Tuesday, 17 January 2017

Tingkat Kesulitan Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif



Tingkat Kesulitan Soal Pilihan Ganda
Berdasarkan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
tingkat kesulitan soal pilihan ganda berdasarkan taksonomi bloom ranah kognitif

Taksonomi berasal dari bahasa Yunani tassein yang berarti untuk mengelompokan dan nomos yang berarti aturan. Untuk itu, taksonomi dapat didefinisikan sebagai aturan pengelompokan atau penggolongan berdasarkan tingkatan tertentu. Benjamin S. Bloom pada tahun 1956 menyusun penggolongan atau klasifikasi tujuan pendidikan yang dikenal dengan taksonomi Bloom. Taksonomi ini secara garis besar dibagi menjadi tiga ranah, diantaranya: ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor.
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental. Dengan kata lain, segala macam aktivitas yang berkaitan dengan otak merupakan ranah kognitif. Artinya ranah kognitif berkaitan dengan kemampuan berpikir. Kemampuan ini meliputi kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Kemampuan-kemampuan tersebut merupakan enam aspek atau jenjang proses berpikir ranah kognitif taksonomi Bloom.
Kurikulum pendidikan Indonesia menggunakan taksonomi Bloom sebagai dasar pembelajaran. Oleh sebab itu, kompetensi belajar pun meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa, guru perlu melakukan evaluasi. Bentuk tes soal pilihan ganda merupakan salah satu alat ukur pencapaian kompetensi ranah kognitif yang sering digunakan. Tes diberikan sesuai dengan kemampuan yang harus dicapai. Untuk itu, dalam satu kali tes pilihan ganda harus dapat menggambarkan berbagai macam kemampuan siswa. Maka, setiap soal pilihan ganda memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Pada ranah kognitif taksonomi Bloom dapat dikategorikan menjadi enam tingkatan, sebagai berikut:
1.    Pengetahuan
Pengetahuan merupakan kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur, atau istilah yang telah dipelajari. Kemampuan ini memiliki tingkat kesulitan mudah, namun merupakan prasarat bagi tingkatan kemampuan selanjutnya. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan pengetahuan:

Hewan pemakan tumbuhan disebut juga hewan.....
a. herbivora                         c. omnivora
b. karnivora                        d. insektivora
Kunci jawaban: a

2. Pemahaman
Pemahaman merupakan kemampuan untuk memahami arti, interpretasi intruksi, dan permasalahan. Pada tingkatan ini selain hafal, siswa juga harus memahami makna yang terkandung. Tingkatan ini tergolong mudah. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan pemahaman:

Hewan yang termasuk ke dalam golongan karnivora diantaranya.....
a. kucing, kambing, dan singa                    c. harimau, ular, dan elang
b. domba, gajah, dan ikan hiu                    d. sapi, ayam, dan kelinci
Kunci jawaban: c

3. Aplikasi atau Penerapan
Aplikasi merupakan kemampuan untuk menggunakan konsep pada situasi konkret. Dengan kata lain, siswa harus mampu menerapkan konsep, teori, prinsip, hukum, dan metode pada situasi nyata. Kemampuan ini termasuk ke dalam tingkat kesulitan sedang. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan aplikasi:

Dibawah ini manakah hewan yang tidak boleh sembarangan didekati?
a. kucing                             c. singa
b. ayam                               d. kelinci
Kunci jawaban: c

4. Analisis
Analisis merupakan kemampuan untuk memilah konsep ke dalam bagian-bagian sehingga strukturnya mudah dipahami. Siswa harus memilah konsep menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan memahami hubungan antar bagian-bagian tersebut satu sama lain. Kemampuan ini tergolong ke dalam tingkat kesulitan sedang. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan analisis:

Berikut ini merupakan ciri-ciri hewan karnivora, kecuali....
a. memiliki taring                c. bergerak cepat
b. berkuku tajam                 d. berbadan besar
Kunci jawaban: d

5. Sintesis
Sintesis merupakan kemampuan untuk mengintegrasikan suatu bagian-bagian konsep yang terpisah menjadi suatu kesatuan yang terpadu. Siswa harus mampu berpikir secara logis untuk membuat kesimpulan-kesimpulan dari peristiwa-peristiwa yang saling berhubungan. Kemampuan ini tergolong sulit. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan sintesis:

Pada suatu wilayah terdapat makhluk hidup tanaman padi, tikus, ular, burung pipit, cacing, dan jangkrik. Wilayah tersebut merupakan ekosistem.....
a. sawah                              c. hutan
b. laut                                 d. gunung
Kunci jawaban: a

6. Evaluasi
Evaluasi merupakan kemampuan untuk membuat pertimbangan terhadap suatu situasi, nilai, atau ide. Kemampuan ini merupakan kemampuan tertinggi dari kemampuan lainnya. Oleh sebab itu kemampuan ini tergolong sulit. Berikut merupakan contoh soal pilihan ganda pada tingkatan evaluasi:

Pada suatu ekosistem sawah terdapat makhluk hidup tanaman padi, jangkrik, burung pipit, dan ular. Suatu ketika populasi tanaman padi meningkat, sedangkan populasi burung pipit berkurang. Hal tersebut dapat terjadi apabila....
a. populasi jangkrik meningkat                   c. populasi ular berkurang
b. populasi jangkrik berkurang                   d. populasi jangkrik tetap
Kunci jawaban: b

1 comments


EmoticonEmoticon