Monday, 16 January 2017

Laporan Observasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya



Laporan Observasi Kegiatan Ekstrakurikuler
di SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa di luar jam belajar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler terdapat pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kegiatan ini untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan minat siswa di berbagai bidang di luar bidang akademik. Dengan kata lain, kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan siswa yang berbeda dan beragam. Melalui partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, secara umum siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, dan menemukan serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu, kegiatan ekstrakurikuler memiliki dampak yang cukup besar terhadap perkembangan kemampuan bersosial siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler diadakan secara swadaya oleh pihak sekolah maupun siswa itu sendiri untuk merintis kegiatan positif di luar jam pelajaran sekolah. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah. Dengan kata lain, kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi, terarah, dan terpadu dengan kegiatan pengajaran di sekolah. Dengan demikian, kegiatan ini ikut andil dalam meningkatkan tingkat kecerdasan dan keterampilan siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat masing-masing yang dimiliki siswa. Untuk itu, kegiatan ekstrakurikuler bersifat pilihan. Kegiatan ini menuntut keikutsertaan siswa secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dalam suasana yang mengembirakan bagi siswa. Disamping itu, kegiatan ini tetap mengedepankan semangat siswa untuk berusaha dan bekerja dengan giat.
Terdapat berbagai macam jenis ekstrakurikuler, diantaranya: (1) Kepramukaan, (2) Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), (3) Palang Merah Remaja (PMR), (4) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), (5) Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), (6) kegiatan penguasaan keilmuan dan penelitian, (7) pengembangan bakat olahraga, (8) pengembangan bakat seni dan budaya, (9) pecinta alam, (10) kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya.
Kegiatan ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa.  Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat menyalurkan bakat dan minat serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Disamping itu, siswa dapat mengembangkan keterampilan praktis dan kemampuan bersosial. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler membantu menunjang pengembangan kompetensi siswa.
Berdasarkan uraian tersebut maka, penulis tertarik untuk melakukan observasi ke salah satu SD di Kota Tasikmalaya, yakni SDN Mangkubumi untuk melihat gambaran umum kondisi perkembangan kegiatan ekstrakurikuler yang telah berjalan.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada laporan ini sebagai berikut:
1.    Bagaimana kondisi kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya?

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengembangan Ekstrakurikuler. Selain itu juga bertujuan agar dapat mengetahui mengenai :
1. Kondisi kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

D. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi penulis, belajar menyusun laporan dan lebih mengetahui tentang kondisi kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya.
2. Bagi kalangan akademik, diharapkan penyusunan laporan ini dapat dijadikan sebagai bahan studi perbandingan serta sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.
3. Bagi kalangan umum, diharapkan penyusunan laporan ini nantinya dapat bermanfaat dan dapat dipertimbangkan pengembangannya.

E. Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah observasi dan wawancara.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Waktu, Tempat, dan Narasumber
1. Waktu                 : Selasa, 27 September 2016, pukul 07.00-09.30
2. Tempat               : SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya
3. Narasumber        : Kepala sekolah SDN Mangkubumi Ibu Hj. Ai, S.Pd.
B. Kondisi Ekstrakurikuler
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya, yakni Ibu Hj. Ai, S.Pd. terdapat dua jenis ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi, yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib di SDN Mangkubumi marupakan ekstrakurkuler yang wajib diikuti oleh setiap peserta didik, yaitu ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pukul 13.00-14.30. Sementara ekstrakurikuler pilihan di SDN Mangkubumi terdapat dua pilihan, yaitu ekstrakurikuler bidang olahraga dan ekstrakurikuler bidang kesenian. Berikut ini kami paparkan informasi perihal kedua ekstrakurikuler pilihan:
1. Ekstrakurikuler bidang olaharaga
Ekstrakurikuler bidang olahraga di SDN Mangkubumi meliputi beberapa macam  kegiatan, yaitu bola voly, senam, silat, futsal, sepak bola, catur, tenis meja, takraw, dan bridge. Ekstrakurikuler di bidang olahraga dibina oleh Bapak Effendi. Pembagian jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler senam dilaksanakan setiap hari selasa dan sabtu, sedangkan ekstrakurikuler silat setiap hari minggu dan rabu pukul 10.00-11.00 WIB. Dalam pelaksanaannya, ekstrakurikuler silat memiliki pembimbing khusus yaitu bapak Aceng. Untuk ekstrakurikuler olahraga lainnya belum memiliki jadwal yang tetap, biasanya menggunakan hari sabtu siang atau terkadang hari minggu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Keseluruhan ekstrakurikuler olahraga ini belum memiliki kurikulum ataupun silabus yang pasti. Namun memiliki potensi yang cukup besar, yakni adanya ketersediaan sarana dan prasarana berupa perlengkapan olahraga.
2. Ekstrakurikuler Bidang Kesenian
Ekstrakurikuler bidang kesenian di SDN Mangkubumi meliputi beberapa macam  kegiatan, yaitu drum band, seni tari, seni musik Sunda (gamelan dan kawih) serta seni musik nasional. Pelaksanaan ekstrakurikuler bidang kesenian dibina oleh Bu Iseu dan Bu Dewi. Jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler bidang kesenian dilaksanakan setiap hari sabtu setelah KBM dilaksanakan. Keseluruhan ekstrakurikuler kesenian ini belum memiliki kurikulum dan silabus yang pasti. Terdapat sarana prasarana seperti perlengkapan drum band, gamelan, dan perlengkapan tari seperti payung, selendang, dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
SDN Mangkubumi Kota Tasikmalaya memiliki ekstrakurikuler wajib berupa ekstrakurikuler pramuka dan ekstrakurikuler pilihan berupa ekstrakurikuler olahraga dan ekstrakurikuler kesenian. Ekstrakurikuler olahraga terdiri dari: bola voly, senam, silat, futsal, sepak bola, catur, tenis meja, takraw, dan bridge sedangkan ekstrakurikuler kesenian terdiri dari: drum band, seni tari, seni musik Sunda (gamelan dan kawih) serta seni musik nasional.
Kondisi kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi terutama kegiatan ekstrakurikuler pilihan masih perlu pengembangan terutama dari segi kurikulum, silabus, pemanfaatan sarana, dan secara administratif. SDN Mangkubumi memiliki potensi berupa jumlah siswa yang sangat banyak, yakni 697 siswa. Tentunya secara kuantitas jumlah siswa sudah lebih dari cukup. Keadaan ini perlu diimbangi dengan kualitas pelayanan yang dalam hal ini yakni pengembangan minat dan bakat siswa berupa kegiatan ekstrakurikuler yang berkualitas.

B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, perlu adanya pengembangan ekstrakurikuler di SDN Mangkubumi dalam bentuk pembuatan kurikulum, silabus, dan pemanfaatan sarana yang lebih optimal sebagai pengembangan minat dan bakat siswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang berkualitas.

Lampiran
observasi kegiatan ekstrakurikuler SDN Mangkubumi kota tasikmalaya



















EmoticonEmoticon