Friday, 8 July 2016

RPP IPA SD Kelas 3 Semester 1 Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                        : III (tiga) / 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi
     1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
C.    Indikator
      1.      Menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      3.      Menunjukkan gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
D.    Tujuan Pembelajaran
     1.      Melalui bermain peran, siswa dapat menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
     3.      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
E.     Karakter yang Dikembangkan
      1.      Disiplin
      2.      Kerjasama
      3.      Tanggung jawab
      4.      Keberanian
      5.      Jujur
F.     Materi Pelajaran
      1.      Bagian dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      2.      Pengertian masing-masing dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
      3.      Gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
G.    Metode Pembelajaran
      1.      Inkuiri
      2.      Tanya jawab
      3.      Ceramah
      4.      Pemberian tugas
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.                Kegiatan Awal (15% x 70 menit)
a.    Guru mengucapkan salam (Melatih disiplin)
b.    Mengkondisikan siswa siap belajar ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menyiapkan alat tulis (Melatih disiplin dan tanggung jawab)
c.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa (Melatih disiplin)
d.   Guru mengecek kehadiran siswa (Melatih disiplin)
e.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan melakukan tanya jawab mengenai jenis-jenis makhluk hidup. Contoh “Di dunia ini banyak sekali makhluk hidup. Coba kalian sebutkan! Ya, betul. Makhluk hidup meliputi tumbuhan, hewan, dan manusia. Apakah kalian bernapas, makan, dan selalu bergerak? Bagaimana kalau kalian sehari berhenti bernapas dan makan? Apa yang terjadi? Selain bernapas dan makan, makhluk hidup juga tumbuh dan berkembang. Apakah kalian punya adik? Bagaimana adik bayi kalian? Coba kalian perhatikan. Apakah setiap hari adik kalian tumbuh besar? (Melatih motivasi dan menghargai pendapat orang lain)
f.     Guru memotivasi belajar siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (Melatih motivasi)
g.    Melakukan penilaian atau evaluasi awal belajar untuk mengetahui indikator yang telah dimiliki dengan mengerjakan soal (melatih tanggung jawab dan jujur)
2.    Kegiatan Inti (60% x 70 menit)
a.       Siswa dibagi menjadi 6 kelompok (Melatih disiplin)
b.      Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing (Melatih disiplin)
c.       Guru membagikan skenario yang harus diperankan siswa (Melatih tanggung jawab)
d.      Siswa dibawah bimbingan guru menemukan satu ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang diperankan setiap kelompok (terdapat 6 ciri dan kebutuhan makhluk hidup) bersama kelompoknya masing-masing di tulis dalam bagan yang sudah tersedia (Melatih kerjasama dan tanggung jawab)
e.       Siswa di bawah bimbingan guru mengumpulkan hasil penemuan yang telah ditulisnya dalam bagan (Melatih tanggungjawab dan disiplin)
f.       Guru meluruskan kesalahpahaman yang terjadi dalam proses penemuan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (Melatih disiplin)
g.      Siswa dibawah bimbingan guru melakukan Tanya jawab untuk menjelaskan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup  (Melatih keberanian)
h.      Siswa di bawah bimbingan guru mengamati beberapa gambar untuk menunjukkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (Melatih keberanian dan menghargai pendapat orang lain)
3.    Kegiatan Akhir (25% x 70 menit)
1.      Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (Melatih tanggung jawab)
2.      Siswa mengerjakan test tulis berupa soal-soal yang harus dikerjakan secara individu (Melatih kejujuran)
3.      Siswa dengan bimbingan guru melakukan kegiatan Tanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui oleh siswa tentang materi yang sudah dipelajari (Melatih keberanian)
4.      Memberikan tindak lanju dengan PR menuliskan kebutuhan yang menjadi kebiasaan di rumahnya (Melatih tanggung jawab dan keberanian)
5.      Siswa diinstruksikan untuk  mengkondisikan diri merapikan tempat duduk (Melatih tanggung jawab)
6.      Siswa bersama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran (Melatih tanggung jawab)

I.       Alat, Media, dan Sumber Pembelajaran
      1.      Alat dan Media           : Gambar, teks skenario
      2.      Sumber                        : Diktat kecil guru

J.      Penilaian
      1.      Penilaian Proses
Penilaian proses belajar untuk melihat karakter siswa dengan menggunakan lembar pengamatan.
      2.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar dengan mengerjakan soal test tulis.
      3.      Instrumen Penilaian
a.       Lembar pengamatan proses siswa belajar
b.      Lembar soal test tulis
      4.      Kunci Jawaban
a.       Pengamatan proses belajar dengan memperhatikan aspek: disiplin, kerja sama, tanggung jawab, keberanian, jujur.
b.      Penilaian hasil mengerjakan soal test tulis.
      5.      Kriteria Penilaian
1.      Aspek Penilaian
a.       Penilaian setiap aspek menggunakan kriteria:
Nilai 5 (Baik Sekali) jika maksimal
Nilai 4 (Baik) jika hampi maksimal
Nilai 3 (Cukup) jika sebagian besar baik
Nilai 2 (Kurang) jika sebagian kecil baik
Nilai 1 (Sangat Kurang) jika tidak ada yang baik
b.      Penialain mengerjakan soal test tulis
Setiap soal jika benar diberi nilai 1 (terdapat 5 soal evaluasi)
Skor = Jawaban benar x 1
Contoh : Skor = 5 x 1 = 5
2.      Rata-rata nilai akhir desimal 0,5 atau lebih nilainya dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 nilainya dibulatkan ke bawah
3.      Nilai akhir penilaian menggunakan rumus:

