Thursday, 12 May 2016

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegiatanku Sub Tema Kegiatan Siang Hari



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas / Semester        : I / 1 (Satu)
Tema                          : Kegiatanku
Sub Tema                   : Kegiatan Siang Hari
Alokasi Waktu           : 1 X Pertemuan (6JP)
Pembelajaran             : 1

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

2. PKN
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
a. Mendiskusikan kosa kata yang tidak dimengerti.
b. Menirukan teks deskriptif yang dibacakan dengan suara nyaring.
c. Mempraktikan bermain peran berdasarkan teks.
2. PKN
a. Membedakan perilaku tertib dan tidak tertib.
b. Mempraktikan tata tertib dalam bermain peran.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menirukan teks yang dibaca nyaring.
2. Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks melalui kegiatan tanya jawab.
3. Dengan mendengarkan guru memebacakan wacana, siswa dapat berdiskusi tentang kosa kata baru.
4. Dengan melakukan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memilih gambar-gambar yang menunjukan perilaku tertib dengan benar.
5. Dengan diskusi, siswa dapat bermain peran tentang Kancil dan Buaya dengan kerjasama yang baik.


E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Membaca Teks Deskriptif Sederhana Mengenai Siang Hari





2. Memerankan Tokoh Kancil dan Buaya Sesuai dengan Teks


3. Mengelompokan Perilaku Tertib dan Tidak Tertib





F. STRATEGI, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
Strategi                   : Ekspositori
Pendekatan             : Kontekstual dan belajar kelompok
Metode                   : Tanya jawab, diskusi, bermain peran, permainan

G. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku siswa.
2. Gambar-gambar yang menunjukan sikap tertib.
3. Gambar-gambar yang menunjukan sikap tidak tertib (bertengkar, mengejek, membuang sampah sembarangan, dan lain-lain).


H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN
1. Siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan berdoa.
2. Melakukan apersepsi melalu tanya jawab pembelajaran yang lalu tentang siang dan malam seperti :
a. Apakah kita telah belajar tentang pagi dan malam?
b. Apa itu pagi?
c. Apa itu malam?
3. Memotivasi dan memberi acuan siswa belajar dengan menyampaikan tujuan dan rencana pembelajaran tentang waktu siang dan sore.
10 menit
INTI
1. Guru menyampaikan bahwa di antara pagi dan malam terdapat waktu siang dan sore.
2. Guru membacakan teks deskriptif sederhana dan ditirukan siswa dengan nyaring.
3. Siswa mengikuti bacaan yang ditunjukan oleh guru.
4. Guru bertanya kepada siswa “apakah ada kata-kata yang tidak dimengerti?”
5. Siswa berdiskusi tentang isi teks dengan bantuan guru.
6. Guru membacakan wacana Kancil dan Buaya.
7. Siswa menirukan guru dengan suara nyaring.
8. Siwa menyimpulkan karakter dari tokoh cerita dengan bantuan guru.
9. Siswa berlatih bermain peran cerita Kancil dan Buaya teks.
10. Guru bertindak sebagai narrator dan mengarahkan siswa.
11. Siswa berperan sebagai Kancil dan sebagai Buaya.
12. Guru mengulangi kegiatan ini sampai semua siswa mendapatkan kesempatan.
13. Siswa harus mendengarkan dan melihat pertunjukan dengan tertib.
14. Siswa memberikan apresiasi kepada siswa lain dengan bertepuk tangan.
15. Guru mengarahkan siswa dari kegiatan bermain peran kepada permainan diskusi, dengan bertanya kepada siswa mengenai perilaku tertib.
16. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
17. Setelah semua gambar ditunjukan, (untuk meningkatkan pemahaman siswa) guru melakukan permainan.
18. Guru meletakan gambar-gambar tersebut di depan kelas.
19. Guru mempersilahkan siswa untuk mengikuti permainan.
20. Siswa akan berlomba mengumpulkan gambar-gambar yang menunjukan ketertiban.
21. Setelah selesai mengumpulkan gambar-gambar tersebut, siswa menyerahkan kepada guru.
22. Pemenangnya adalah siswa yang paling banyak mengumpulkan gambar yang sesuai.
180 menit
PENUTUP
1. Merefleksi dan menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan.
2. Melakukan evaluasi hasil belajar.
3. Menyampaikan tindak lanjut dengan menugaskan siswa mengerjakan latihan memilih gambar yang menunjukan ketertiban di buku siswa.
20 menit



I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Proses Belajar
Melakukan pengamatan proses siswa belajar, sikap percaya diri, disiplin, dan bekerja sama, serta keterampilan bermain peran.

2. Penilaian Hasil Belajar
Melakukan tes kinerja: membaca teks, mengelompokan perilaku tertib dan tidak tertib.

3. Instrumen Penilaian
a. Lembar pengamatan proses siswa belajar, penilaian sikap, serta keterampilan bermain peran
b. Lembar tugas dan pengamatan: membaca teks serta mengelompokan perilaku tertib dan tidak tertib.

4. Kunci Jawaban Hasil Belajar
a. Sikap: (1) percaya diri, (2) disiplin, dan (3) bekerja sama
b. Pengetahuan: (1) mampu membedakan perilaku tertib dan tidak tertib, serta (2) antusias melakukan pengelompokan gambar
c. Keterampilan: bermain peran (1) ekspresi dan (2) volume suara membaca (1) lafal yang jelas dan (2) intonasi yang wajar

J. Lampiran
Lampiran 1
Penilaian Sikap
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













Keterangan: BT (belum terlihat), MT (mulai terlihat), MB (mulai berkembang), 
SM (sudah membudaya).

Lampiran 2
Penilaian Pengetahuan
Obsevasi (pengamatan) membedakan contoh perilaku tertib dan tidak tertib.
Lembar pengamatan membedakan contoh perilaku tertib dan tidak tertib.
No.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Kemampuan siswa membedakan perilaku tertib dan tidak tertib




2.
Antusias siswa melakukan pengelompokan gambar







Lampiran 3
Penilaian Keterampilan
Untuk kerja bermain peran
Rubrik bermain peran
No.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dialog namun tidak konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dialog
Monoton dan tanpa ekspresi
2.
Volume suara
Terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas
Hanya terdengar di bagian depan
Sangat pelan atau tidak terdengar

Untuk Kerja membaca
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Lafal yang jelas




2.
Intonasi yang wajar







Lampiran 4
LEMBAR REKAP NILAI AKHIR
HASIL BELAJAR
No.
Nama Siswa
Nilai
1
2
3
Rata-rata
NA
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






Jumlah





Rata-rata






Keterangan:
Nilai 1 = Nilai Sikap
Nilai 2 = Nilai Pengetahuan
Nilai 3 = Nilai Keterampilan

Nilai Akhir (NA) = (N.1 + N.2 + N.3) : 3 X 20
Rata-rata nilai desimal sama atau lebih besar dari 0,5 dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 dibulatkan ke bawah.
…………, …………………

                                                                             Pengajar,


                                                                             ……………………………..


EmoticonEmoticon