Tuesday, 17 January 2017

Membilang



Membilang
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
membilang

Membilang adalah suatu cara untuk menentukan banyak benda atau sesuatu yang ingin diketahui jumlahnya. Hasil dari membilang disebut dengan bilangan. Bilangan dapat diartikan sebagai ide abstrak yang menyatakan banyak anggota suatu himpunan atau konsep matematika. Simbol atau lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut dengan lambang bilangan atau angka. Bilangan telah digunakan oleh manusia sejak zaman dahulu melalui pertanian, mengembangkan kalender, membuat sistem pengukuran, menggunakan roda, membuat perahu, dan menemukan sistem numerasi. Sampai pada zaman modern, bilangan selalu dibutuhkan baik dalam teknologi, sains, ekonomi, musik, filosofi, maupun hiburan, serta masih banyak yang lainnya. Untuk itu, setiap orang perlu memahami cara membilang. Dengan kata lain, hal ini harus diajarkan sejak kanak-kanak.
Terdapat berbagai macam alternatif dalam mempelajari konsep membilang sebagai berikut:
1. Membilang dengan Jari
Membilang jari tangan dianggap paling mudah dan efektif. Hal ini dapat diterapkan untuk mengenalkan pertama kali konsep dari bilangan. Anak dapat melakukan sendiri proses membilang dengan jari tangannya. Untuk awalan, guru dapat mengajak anak membilang bersama-sama banyaknya jari tangan kiri dan kanan. Guru dapat menanyakan berapa banyak jari tangan kiri, lalu berapa banyak jari tangan kanan, kemudian menanyakan banyak keseluruhan jari tangan yang dimiliki.
2. Membilang Benda-Benda
Anak dapat dilatih untuk membilang banyak benda baik di rumah, di jalan, maupun di sekolah. Benda di rumah misalnya pintu, mainan, dan lain-lain. Benda di jalan misalnya roda mobil, roda motor, dan sebagainya. Benda di sekolah misalnya meja, kursi, buku, pensil, dan masih banyak lagi.
3. Membilang sambil Bernyanyi
 Anak dikenalkan konsep membilang juga dapat melalui nyanyian seperti lagu aku sayang ibu, balonku, dan lain-lain.
4. Membilang sambil Olahraga
Konsep membilang juga dapat dikenalkan sambil berolahraga. Sekelompok anak diminta membentuk lingkaran, kemudian guru menyuruh anak membilang satu sampai lima secara bergantian sampai semua anak mendapatkan nomor. Setelah itu guru menyuruh untuk mengingat nomor dari masing-masing anak. Lalu guru menyebutkan nomor secara acak dan menyebutkan suatu intruksi. Anak yang disebutkan nomor nya harus mengikuti intruksi yang disebutkan guru. Misal guru menyebutkan lima jongkok, maka anak yang mendapatkan nomor lima harus jongkok, atau guru menyebutkan satu lompat ke depan, maka anak yang mendapatkan nomor satu harus lompat kedepan.
Belajar membilang merupakan aktivitas yang penting karena bilangan banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, belajar membilang harus dimulai sejak kanak-kanak. Berbagai cara dapat dilakukan dalam mengenalkan cara membilang kepada anak sesuai dengan uraian di atas. Orang tua berperan untuk membantu anak dalam mengenal cara membilang sedini mungkin. Disamping itu guru di sekolah perlu mengemas secara kreatif proses penanaman konsep membilang kepada siswanya. Dengan demikian, anak dapat memahami konsep membilang secara tepat.


EmoticonEmoticon