Tuesday, 17 January 2017

Sifat-Sifat Air



Sifat-Sifat Air
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Air adalah benda cair yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Air sering ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Air penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Secara kimiawi air mengandung hidrogen dan oksigen. Air bersih yakni tidak memiliki warna, rasa, dan bau. Apabila air berwarna, berasa, atau berbau, kemungkinan air tersebut tercampur dengan zat lain.
Air memiliki sifat-sifat tertentu. Berikut sifat-sifat dari air:
1. Air menempati ruang

Sifat-Sifat Air
Air yang dituangkan ke dalam gelas, maka air itu akan menempati ruang dalam gelas, begitu juga apabila air yang dituangkan ke dalam botol maka air akan menempati ruang pada botol.
2. Air memiliki berat

Sifat-Sifat Air
Apabila ember yang kosong diisi air sampai penuh, maka apabila ember tersebut diangkat akan terasa berat.
3. Permukaan air yang tenang selalu datar

Sifat-Sifat Air
Air di dalam gelas, gentong, atau benda yang lain apabila diamati permukaan air itu akan selalu datar. Sifat ini dimanfaatkan oleh tukang bangunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata supaya tidak miring.
4. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

Sifat-Sifat Air
Air sungai mengalir dari pegunungan atau mata air di tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Air yang dituangkan pada permukaan papan akan bergerak ke bawah menuju tanah.
5. Air melarutkan beberapa zat

Sifat-Sifat Air
Gula yang dimasukkan ke dalam air lalu diaduk, maka butiran gula akan hilang. Hilangnya butiran gula tersebut karena larut dalam air. Kesimpulannya air dapat melarutkan butiran gula.
6. Air menekan ke segala arah

Sifat-Sifat Air
Apabila kantong plastik diisi air lalu kantong plastik tersebut ditusuk jarum di bagian mana pun, maka akan keluar air. Keluarnya air tersebut karena air memiliki sifat menekan ke segala arah.
7. Air meresap melalui celah kecil

Sifat-Sifat Air
Air hujan yang turun dari langit ke permukaan tanah akan menggenangi permukaan tanah tersebut, namun lama-kelamaan air tersebut akan meresap melalui celah-celah kecil tanah.
8. Air dapat berubah wujud

Sifat-Sifat Air
Air yang dibungkus kantong plastik, lalu dimasukan ke dalam kulkas atau pendingin, maka air tersebut lama-kelamaan akan berubah wujud dari cair ke padat.
9. Kapilaritas

Sifat-Sifat Air
Air dapat bergerak menuju ke atas melawan grafitasi melalui gaya kapilaritas zat cair terhadap pori-pori yang dilaluinya. Contoh pada sumbu minyak yang selalu terbakar karena minyak di dasar wadah terangkat ke ujung sumbu, karena kapilaritas zat cair.


EmoticonEmoticon