Sunday, 11 September 2016

Definisi Metodologi Penelitian



Definisi Metodologi Penelitian
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
definisi metodologi penelitian
Metodologi berasal dari bahasa Yunani metodos yang terdiri dari dua suku kata yakni metha yang berarti melalui atau melewati dan hodos yang berarti jalan atau cara serta kata logos yang berarti ilmu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) metodologi diartikan sebagai “cara kerja yang memunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu”. Sedangkan, Hadi, Amirul, dan Haryono. (1988, hlm. 11) menyatakan bahwa “metodologi adalah ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya”. Maka, metodologi dapat didefinisikan sebagai cara-cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan.
Secara bahasa penelitian berasal dari kata bahasa Inggris research yang berarti mencari kembali. Menurut Toha Anggoro (2008, hlm. 1) “penelitian adalah proses pengumpulan data dan menganalisis data atau informasi secara sistematis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang sah dan mutlak”. Untuk itu, penelitian merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan suatu sistematika. Dengan demikian, penelitian dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis, dan menyusun laporan.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat ditarik garis besar bahwa metodologi penelitian adalah ilmu tentang cara-cara melakukan pengamatan dengan pemikiran yang tepat secara terpadu melalui tahapan-tahapan yang disusun secara ilmiah untuk mencari, menyusun, menganalisis, dan menyimpulkan data-data, sehingga dapat dipergunakan untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

Daftar Pustaka
Anggoro, T. (2008). Materi Pokok Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hadi, Amirul, Haryono. (1998). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.


EmoticonEmoticon