Thursday, 17 November 2016

Kebun Sekolah



Kebun Sekolah
Karya:  Rizki Siddiq Nugraha
      Siti Putri Indriani

Kebun sekolah merupakan sebidang tanah atau sebagian luas tanah dari sekolah yang dimanfaatkan untuk ditanami tumbuhan yang bermanfaat bagi warga sekolah. Kebun sekolah dirawat oleh warga sekolah itu sendiri. Warga sekolah yang dimaksud yakni, siswa, guru, dan petugas penjaga sekolah. Setiap siswa secara bergiliran dan terjadwal merawat kebun sekolah dengan bimbingan guru dan penjaga sekolah.
Program kebun sekolah pernah populer di era tahun 80-an sampai dengan 90-an. Pada saat itu sekolah menyediakan kebun sekolah sebagai “apotek hidup” untuk dijadikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) bagi siswa. Disamping itu, kebun sekolah dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran praktik Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan penelitian pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sayangnya beberapa tahun terakhir ini program kebun sekolah sudah tidak terdengar lagi gaungnya.
Kebun sekolah merupakan alternatif sumber belajar bagi proses pembelajaran. Keberadaan kebun sekolah dapat dijadikan obyek pembelajaran langsung untuk menunjang proses pembelajaran. Pemanfaatan kebun sekolah dapat diterapkan pada seluruh mata pelajaran, baik pembelajaran tematik maupun pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mata pelajaran.
Pada saat berkebun secara tidak langsung siswa belajar mengenai siklus hidup tanaman dan bagaimana intervensi manusia dalam membantu atau merusak kehidupan makhluk hidup. Selain itu, siswa memahami secara langsung bahwa kehidupan merupakan sebuah proses kesabaran, kerja keras, dan keseimbangan. Hal ini tentunya akan membuat siswa lebih menghargai tanaman. Di samping itu, kegiatan berkebun dapat mengurangi stres karena memiliki efek menenangkan. Berkebun merangsang seluruh panca indera untuk bekerja secara optimal. Berkebun juga mempererat hubungan guru-murid karena banyaknya waktu berkualitas bersama siswa selama di kebun.
Terdapat enam jenis tanaman yang biasa ditanam di kebun sekolah, antara lain: bunga hias, tanaman hias, tanaman pelindung, tanaman apotek hidup, tanaman buah, dan tanaman sayuran.
Jenis tanaman bunga hias memiliki ketertarikan dari bunganya yang berwarna-warni dan harum. Berikut beberapa contoh jenis bunga hias yang biasa ditanam di kebun sekolah, sebagai berikut:
1. Bunga matahari
Bunga ini berwarna kuning dan berbentuk seperti matahari. Bunga matahari memiliki tinggi 90-360 cm. Pada batangnya terdapat bulu kasar sedangkan daunnya berbentuk hati dan berujung lancip dengan panjang antara 10-30 cm.

kebun sekolah

2. Bunga kertas
Bunga kertas ada yang berwarna merah dan putih. Umur tanaman bunga kertas sekitar satu tahun. Tingginya antara 15-125 cm, panjang daunnya antara 3-15 cm. Bunganya majemuk dan terdiri dari banyak kuntum bunga serta mahkotanya sekeras kertas.

kebun sekolah

3. Bunga melati
Bunga melati berwarna putih dan sering dilambangkan sebagai kesucian. Baunya harus semerbak dan termasuk jenis tanaman perdu yang basah. Tingginya dapat mencapai 3 m. Kelopak bunganya berbentuk pipa yang bergigi 8 dan berbentuk seperti tusuk sate. Mahkota bunganya berbentuk terompet yang berpuncak 4 sampai 5.

kebun sekolah

4. Kaca piring
Bunga kaca piring berwarna putih bersih. Kaca piring termasuk jenis tanaman semak yang tingginya bisa mencapai 3 m. Mahkota bunganya agak tebal dan berdaging tersusun.

kebun sekolah

5. Bunga mawar
Bunga mawar ada yang berwarna putih dan merah. Bunganya sangat harum dan berduri. Tinggi tanamannya berkisar 20-30 cm.

