Saturday, 18 June 2016

Psikologi Pendidikan



Psikologi Pendidikan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
psikologi pendidikan
Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yakni psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara bahasa psikologi berarti ilmu jiwa. Psikologi pendidikan erat kaitannya dengan bagaimana manusia belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan adalah studi sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan belajar. Untuk itu, ada keterkaitan antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Oleh sebab itu, konsentrasi psikologi pendidikan yakni pada permasalahan belajar yang senantiasa melekat pada sumber pembelajar. Maka, konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah para pendidik. Untuk itu, guru sebagai pendidik dituntut dapat menguasai bidang psikologi pendidikan dan dalam menjalankan fungsinya dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.
Obyek psikologi terdiri atas: (1) Obyek material dan (2) Obyek formal. Obyek material adalah sesuatu yang dibahas, dipelajari, atau diselidiki yang dijadikan sasaran pemikiran. Obyek material mencakup hal-hal konkret maupun konseptual. Obyek material dari psikologi pendidikan adalah manusia. Sedangkan Obyek formal adalah cara memandang, cara meninjau yang dilakukan peneliti terhadap Obyek materialnya serta prinsip-prinsip yang digunakan. Obyek formal juga digunakan sebagai pembeda ilmu yang satu dengan yang lainnya. Maka, setiap disiplin ilmu memiliki Obyek formal yang khas. Obyek formal dari psikologi pendidikan adalah tingkah laku manusia.
Secara garis besar, obyek kajian psikologi pendidikan terdiri dari: (1) mengenai belajar meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri khas perilaku belajar siswa, (2) mengenai proses belajar meliputi tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa, dan (3) mengenai situasi belajar meliputi suasana dan keadaan lingkungan, baik fisik maupun non fisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar peserta didik.
Berdasarkan uraian tersebut, maka pada dasarnya psikologi pendidikan membahas hal-hal berikut, antara lain: (1) hereditas dan lingkungan, (2) pertumbuhan dan perkembangan, (3) potensial dan karakteristik tingkah laku, (4) hukum dan teori belajar, (5) hasil proses pendidikan dan pengaruhnya terhadap individu yang bersifat personal dan sosial, (6) higiene mental dan pendidikan, dan (7) evaluasi hasil pendidikan.


EmoticonEmoticon