Saturday, 27 August 2016

Penelitian Survey



Penelitian Survey
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
penelitian survey
Penelitian survey merupakan salah satu dari metode ilmiah yang baru dikembangkan. Penelitian jenis ini berkembang mulai abad 20. Penelitian survey termasuk salah satu cabang penelitian ilmiah dalam ilmu sosial. Secara bahasa survey berasal dari bahasa Latin terdiri dari suku kata sur yang merupakan turunan kata Latin super yang berarti di atas atau melampaui, sedangkan suku kata vey berasal dari kata Latin videre yang berarti melihat. Dengan kata lain, survey secara bahasa berarti melihat di atas atau melampaui.
Penelitian survey mengkaji populasi yang besar maupun kecil dengan menyeleksi serta mengkaji sampel yang dipilih dari populasi tersebut. Sejalan dengan itu, penelitian survey digunakan untuk memecahkan masalah-masalah isu skala besar yang aktual sehingga diperlukan sampel yang merepresentasikan populasi dengan skala yang besar, namun pengukuran variabelnya lebih sederhana dengan instrumen yang sederhana dan singkat. Untuk itu, penelitian survey dapat digunakan dalam membuat taksiran yang akurat mengenai karakteristik-karakteristik keseluruhan populasi dengan mengkaji sampel-sampel yang ditarik dari populasi tersebut.
Penelitian survey dapat digunakan untuk maksud, sebagai berikut:
1. Penjajagan (eksploratif)
Penelitian ini bersifat terbuka, mencari-cari, dan menggali.
2. Deskrptif
Penelitian ini dimaksudkan untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu. Peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesis.
3. Penjelasan (explanatory)
Peneliti menjelaskan hubungan kasual antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.
4. Evaluasi
Penelitian ini memiliki pokok pertanyaan berupa seberapa jauh tujuan yang digariskan pada awal program tercapai atau memiliki tanda-tanda akan tercapai.
5. Prediksi
Penelitian ini memperkirakan suatu fenomena sosial tertentu.
6. Pengembangan indikator sosial
Penelitian ini dilakukan secara berkala sebagai dasar pengembangan indikator-indikator sosial.
Secara umum penelitian survey dapat diklasifikasikan ke dalam dua tujuan, yakni (1) bertujuan untuk memberikan gambaran/penjelasan tentang sesuatu dan (2) bertujuan untuk melakukan analisis. Pertama survey dapat dilakukan dengan tujuan semata-mata untuk memberikan gambaran tentang sesuatu. Survey semacam ini disebut survey deskriptif. Survey jenis ini berkaitan dengan situasi yang memerlukan teknik pengumpulan data tertentu seperti wawancara, angket, atau observasi. Apabila survey deskriptif ini menggunakan teknik statistik, maka statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif (tendensi sentral, ukuran penyebaran, dan ukuran korelasi). Kedua survey digunakan untuk melakukan analasis yang disebut juga survey analitik. Data pada survey analitik biasanya merupakan data kuantitatif. Survey analitik digunakan untuk menarik kesimpulan dan menafsirkan data atau pengujian hipotesis. Statistik yang digunakan adalah statistik inferensial.
Adapun prosedur langkah-langkah pelaksanaan penelitian survey, sebagai berikut:
1. Merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survey.
2. Menentukan konsep dan hipotesis serta menggali kepustakaannya.
3. Pengambilan sampel.
4. Pembuatan kuisioner dan instrumen-instrumen.
5. Pekerjaan lapangan.
6. Pengolahan data.
7. Analisis dan pelaporan.
Terdapat tiga jenis analisis data yang dapat digunakan pada penelitian survey, antara lain:
1. Analisis deskriptif
Analisis deskriptif dari hasil survey sering dilaporkan dalam bentuk tabulasi frekuensi dan presentase. Statistik deskriptif berupa angka yang mengikhtisarkan data. Di samping itu, hasil survey juga sering dilaporkan dalam bentuk rata-rata (mean) dan ukuran tendensi sentral (modus, median, standar deviasi).
2. Analisis korelasional
Analisis ini dapat mengeksplorasi lebih jauh pertanyaan-pertanyaan penting dengan menggunakan teknik-teknik korelasional untuk menganalisa hubungan-hubungan antar variabel.
3. Analisis ketepatan estimasi sampel dengan populasi
Analisis ini merupakan analisis presisi (akurasi) hasil-hasil penelitian yang diambil dari sampel. Presisi berarti sejauh mana hasil-hasil dari penelitian terhadap sampel merepresentasikan populasinya.
Adapun penelitian survey dapat diklasifikasikan kepada beberapa jenis surey, antara lain:
1. Sample survey, survey yang dilakukan pada sebagian populasi.
2. Sensus, survey yang dilakukan pada seluruh anggota populasi.
3. Public Opinion Poll, survey yang mengajukan pertanyaan kepada responden tentang suatu topik umum.
4. Cross sectional survey, survey yang membandingkan dua kelompok orang atau lebih untuk melihat perbedaan yang ada pada kelompok tersebut.
5. Survey longitudinal, survey yang akan melihat perubahan atau perjalanan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.
Dari beberapa uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian survey adalah salah satu metode penelitian yang umumnya mengkaji populasi dalam jumlah yang besar dengan menggunakan sampel populasi yang bertujuan untuk membuat deskripsi, generalisasi, atau prediksi tentang opini, perilaku, dan karakteristik yang ada dalam populasi tersebut.


EmoticonEmoticon