kebun sekolah

6. Bunga dahlia
Bunga dahlia ada yang berwarna merah, jingga, dan kuning. Tinggi tanamannya berkisar 60-150 cm. Batangnya tegak, bercabang, tidak berbulu dan berkayu. Daunnya tersusun bersebelah-sebelah, memiliki satu sampai tiga buah sirip dengan pinggir-pinggirnya yang berjeruji.

kebun sekolah

Tanaman hias keindahannya terletak dari jenis tanamannya. Keindahan tersebut dapat terlihat dari daun, batang, dan bentuk tanamannya. Berikut beberapa contoh tanaman hias yang biasa ditanam di kebun sekolah, diantaranya:
1. Puring
Tanaman ini memiliki bentuk dan warna daun yang beraneka ragam, ada yang lonjong, bundar, bulat telur, dan pita panjang. Warna daunnya cerah, merah terang, hijau bercak merah, atau kuning. Panjang daunnya dapat mencapai hingga 40 cm.

kebun sekolah

2. Balancing
Tanaman ini memiliki daun berbentuk bulat atau bulat panjang dengan kedua ujungnya yang mengecil. Tangkai daunnya memiliki panjang berkisar antara 10-30 cm. Warna daunnya bervariasi dari hijau terang dengan bintik putih atau agak kekuning-kuningan yang tidak teratur dengan panjang 15-50 cm.

kebun sekolah

3. Kaktus lidah buaya
Tanaman ini seluruh bagiannya berwarna hijau dan batangnya berwujud ruas-ruas yang pipih. Ruas-ruas tersebut berbentuk bulatan yang agak lonjong dengan bagian-bagian yang berduri. Tanaman ini memiliki tinggi berkisar antara 30-300 cm dengan ruas berukuran 8-25 cm.

kebun sekolah

4. Pakis haji
Tanaman ini memiliki batang tidak bercabang dengan tinggi antara 1-2,5 m. Anak daun terdapat dalam jumlah yang cukup banyak dengan panjang antara 1-2 m. Bunganya berbentuk bangunan yang disebut dengan runjung. Bijinya bulat panjang berukuran 4-6 cm berwarna sawo atau jingga.

kebun sekolah

5. Duri landak
Tanaman ini memiliki daun berbentuk suatu kumpulan yang berjejal dan rapat tersebar ke seluruh arah dengan batang sebagai poros atau sumbunya. Daunnya berbentuk mistar yang semakin ke ujung semakin mengecil. Panjang daunnya dapat mencapai 2 m dengan lebar berkisar antara 10-20 cm.

kebun sekolah

Tanaman pelindung berfungsi untuk melindungi tanah agar tidak longsor. Tanaman ini ditanam apabila sekolah memiliki halaman yang cukup luas. Berikut contoh tanaman pelindung yang dapat menjadi alternatif pilihan, antara lain:
1. Pohon kenari
Pohon ini tingginya dapat mencapai 40 m dengan garis tengah 1-1,5 m. Akarnya menembus sangat dalam sedangkan di pokok batangnya terlihat akar-akar besar dan pipih. Kenari memiliki daun yang cukup rimbun dan berbentuk bulat telur dengan ujungnya yang meruncing.

kebun sekolah

2. Pohon akasia
Tanaman ini cepat tumbuh. Batangnya tidak begitu lebar, bergaris tengah sekitar 30 cm-1,5 m. Daunnya sangat kecil dan lebat, berwarna hijau serta berbentuk seperti pisau. Panjang daunnya antara 8-15 cm dan lebar daunnya antara 2-3,5 cm.

kebun sekolah

3. Mangga
Daun mangga berbentuk lanset memanjang, letak daun ranting cabang menyebar. Buahnya sangat lezat dan manis. Terdapat berbagai jenis mangga, seperti arummanis, kopyor, golek, manalagi, dan masih banyak lagi.

kebun sekolah

4. Pohon angsana
Tanaman ini memiliki tinggi berkisar antara 10-40 m. Cabangnya banyak dan daunnya rimbun sehingga cocok digunakan untuk berteduh. Daunnya tumbuh berselang-seling dan menyirip dengan anak daun yang berjumlah 5-13 helai berbentuk bulat telur dengan ujung yang meruncing.

kebun sekolah

5. Jambu mete
Daun jambu mete ini berbentuk bulat telur dan memanjang hingga 20 cm dengan lebar 7-8 cm. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 12 m. Tajuk bunganya runcing dan berambut. Warnanya mula-mula putih dan segera berubah menjadi merah.

