Friday, 13 May 2016

Sarana Pendidikan



Sarana Pendidikan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
sarana pendidikan

Sarana secara bahasa berarti segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu. Dalam konteks pendidikan sarana didefinisikan sebagai segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pendidikan. Dalam istilah pendidikan, sarana pendidikan disebut juga alat bantu pendidikan. Artinya sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan untuk mempermudah penyampaian dan pemahaman materi dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang siswa, sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan siswa untuk mempermudah kegiatan belajar. Dengan kata lain, sarana pendidikan memiliki fungsi sebagai alat bantu penyampaian dan pemahaman materi.
Benda apapun dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, apabila difungsikan sebagai alat bantu penyampaian dan pemahaman materi. Lebih spesifik, sarana pendidikan dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yakni: alat pelajaran, alat peraga, dan media pembelajaran.
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk merekam materi atau pelaksanaan kegiatan belajar. Kegiatan merekam yang dimaksud dapat berupa menulis, mencatat, melukis, menempel, dan lainnya. Papan tulis merupakan alat pelajaran apabila digunakan guru untuk menuliskan materi. Termasuk juga kapur, pulpen, pensil, dan penghapus. Alat pelajaran yang berupa alat pelaksanaan kegiatan belajar diantaranya: alat olahraga seperti bola, pemukul kasti, raket, dan sebagainya, alat-alat praktikum, dan alat-alat kesenian.
Alat peraga adalah segala macam alat yang digunakan untuk membantu meragakan obyek atau materi pelajaran yang tidak tampak mata atau sulit untuk diindera. Alat peraga terbagi menjadi dua yakni, alat peraga sebenarnya dan alat peraga tiruan. Alat peraga sebenarnya contohnya mempelajari struktur bunga dengan menggunakan bunga asli yang dipetik dan dibawa ke kelas. Sedangkan alat peraga tiruan misalnya mempelajari struktur kerangka manusia dengan menggunakan torso atau tiruan rangka manusia yang terbuat dari bahan plastik.
Media pembelajaran memiliki sifat yang berlainan dengan alat pelajaran dan alat peraga. Alat pelajaran dan alat peraga memerlukan keberadaan guru. Dengan kata lain, agar siswa dapat belajar dengan baik, guru menyampaikan materi pelajaran dibantu oleh alat pelajaran dan alat peraga. Sedangkan media pembelajaran dapat menggantikan posisi guru. Secara bahasa media berasal dari kata bahasa Inggris medium yang berarti perantara. Inti makna media adalah segala sesuatu yang memiliki pesan komunikasi, yang merupakan perantara komunikasi. Media pembelajaran memiliki sifat menyeluruh, tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut dari guru, dan mudah ditangkap oleh siswa. Media pembelajaran dapat berupa buku teks, buku bergambar, rekaman suara, rekaman video, televisi, dan masih banyak lagi. Maka, media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berisikan pesan berupa materi pelajaran dari pihak pemberi materi pelajaran kepada pihak penerima yang diberi pelajaran.


EmoticonEmoticon