Friday, 24 June 2016

Penelitian Pendidikan



Penelitian Pendidikan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
penelitian pendidikan
Penelitian merupakan suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah yang diteliti. Di samping itu, penelitian juga merupakan penerapan pendekatan ilmiah pada pengkajian suatu masalah. Penelitian bertujuan untuk menemukan jawaban terhadap persoalan melalui penerapan prosedur-prosedur ilmiah. Dengan demikian, secara umum penelitian dapat diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan sistematis untuk menemukan jawaban yang mendekati kebenaran mengenai permasalahan pendidikan atas dasar penalaran yang rasional, logis, dan didukung fakta empiris. Penelitian pendidikan pada umumnya dilakukan untuk menemukan, menguji, dan mengembangkan kebenaran dari suatu konsep, prinsip, pengetahuan, dan mengenai pendidikan secara umum.
Adapun tujuan penelitian pendidikan, antara lain (1) meningkatkan mutu isi, proses, dan hasil pembelajaran di sekolah, (2) membantu tenaga kependidikan dalam mengatasi permasalahan pendidikan, (3) meningkatkan profesionalisme dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan, (4) meningkatkan kerja sama profesional antara pendidik dan tenaga kependidikan, dan (5) menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga dapat melakukan perbaikan kualitas mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Manfaat penelitian pendidikan, diantaranya (1) memetakan dan mendeskripsikan mengenai keadaan pendidikan, (2) sebagai sarana diagnosis untuk mencari penyebab suatu kegagalan dan masalah yang dihadapi pada saat pelaksanaan pendidikan, (3) sebagai bahan dasar untuk menyusun suatu kebijakan, termasuk strategi dalam pengembangan pendidikan, dan (4) sebagai gambaran mengenai kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, perbekalan, dan tenaga kerja yang memiliki peran dalam keberhasilan pendidikan.


EmoticonEmoticon