Wednesday, 28 December 2016

Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku terhadap Anak Kelas III Sekolah Dasar



Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku
terhadap Anak Kelas III Sekolah Dasar
Karya : Siti Putri Indriani
Ciri-ciri Perkembangan dan Pemberian Perilaku terhadap Anak Kelas III Sekolah Dasar
Kelas III SD biasanya kurang lebih anak berusia 9 tahun. Menurut Jean Piaget (dalam Asri Budningsih, 2004, hlm. 38-39) saat usia 8-11 tahun anak berada pada tahap operasional konkret dengan ciri pokok perkembangannya adalah anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis, dan ditandai adanya reversible dan kekekalan. Anak telah memilki kecakapan berpikir logis, tetapi hanya dengan benda-benda yang bersifat konkrit.
            Berdasarkan hal tersebut, dapat kita klasifikasikan bahwa ciri-ciri perkembangan anak saat duduk di kelas III SD, yakni secara fisik anak; (1) koordinasi gerak mulai meningkat, (2) tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa), (3) sering terluka, hal ini disebabkan karena banyaknya kegiatan fisik yang dilakukan, (4) banyak mengeluh pada tubuhnya, (5) menunjukkan kegelisahan dengan menggigit kuku, bibir, melilit-lilit rambut. Selanjutnya secara sosial anak; (1) sangat tinggi dalam kompetitif (persaingan/kompetisi), (2) self aware, maksudnya kesadaran akan dirinya, (3) tidak sabar, (4) sering merasa khawatir dan cemas, (5) membuka jarak dengan orang lain, (6) sering mengeluh, (7) kritis, (8) sering marah dan emosi yang berubah-ubah. Kemudian secara bahasa anak; (1) menggunakan kata-kata deskripsi, yaitu menggabarkan sesuatu, (2) senang bermain kata dan bahasa, (3) menggunakan kata-kata yang melebih-lebihkan, (4) mencampuradukan bahasa ketika berbicara. Sedangkan secara kognitif anak; (1) senang menghasilkan sesuatu. (2) mulai mengenal dunia yang lebih luas, (3) sedikit berimajinasi, (4) rasa ingin tahu tinggi, (5) mampu beradaptasi dengan beberapa kondisi yang di hadapi, (6) bermasalah dengan kondisi abstrak.
            Dari penjelasan di atas, maka pemberian perilaku yang harus dilakukan guru terhadap siswa kelas III SD adalah sebagai berikut:
1.    Penanaman konsep/materi pelajaran dengan percobaan agar siswa melakukan sendiri.
2.    Ajak siswa bereksperimen
3.    Kenalkan dengan dunia teknologi yang saat ini anak jenjang SD sudah menggunakan teknologi canggih dalam kehidupan sehari-harinya
4.    Berilah tantangan pembelajaran,misalnya dengan kuis.
5.    Memberikan motivasi untuk sukses dan bercita-cita setinggi-tingginya.
6.    Kenalkan anak dengan kata-kata yang jarang ia dengar, agar menambah kosakata bahasanya.

Daftar Pustaka
Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.


EmoticonEmoticon