Tuesday, 17 January 2017

Landasan Pendidikan



Landasan Pendidikan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
landasan pendidikan

Istilah landasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai alas, dasar, atau tumpuan. Istilah landasan sebagai dasar dikenal juga sebagai pondasi. Mengacu pada arti tersebut, dapat ditarik garis besar bahwa landasan adalah suatu alas atau dasar pondasi dari suatu hal, suatu titik tumpu atau titik tolak dari suatu hal, atau suatu pijakan berdirinya dari sesuatu hal. Berdasarkan sifat wujudnya terdapat dua jenis landasan, yakni (1) landasan material dan (2) landasan konseptual. Contoh landasan material berupa landasan pacu pesawat terbang, pondasi bangunan gedung, dan sebagainya. Contoh landasan konseptual antara lain berupa dasar Negara Indonesia yakni, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan sebagainya. Untuk itu, landasan pendidikan juga termasuk landasan konseptual.
Pendidikan hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia. Sejalan dengan makna itu, pendidikan bertujuan untuk mewujudkan manusia ideal atau manusia yang dicita-citakan. Manusia ideal yang dimaksud tergambar dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia, yakni “manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”. Berdasarkan makna tujuan pendidikan tersebut dapat dipahami bahwa pendidikan bersifat normatif yang berarti pendidikan harus diarahkan kepada tujuan-tujuan yang baik dan harus dilaksanakan dengan cara-cara  yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, pendidikan harus dilaksanakan secara disadari dengan mengacu kepada landasan yang kokoh, sehingga memiliki tujuan jelas, kurikulum yang tepat, serta dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, landasan pendidikan adalah seperangkat asumsi yang dijadikan landasan, titik tolak, dan acuan dalam rangka praktik pendidikan serta studi pendidikan. Dengan demikian, secara singkat landasan pendidikan didefinisikan sebagai seperangkat asumsi yang dijadikan titik tolak dalam rangka pendidikan.


EmoticonEmoticon