Sunday, 27 November 2016

10 Tips Menjadi Siswa Teladan



10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Secara konseptual siswa teladan mengacu pada sikap dan tingkah laku siswa di sekolah. Teladan berarti menjadi model bagi orang lain. Dalam konteks pembelajaran, siswa teladan memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dan menjadi contoh bagi siswa lainnya. Artinya, siswa teladan merupakan siswa yang memiliki sikap dan tingkah laku paling baik di kelas ataupun lebih luas lagi di sekolah tersebut. Dengan demikian, menjadi siswa teladan merupakan hal yang tidak mudah.
Berikut dipaparkan 10 tips menjadi siswa teladan, sebagai berikut:
1. Mematuhi tata tertib sekolah
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Patuh terhadap tata tertib sekolah menjadi indikator pertama dan utama untuk menilai siswa tersebut dapat diteladani atau tidak. Tentunya siswa yang sering melanggar aturan, seperti terlambat masuk kelas, bolos sekolah, sering membuat guru marah, dan menganggu proses belajar mengajar, sudah jelas tidak termasuk kepada kriteria seorang siswa teladan.
2. Datang lebih awal dari siswa lainnya

10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Hal ini memperlihatkan kesiapan sebelum belajar. Siswa yang datang lebih awal tentunya akan lebih siap dalam menerima pembelajaran. Sudah pasti sebagai siswa teladan harus selalu siap untuk belajar. Maka, dari itu siswa teladan perlu datang lebih awal dari siswa lainnya.
3. Berpenampilan dan berpakaian rapi
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Setiap orang pasti menilai seseorang mulai dari apa yang dilihat, yakni bagaimana cara berpakaian. Dalam konteks di sekolah, siswa teladan haruslah menggunakan pakaian sesuai ketentuan dari sekolah. Selain itu, pakaian yang digunakan juga harus bersih dan rapi sehingga enak dipandang oleh siswa lainnya.
4. Aktif saat pembelajaran di kelas
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Aktif di kelas berarti bahwa siswa teladan harus aktif bertanya dan menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran di kelas. Tentunya untuk dapat berpatanya dan menyampaikan pendapat perlu penguasaan materi. Untuk itu, sebelum berusaha untuk aktif di kelas, siswa teladan harus lebih banyak membaca daripada siswa lainnya.
5. Disenangi oleh seluruh teman di sekolah
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Sebagai siswa teladan harus mengenal seluruh teman di sekolah. Artinya berteman dengan siapa saja dan tidak pilih-pilih teman. Bersikap dan berperilaku baik kepada semua teman salah satu contohnya dengan membantu teman apabila ada yang kesulitan merupakan cara yang efektif agar dapat disenangi oleh seluruh teman di sekolah.
6. Aktif dalam kegiatan sekolah
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Seorang siswa agar menjadi siswa teladan harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah. Dengan berpartisipasi secara aktif, siswa teladan memberikan contoh bagi siswa lainnya. Hal ini berlaku untuk seluruh kegiatan sekolah, baik berkaitan dengan kebersihan, kegiatan sosial, keagamaan, maupun kegiatan sekolah lainnya. Siswa teladan tidak boleh pilih-pilih dalam mengikuti kegiatan sekolah.
7. Berperilaku sopan dan santun
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Perilaku sopan dan santun merupakan modal utama bagi seorang siswa teladan. Sopan dan santun dapat diartikan hormat kepada orang yang lebih tua dan menghargai kepada sesama dan orang yang lebih muda. Perilaku ini harus konsisten diperlihatkan baik kepada guru maupun teman, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
8. Jadilah seorang ketua kelas
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Menjadi seorang ketua kelas merupakan satu langkah lebih maju untuk menjadi siswa teladan. Seorang ketua kelas merupakan siswa yang dianggap dapat memimpin dan mengatur teman lainnya. Sifat kepimimpinan ini juga penting dimiliki oleh seorang siswa teladan.
9. Biasakan untuk tidak mencontek
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Mencontek merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh siswa ketika ujian. Seorang siswa teladan harus memberikan contoh yang baik bagi teman yang lainnya salah satunya dengan tidak mencontek saat ujian.
10. Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
10 Tips Menjadi Siswa Teladan
Seorang siswa teladan harus menjalankan kewajibannya dengan baik. Salah satu kewajiban siswa yakni mengerjakan PR tepat pada waktunya. Untuk itu, siswa teladan tidak boleh sekalipun tidak mengerjakan PR, karena tidak mengerjakan PR berarti siswa tersebut mengabaikan kewajibannya.
Itulah 10 tips menjadi siswa teladan. Semoga bermanfaat dan semakin banyak muncul siswa-siswa yang dapat menjadi teladan bagi siswa lainnya.


EmoticonEmoticon