N1 adalah rata-rata nilai proses belajar
N2 adalah rata-rata nilai hasil mengerjakan test tulis
NA adalah nilai akhir

                                                                        Tasikmalaya, Mei 2016

Simulator,



Siti Putri Indriani









LAMPIRAN 1
MATERI PELAJARAN
“CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP”
            Makhluk hidup meliputi manusia, hewan, serta tumbuhan yang memiliki ciri-ciri dan hal yang mempengaruhi perubahannya. Terdapat ciri-ciri dan kebutuhan yang mempengaruhi makhluk hidup, yaitu:
1.      Makhluk hidup membutuhkan makan dan minum
      Tumbuhan makan dengan cara menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. Itulah sebabnya mengapa kita harus menyiram tanaman. Begitu pun manusia dan hewan yang membutuhkan makan, jika tidak badannya akan lemas dan kurus, lalu sakit dan akhirnya meninggal. Ada beberapa fungsi makanan, diantaranya:
       a.       Sebagai sumber energi
       b.      Sebagai pengatur dan pelindung tubuh terhadap penyakit
       c.       Sebagai pembangun tubuh baik untuk pertumbuhan maupun perbaikan tubuh
 

2.      Makhluk hidup tumbuh
      Manusia mengalami pertumbuhan. Manusia lahir berupa bayi kecil. Bayi diberi ASI untuk pertumbuhannya. Semakin lama bayi akan menjadi balita, kemudian menjadi semakin besar, semakin tinggi, dan berat badannya bertambah. Begitu juga hewan mengalami pertumbuhan. Seekor ayam betina bertelur. Telur-telur tersebut akan menetas setelah dierami selama 21 hari. Anak ayam akan keluar dari telur. Anak ayam akan mencari makan dengan induknya. Semakin hari tubuh anak ayam semakin besar, tinggi, dan berat. Anak ayam tumbuh besar mnyerupai induknya. Kemudian tumbuhan semula kecil menjadi semakin besar. Hal tersebuh membuktikan bahwa tumbuhan
juga mengalami pertumbuhan.
       


3.      Makhluk hidup berkembang biak
      Berkembang biak adalah menghasilkan keturunan yang sama seperti induknya. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan memiliki 2 cara berkembang biak, yaitu bertelur dan beranak. Ayam, ikan gurame, lele, burung berkembang biak dengan cara bertelur, dan telur akan menetas menjadi anak. Sedangkan sapi, kambing, anjing berkembang biak dengan cara beranak.
      Tumbuhan berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda, ada yang berkembang biak secara alami dan buatan. Perkembangbiakan secara alami melalui biji dan tunas. Perkembangbiakan secara buatan dengan cara cangkok, stek, dan okulasi. Contoh tumbuhan yang bertunas di pangkal batang adalah pohon pisang. Sedangkan perkembangbiakan buatan dapat dilakukan pada pohon mangga. Pohon mangga dicangkok oleh manusia dan akan dihasilkan pohon mangga baru.
 
4.      Makhluk hidup bergerak
      Manusia berjalan atau berlari dengan menggunakan kaki. Burung terbang dengan menggunakan sayap. Ikan berenang dengan menggunakan sirip. Ular dan cacing bergerak dengan perutnya. Sedangkan tumbuhan bergerak tanpa berpindah tempat. Tumbuhan akan bergerak kearah sinar matahari. Gerakan tumbuhan memang sulit diamati. Akar pada tumbuhan juga bergerak ke samping dan ke bawah mencari makanan. Pada saat bunga mekar, juga merupakan contoh gerakan tumbuhan.

5.      Makhluk hidup bernapas
      Makhluk hidup bernapas menghirup oksigen dan menghembuskan napas mengeluarkan karbondioksida. Manusia bernapas dengan paru-paru melalui hidung. Cara hewan bernapas berbeda-beda. Ada hewan yang bernapa dengan paru-paru, ada pula dengan alat lainnya. Misal, anjing, kucing bernapas dengan paru-paru, ikan bernapas dengan insang, ada pula yang dengan paru-paru seperti, hiu, lumba-lumba dan paus, cacing bernapas dengan kulit, sedangkan katak bernapas dengan paru-paru pada kulit.
      Tumbuhan juga mempunyai alat pernapasan. Udara masuk ke dalam tumbuhan melalui permukaan bawah daun, akar, dan batang. Alat pernapasan pada permukaan daun disebut stomata (mulut daun).

