Saturday, 2 July 2016

Metode Pembelajaran



Metode Pembelajaran
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

metode pembelajaran

Belajar merupakan suatu hal yang sering di anggap sepele di kalangan pelajar dan mahasiswa. Namun, sesungguhnya belajar bukanlah hal yang mudah. Karena untuk membiasakan belajar setiap hari kita masih harus dipaksa oleh orang tua. Kebanyakan dari pelajar dan mahasiswa sekarang yaitu belajar apabila akan ulangan, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Terkadang pelajar sering menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Sistem itu justru tidak akan mempermudah siswa untuk mengerjakan soal. Namun, akan membuat siswa tidak fokus karena merasa mengantuk akibat belajar semalam suntuk.
Belajar sangat berkaitan erat dengan pembelajaran, apalagi untuk kita sebagai calon pendidik. Tentunya kita harus bisa meningkatkan belajar siswa dengan cara memberi motifasi sebalum kita mulai proses pembelajaran. Untuk meningkatkan semangat siswa, kita harus berfikir kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Sehingga siswa akan merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran tersebut. Maka, dengan mudah siswa menerima materi, memahaminya dan akan melekat dalam diri siswa.
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos” yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Menurut Nana Sudjana (2005, hlm 76) “metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. Sesuai dengan pernyataan Asep, Asra & Laksmi (2007) dalam bukunya yang berjudul Belajar dan Pembelajaran SD bahwa mungkin saja fisik peserta didik berada di dalam kelas, tapi secara mental pikiran peserta didik berada diluar kelas.  Maka dari iru pengetahuan tentang metode-metode mengajar sangat diperlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang digunakan oleh guru.
Jadi metode pembelajaran adalah ilmu tentang cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Tidak ada satu metode pun yang dianggap paling baik diantara metode-metode yang lain karena setiap metode mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing. Suatu metode mungkin baik untuk suatu tujuan tertentu, pokok bahasan maupun situasi dan kondisi tertentu, tetapi mungkin tidak tepat untuk situasi yang lain. Demikian pula suatu metode yang dianggap baik untuk suatu pokok bahasan yang disampaikan oleh guru tertentu, kadang-kadang belum tentu berhasil dibawakan oleh guru lain.

DAFTAR PUSTAKA
Asra. Dewi, L. dan Herry, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS.
Sudjana, N. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


EmoticonEmoticon