Tuesday, 17 January 2017

Media Pembelajaran



Media Pembelajaran
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
media pembelajaran

Kata media berasal dari kata bahasa Inggris medium yang berarti perantara atau pengantar. Di samping itu, media juga membawa pesan-pesan atau informasi. Dalam konteks pembelajaran, media dapat diartikan sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses belajar mengajar. Lebih lanjut alat bantu atau media dalam proses pembelajaran tidak hanya dapat mempelancar proses komunikasi, namun juga dapat merangsang siswa untuk merespon segala pesan yang disampaikan dengan baik. Untuk itu, media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang kualitas proses belajar mengajar. Dengan demikian, media pembelajaran adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pembelajaran di kelas.
Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Di samping itu, pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat, motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar pada diri siswa sehingga memberikan pengaruh psikologis yang positif untuk siswa. Berikut manfaat dari penggunaan media pembelajaran, diantaranya (1) memperjelas penyajian pesan dan informasi dalam pembelajaran, (2) proses pembelajaran menjadi lebih jelas, menarik, dan interaktif, (3) efisiensi dalam waktu dan tenaga, (4) mengarahkan perhatian siswa sehingga meningkatkan motivasi belajar, (5) mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu, (6) memberikan kesamaan pengalaman kepada seluruh siswa, (7) meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, dan (8) merubah peran guru ke arah yang lebih produktif.
Dari berbagai pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.


EmoticonEmoticon