Saturday, 3 December 2016

Tamiya Kertas



Tamiya Kertas
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Tamiya adalah permainan mobil balap yang berasal dari Jepang. Sebenarnya tamiya adalah nama perusahaan mainan di Jepang, yakni Tamiya Incorporated. Produk dari perusahaan mainan ini bukan hanya model mainan mobil tetapi meliputi model mainan kapal, kereta, dan lain sebagainya. Namun, model mainan tamiya yang paling terkenal ialah model mainan mobil bertenaga baterai. Perusahaan ini didirikan oleh Yoshio Tamiya pada tahun 1946.
Tamiya mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1980-an. Hal ini juga didukung dengan penayangan animasi tentang tamiya di salah satu televisi swasta Indonesia. Judul-judul seri animasinya, antara lain Dash! Yonkuro (1989), Let’s & Go (1996), Let’s & Go WGP, Let’s & Go Max, dan Let’s & Go!! Tamiya The Movie. Untuk itu, tamiya sangat familiar bagi anak-anak Indonesia di tahun 80-an sampai 90-an.
Harga mainan tamiya cukup mahal kala itu. Harganya mencapai puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Untuk itu, tidak semua anak pada masa itu mampu membeli tamiya. Maka dari itu, munculah ide tamiya kertas.
Seperti namanya, tamiya kertas terbuat dari selembar kertas. Biasanya selembar kertas tersebut dirobek dari buku tulis. Berikut langkah-langkah membuat tamiya kertas, sebagai berikut:
1. Sediakan kertas selembar
2. Sobek menjadi dua bagian simetris seperti gambar berikut

tamiya kertas

3. Lipat bagian atas kertas membentuk segitiga siku-siku seperti gambar berikut

tamiya kertas

4. Lipat ujung satunya hingga bekas lipatan membekas

tamiya kertas

5. Buatlah kepala tamiya kertas dengan melipat bekas lipatan tadi secara bersamaan seperti gambar berikut
tamiya kertas

6. Bagian yang berlawanan juga dibuat kepala tamiya seperti gambar berikut

tamiya kertas

7. Lipat pinggirannya sampai ke tengah

tamiya kertas

8. Lipat kepala tamiya yang berbentuk segitiga hingga membelah dua, lalu putarkan kepala yang depan ke kepala belakang seperti gambar berikut

cara membuat tamiya kertas

Cara bermain tamiya kertas ini dengan ditiup. Biasanya diadu dengan tamiya kertas lain di meja sekolah. Masing-masing pemain berada di sisi kiri dan kanan meja. Pemain meniup bagian belakang tamiya kertas sampai tamiya kertas tersebut saling beradu. Tamiya kertas yang terbalik dinyatakan kalah. Berikut gambar anak-anak yang sedang bermain tamiya kertas

anak bermain tamiya kertas



EmoticonEmoticon