6.      Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
      Manusia akan sakit ketika kulitnya dicubit, hal ini membuktikan bahwa manusia peka terhadap rangsangan. Tumbuhan dan hewan, putri malu yang mekar ketika ada yang menyentuhnya akan menguncup, begitu pun kaki seribu akan membelitkan tubuhnya ketika disentuh.


Skenario Bermain Peran
Skenario 1
(Suatu hari ayah sedang menyiram tanaman kesayangannya, ia tidak mau tanamannya layu, sedangkan di rumah)
Ibu       : Rindu, ayo sarapan dulu nak, ibu sudah menyiapkan makanannya.
Rindu  : Iya bu tunggu, aku lagi memberi makan monolo dulu (Monolo adalah kucing        kesayangan Rindu) Nanti kasian kalo Monolo kelaparan “monolo makan yang banyak ya” (ia mengusap-ngusap kucingnya)
Ibu       : Iya kalo udah cepet ke dapur, nanti kesiangan sekolah.
Rindu  : Oke bu. Aku akan sarapan.

Skenario 2
Nina    : Telur-telur – Ulat-ulat – kepompong – Kupu-kupu, la la la la la
            Telur-telur – Ulat-ulat – kepompong – Kupu-kupu, la la la la la
Ilma     : Nyanyi apa sih nin?
Nina    : Itu pertumbuhan kupu-kupu cantik
Ilma     : Setiap makhluk hidup akan tumbuh, juga dengan kupu-kupu
Rizal    : Oh iya iya, dulu juga kita kecil dulu, kemudian bisa jadi seperti sekarang
Ilma     : Ijal pinter
Rama   : Tumbuhan yang ada di depan rumah aku pun setiap hari terus tinggi lo.     Wahhh iya ya

Skenario 3
Sinta    : Hai teman-teman! Aku senang aku senang (sambil bernyanyi)
Mira     : Ada apa sih sin?
Sinta    : Aku punya adik baru, aku punya bayi di rumah. Ibuku semalam melahirkan,         nanti rumahku rame. Yeeee
Mira     : Wahhhh selamat ya
(dengan riang gembira, Rina mengejutkan Sinta dan Mira)
Mira     : Ada apa lagi nih yang satu ini
Sinta    : Aku punya kelinci kecil, kemarin induknya melahirkan
Mira     : Wah kalian punya yang baru, selamat ya. Kalo aku sih kemarin liat ibuku mencangkok pohon mangga.

Skenario 4
Syifa    : Bangun tidur ku terus mandi …………….. (menyanyikan lagu bangun tidur)
Ibu       : Duh nyanyi teus, ayo mandi, tuh keduluan sama kucing udah main-main diluar
Syifa    : Kucingku rajin ternyata (sambil lari menghampiri kucingnya yang sedang bermain)
Ibu       : Ayo mandi ifa.
Syifa    : Ibu, ibu liat bunganya mekar. Bagus sekali bu
Ibu       : Iya ya bagus.

Skenario 5
Reza    : Huuu (menghirup udara pagi) udaranya seger
Seni     : Iya seger banget
Reza    : Aku suka sekali udara pagi
Seni     : Sama dong, kalo siang itu panas, dan pasti sudah banyak polusi.

Skenario 6
Soni     : Ayah, ayah empat hari yang lalu aku dicubit temen kelasku
Ayah   : Bagian mana dicubitnya? Sakit engga?
Soni     : Sakit yah, ini yang ini (sambil nunjuk bagian tangan)
Ayah   : Nah, itu tanda manusia peka terhadap rangsang, yaitu ketika soni di cubit, dan rasanya sakit. Coba kita amati hewan kaki seribu, pernah melihat?
Soni     : Oh iya, kalo disentuk akan membelit ya yah.
Ayah   : Pinter, kemudian pernah liat tumbuhan putri malu?
Soni     : Belum yah.
Ayah   : Nah putri malu ketika disentuh juga, akan mengencup. Itu semua menandakan manusia peka terhadap rangsangan.

Nama                    :
Kelas                     : III b

SOAL EVALUASI
1.      Di bawah ini yang termasuk makhluk hidup adalah..
      a.       Ayam                                      c. Buku
      b.      Meja                                        d. Lemari
2.      Apa yang akan terjadi jika tumbuhan tidak disiram?
      a.       Tumbuh                                   c. Layu
      b.      Subur                                       d. Hidup


3.      Ciri makhluk hidup yang terdapat dalam gambar di atas adalah..
      a.       Berkembang biak                    c. Bergerak
      b.      Tumbuh                                   d. Peka terhadap rangsang

4.      Cara makhluk hidup mempertahankan kelestarian jenisnya dengan..
      a.       Berkembang biak                    c. Bergerak
      b.      Tumbuh                                   d. Peka terhadap rangsangan
5.      Manusia menghirup udara berupa..
      a.       Karbondioksida                      c. Karbon mooksida  
      b.      Oksigen                                   d. Nitrogen


3 comments


EmoticonEmoticon