Monday, 16 January 2017

Ekstrakurikuler



Ekstrakurikuler
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa di luar jam belajar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler terdapat pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kegiatan ini untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan minat siswa di berbagai bidang di luar bidang akademik. Dengan kata lain, kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan siswa yang berbeda dan beragam. Melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, secara umum siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, dan menemukan serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu, kegiatan ekstrakurikuler memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan kemampuan bersosial siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler diadakan secara swadaya oleh pihak sekolah maupun siswa itu sendiri untuk merintis kegiatan positif di luar jam pelajaran sekolah. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah. Dengan kata lain, kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi, terarah, dan terpadu dengan kegiatan pengajaran di sekolah. Dengan demikian, kegiatan ini ikut andil dalam meningkatkan tingkat kecerdasan dan keterampilan siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat masing-masing yang dimiliki siswa. Untuk itu, kegiatan ekstrakurikuler bersifat pilihan. Kegiatan ini menuntut keikutsertaan siswa secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dalam suasana yang mengembirakan bagi siswa. Disamping itu, kegiatan ini tetap mengedepankan semangat siswa untuk berusaha dan bekerja dengan giat.
Terdapat berbagai macam jenis ekstrakurikuler, diantaranya: (1) Kepramukaan, (2) Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), (3) Palang Merah Remaja (PMR), (4) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), (5) Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), (6) kegiatan penguasaan keilmuan dan penelitian, (7) pengembangan bakat olahraga, (8) pengembangan bakat seni dan budaya, (9) pecinta alam, (10) kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya.
Kegiatan ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa.  Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat menyalurkan bakat dan minat serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Disamping itu, siswa dapat mengembangkan keterampilan praktis dan kemampuan bersosial. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler membantu menunjang pengembangan kompetensi siswa.


EmoticonEmoticon