Saturday, 9 July 2016

Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku terhadap Anak Kelas II Sekolah Dasar



Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku
terhadap Anak Kelas II Sekolah Dasar
Karya : Siti Putri Indriani
Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku terhadap Anak Kelas II Sekolah Dasar
Pembahasan ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya, masih mengenai tindakan yang harus diberikan kepada anak, untuk kali ini terhadap anak kelas II SD dengan berdasar kepada ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun.
Adapun ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun, yakni secara fisik anak (1) bergerak cepat dan bekerja dengan tergesa-gesa, dan (2) memelukan pelepasan energi secara fisik, misalnya dengan mengajak melakukan kegiatan di luar ruangan. Kemudian secara sosial anak (1) baik terhadap semua orang dan penuh dengan humor, (2) suka bekerjasama, (3) membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan, dan (4) menyukai kegiatan yang sama dengan teman sejenis. Adapun secara bahasa anak (1) bicara aktif, sehingga terkadang melebih-lebihkan dalam bicara, (2) senang menjelaskan gagasan, dan (3) perluasan kosakata yang sangat cepat. Sedangkan secara kognisi anak (1) suka kegiatan berkelompok, (2) suka menghasilkan sesuatu, dan (3) bertambah bagus dalam melakukan operasi konkrit.
Dari ciri-ciri perkembangan anak di atas, maka pemberian perilaku yang harus dilakukan guru untuk kelas II Sekolah Dasar, antara lain:
1.        Rancang dan persiapkan pembelajaran dengan baik, jangan sampai anak terlalu lama menunggu untuk memulai pembelajaran serta mencari solusi jika ada anak yang menyelesaikan tugas dengan cepat agar anak tidak mengganggu temannya.
2.        Melakukan kegiatan di luar ruangan dengan tujuan dan persiapan yang jelas.
3.        Menggunakan metode yang dapat siswa lakukan secara berkelompok, namun kelompokkan dengan teman sejenisnya.
4.        Melakukan pembelajaran yang dapat memancing anak untuk bicara, misalnya dengan menggunakan metode diskusi dalam kelompok kecil.
5.        Dalam pembelajaran seni, dianjurkan agar anak menciptakan sesuatu, misalnya sebuah tarian sederhana, karya dari barang bekas, dan lain sebagainya.


EmoticonEmoticon