Thursday, 22 December 2016

Mozaik



Mozaik
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Mozaik merupakan seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempel. Mozaik berbentuk gambar yang dibuat menggunakan material atau bahan dari kepingan dan ditempel pada media datar dengan menggunakan lem. Mozaik umumnya dianggap sebagai seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan dibantu dengan gambar dalam proses pembuatannya. Rangkaian gambar yang dibentuk dengan teliti, menyambungkan ratusan kepingan warna dan gambar yang membentuk karya lukis.
Sekitar 5000 tahun yang lalu, mozaik mulai dikenal dalam kehidupan manusia. Bukti dekorasi mozaik ditemukan di sebuah kuil di Irak yang dibuat sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Sejak masa itu, mozaik menyebar ke seluruh dunia. Bangsa Romawi menamai setiap kepingan mozaik dengan nama tesserae. Kepingan ini berupa batu kecil, manik-manik, atau material lain yang dapat disusun membentuk gambar.
sejarah mozaik
Gambar Mozaik Zaman Yunani Kuno

sejarah mozaik
Gambar Mozaik Zaman Romawi

Setidaknya mozaik dapat dibuat dengan dua teknik, yakni metode langsung dan metode tidak langsung. Metode langsung dilakukan dengan cara menempelkan satu per satu kepingan pada permukaan benda secara langsung. Sedangkan, metode tidak langsung dilakukan dengan cara menyusun kepingan mozaik terlebih dahulu di tempat lain, setelah selesai lalu diletakkan di permukaan benda.
Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk gambar. Kepingan tersebut dapat berupa kertas, daun, biji-bijian, kepingan kaca, pecahan keramik, dan sebagainya. Ciri khas pada mozaik yakni hanya menggunakan satu jenis kepingan saja dan memanfaatkan perbedaan warna dari satu jenis kepingan yang digunakan. Artinya pada suatu karya mozaik tidak boleh mencampur dua atau lebih jenis dari kepingan karena apabila dicampur maka karya tersebut tidak tergolong karya jenis mozaik, melainkan tergolong pada karya jenis kolase.
Secara sederhana, langkah-langkah pembuatan mozaik dijabarkan, sebagai berikut:
1. Siapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan dalam membuat mozaik.
2. Buatlah pola atau gambar pada bidang datar sesuai dengan keinginan kita.
3. Tempelkan satu per satu kepingan pada pola atau gambar yang telah dibuat. Pada saat menempel dapat menggunakan alat bantu sesuai dengan kepingan yang dipergunakan.
4. Tutupi pola secara menyeluruh dengan kepingan yang berwarna-warni sesuai dengan keinginan kita.
Berikut berbagai contoh karya gambar mozaik yang dapat dibuat oleh anak:

hasil karya mozaik




EmoticonEmoticon