kebun sekolah

Tanaman apotek hidup merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai jamu atau obat. Tanaman ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa pilihan tanaman apotek hidup yang dapat ditanam di kebun sekolah, diantaranya:
1. Beluntas
Tanaman ini berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan mulut, meredakan demam, nyeri tulang, dan sakit pinggang.

kebun sekolah

2. Temulawak
Tanaman ini bermanfaat sebagai anti radang, mencegah penyakit hati, menurunkan kadar kolesterol, peluruh kencing, dan menghilangkan nyeri sendi.

kebun sekolah

3. Daun dewa
Tanaman daun dewa bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri, anti radang, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, luka memar, menghentikan pendarahan, penurun panas, dan pembersih racun di dalam tubuh.

kebun sekolah

4. Sambiloto
Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni, menurunkan panas badan, obat sakit perut, kencing manis, dan anti racun.

kebun sekolah

5. Keji beling
Tanaman ini berkhasiat untuk obat disentri, diare, batu ginjal, penurun kolesterol, gatal-gatal akibat ulat atau semut hitam, kencing manis, ambien, maag, dan liver.

kebun sekolah

Tanaman buah merupakan jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan. Berikut beberapa alternatif tanaman buah yang dapat ditanam di kebun sekolah, antara lain:
1. Tanaman Buah Stroberi
Buah stroberi merupakan salah satu buah yang banyak dikenal di dunia dengan warna merahnya khas, kulitnya dipenuhi biji-biji kecil yang berada di luar dan daun yang berwarna hijau. Aromanya wangi, rasanya antara manis dan asam, namun terkadang dominan manis atau pun asam. Panjang akar dapat tumbuh mencapai 100 cm dan menembus tanah bagian atas sedalam 15 - 45 cm menebar kesemua arah. Daun stoberi tumbuh melingkar dan berburu dengan batang utama yang pendek. Harga buah stroberi kisaran Rp 27.000/kg.

kebun sekolah
            2. Tanaman Buah Raspberry
Buah raspberry merupakan buah yang sejenis dengan buah stroberi untuk itu struktur buah ini mirip dengan buah stroberi. Di tatar sunda sering disebut dengan arbei. Buah ini ketika matang berwarna merah pekat lebih merah dari buah stroberi, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis.

kebun sekolah

           3. Tanaman Buah Jeruk
Bentuk pohonnya kecil dengan maksimal tinggi 15 m, ada juga yang pohonnya pendek. Daunnya berwarna hijau dengan permukaan rata yang mengkilat seperti berminyak. Buahnya berbentuk bulat, tidak terlalu besar tergantung jenisnya serta warnanya orange, daging buahnya dibungkus dengan kulit yang mudah di kupas.

kebun sekolah

            4. Tanaman Buah Naga
Buah naga memiliki banyak varian warna, yaitu buah naga putih, ungu, merah, dan hitam yang membedakannya adalah daging buahnya. Buah naga putih memiliki daging putih dan seterusnya. Tanaman ini akarnya merambat namun tidak begitu panjang sehingga akan membentuk akar cabang, dari akar cabang ini akan tumbuh lagi akar rambut yang ukurannya kecil dan banyak. Batang tanaman ini difungsikan sebagai daun pula namun tidak berduri. Bentuk batangnya segitiga dan menjuntai ke bawah. Bijinya kecil berwarna hitam dan banyak. Kulitnya berwarna merah jambu.

kebun sekolah

            5. Tanaman Buah Semangka
Tanaman semangka merupakan tanaman yang akarnya menjalar atau merambat, daunnya jarang-jarang, batangnya kecil dan ramping serta bentuk buah bulat hingga bulat telur, berwarna hijau bergaris-garis kuning, halus dan ada juga yang berwarna kuning. Kulit buahnya keras dengan dagingnya lunak berwarna merah atau kuning, sertarasanya manis.

