimirantiyo.blogspot.com/2012/09/pengertian-seni-tari.html.
Sabihah, M. (2013). Seni Tari Definisi Tari. [Online]. Diakses dari: sabihahmutia.blogspot.co.id/2013/05/seni-tari-definisi-tari.html. 


EmoticonEmoticon