Tuesday, 17 January 2017

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan



Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makannnya

Makanan hewan bersumber dari alam, yakni tumbuhan dan beberapa jenis hewan lain. Tumbuhan merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi hewan. Tanpa ada tumbuhan, hewan tidak dapat hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagian tubuh tumbuhan yang menjadi makanan hewan, diantaranya: daun, buah, batang, bunga, umbi, dan akar. Setiap hewan pemakan tumbuhan hanya memakan satu bagian tumbuhan atau beberapa bagian dari tumbuhan. Selain itu, beberapa jenis hewan merupakan sumber makanan bagi hewan lainnya. Biasanya hewan yang menjadi sumber makanan hewan lainnya, ialah hewan pemakan tumbuhan, namun ada juga hewan pemakan daging yang dimakan oleh hewan lainnya.
Hewan ada yang memakan tumbuhan, daging, atau keduanya. Untuk itu, hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jenis makannya. Jenis makanan hewan terdiri dari rumput, daun-daunan, biji-bijian, madu, buah-buahan, dan daging atau hewan lain. Biji-bijian dapat berupa jagung, beras, padi, dan macam-macam jenis kacang. Daging dapat berupa daging segar atau bangkai.
Berdasarkan jenis makanannya hewan dapat dikelompokkan sebagai berikut, antara lain:
1. Herbivora (hewan pemakan tumbuhan)

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan
Hewan pemakan tumbuhan terdiri atas, hewan pemakan biji-bijian, rumput, daun-daun tumbuhan, madu, dan buah-buahan. Hewan pemakan biji-bijian contohnya burung dara, burung kenari, tupai, dan sebagainya. Hewan pemakan rumput dan daun-daun tumbuhan, diantaranya kambing, sapi, kuda, kerbau, kangguru, unta, koala, banteng, panda, dan sebagainya. Hewan pemakan madu, diantaranya kupu-kupu, beruang madu, lebah, kumbang madu, burung kolibri, dan sebagainya. Hewan pemakan buah-buahan, diantaranya kelelawar, monyet, orang utan, dan sebagainya.
2. Karnivora (hewan pemakan daging)

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan
Hewan karnivora memiliki gigi yang tajam dan kuat untuk menangkap serta merobek mangsanya. Di samping itu, memiliki alat penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang peka sehingga dapat memburu mangsa dengan cepat. Hewan pemakan daging terdiri atas, hewan pemakan daging segar, serangga, dan daging bangkai. Hewan pemakan daging segar, diantaranya, harimau, singa, macan, buaya, beruang, rubah, anjing, hiu, dan sebagainya. Hewan pemakan serangga, diantaranya laba-laba, tapir, katak, cicak, landak, dan sebagainya. Hewan pemakan bangkai, diantaranya, burung nasar, burung kondor, burung gagak, lalat, burung hantu, dan sebagainya.
3. Omnivora (hewan pemakan hewan dan tumbuhan)

Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan
Hewan omnivora memakan tumbuhan maupun hewan. Contoh hewan omnivora, diantaranya, ikan mas dan ikan mujair (memakan daun dan cacing), musang (memakan buah kopi dan ayam), babi (memakan sayuran, buah-buahan, dan ayam), ayam (memakan biji-bijian dan cacing), dan sebagainya.


EmoticonEmoticon