kebun sekolah

Tanaman sayuran merupakan jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Bagian yang dapat dimanfaatkan dari tanaman jenis sayuran ini adalah bagian daun, batang, atau akar. Berikut beberapa tanaman sayuran yang dapat ditanam di kebun sekolah:
            1. Tanaman Tomat
Tanaman tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dibuat berbagai macam olahan, untuk masakan, maupun minuman. Buah tomat memiliki bentuk bulat penuh sampai lonjong dengan memiliki warna merah segar, kuning, dan ada juga yang berwarna hijau tergantung pada jenis tomat dan kematangannya. Ukurannya bermacam-macam, dari yang kecil, sedang, hingga besar. Batangnya lemah dan basah. Tingginya bisa mencapai 0,5 sampai 2,5 meter. Batang tomat bisa tumbuh tegak, bisa pula bersandar pada tanaman lain. Cabangnya banyak, berambut, tebal pada buku-bukunya, dan memiliki bau yang sangat kuat dengan warna hijau keputihan. Tomat memiliki daun yang banyak. Bentuknya menyirip, ada yang bundar telur, ada pula yang memanjang. Ujung daun runcing, sementara pangkal daun membulat. Letak daun berselang-seling. Pada daun yang lebih muda, tepinya bergerigi. Panjang daun antara 10 cm sampai 40 cm. warnanya hijau muda. Daun muda bisa digunakan sebagai lalap.

kebun sekolah
           
            2. Tanaman Cabe
Cabe ada yang berukuran kecil dan besar, jenis cabe yang berukuran kecil adalah cabe rawit, cabe cengek, dan cabe hias, sedangkan yang berukuran besar jenisnya adalah cabe merah, paprika, dan cabe bulat/cabe udel/cabe domba. Buah yang masih muda berwarna hijau atau putih kekuningan, Buah yang sudah tua berwarna merah atau kuning dan berbiji banyak. Tinggi tanaman mencapai 50 - 100 cm. Mempunyai dahan dan ranting yang ditumbuhi oleh buah dan bunga. Akar tanaman ini memiliki bentuk serabut, yang memiliki banyak cabang akar dan serabut pada permukaan tanah. Akar tanaman ini hanya dapat menembus tanah dangkal, inti akar tanaman ini hanya mampu menembus kedalaman tanah sedalam 25-40 cm. Daun pada tanaman cabai ini berbentuk lonjong dengan bagan ujung runcing dan tulang daun menyirip. Panjang daun kira-kira 4-8 cm dan lebar 2-4 cm.

kebun sekolah

            3. Tanaman Selada
Selada biasanya digunakan untuk salad atau makanan olahan lainnya. Bunga tanaman ini berwarna kekuningan, terletak pada rangkaian yang lebat dan tangkai bunga mencapai ketinggian 90 cm. Batangnya mengandung getah putih. Penyebaran akar yang sedang, kepadatan sistem perakarannya berhubungan erat dengan keadaan tanah. Daunnya bermacam-macam ada yang memiliki daun keriting dan berkerut, halus dan lunak, serta memiliki daun yang tegak. Ketinggiannya mencapai 1 meter.

kebun sekolah

            4. Tanaman Lobak
Lobak biasanya ada pada masakan soto. Tanamannya berbentuk rumput yang  dapat ditanam sepanjang tahun. Akarnya berupa akar tunggang yang tumbuh membengkok, membesar, dan memanjang menyerupai umbi. Bagian umbi inilah yang dikonsumsi sehari-hari. Umbi lobak umumnya berwarna putih, berasa segar dan agak pedas.

kebun sekolah

            5. Tanaman Daun Bawang
Daun bawang atau sering ditemukan dengan nama bawang daun ini merupakan sayuran berbentuk rumput yang dapat digunakan untuk sop, bakmi, serta masakan lainnya. Daunnya bulat panjang dan didalamnya berlubang yang memiliki panjang sekitar 30 cm, lebarnya sekitar 5 mm, memiliki tulang sejajar, daging pada daun tipis bentuknya rata dan berwarna hijau. Daun bawang memiliki batang berwarna hijau muda, tidak bercabang, beralur dan semu. Memiliki tinggi sekitar 60 – 70 cm. Buah yang dimiliki bawang daun berbentuk kotak lonjong dengan diameter sekitar 5 mm dan berwarna hijau. Biji pada daun bawang berwarna putih dengan bentuk pipih kecil. Daun bawang memiliki akar serabut berwarna putih kotor.

kebun sekolah


EmoticonEmoticon