Thursday, 12 January 2017

9 Animasi Seri yang Aman Ditonton Anak Usia Sekolah Dasar



9 Animasi Seri yang Aman Ditonton Anak Usia Sekolah Dasar
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Animasi merupakan gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur cerita yang telah ditentukan. Singkatnya, animasi adalah gambar bergerak yang tersusun, sehingga menjadi cerita yang utuh.
Pada perkembangannya, animasi muncul seiring dengan munculnya pertelevisian. Pada awalnya dibuat animasi berbasis dua dimensi (2D animation). Hal ini yang lebih kita kenal akrab dengan istilah kartun. Perkembangan dunia animasi pada saat ini berkembang begitu pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (3D animation) yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Maka, obyek dan pergerakannya mendekati kenyataan asli.
Sejalan dengan perkembangan dunia animasi, sampai saat ini banyak sekali seri animasi yang dibuat dan kini populer di kalangan anak-anak. Hal ini disebabkan oleh luasnya jaringan informasi melalui internet. Kini anak dapat dengan mudah mengakses informasi, termasuk untuk menonton seri animasi favoritnya.
Sayangnya, tidak semua seri animasi populer tersebut layak ditonton oleh anak. Terlebih oleh anak usia sekolah dasar ke bawah. Perlu dipahami bahwa tidak semua seri animasi diperuntukkan untuk anak dan juga tidak semua seri animasi bahaya untuk anak.
Kembali lagi bahwa seri animasi hanya berperan sebagai media. Tetap kita sebagai orang tua yang harus mengontrol tontonan anak tersebut. Perlu dicamkan bahwa melarang anak untuk menonton bukanlah solusi yang terbaik. Karena pada dasarnya anak tentu senang menonton seri animasi. Di samping itu, beberapa seri animasi memiliki jalan cerita yang berdampak baik bagi anak. Hal ini dapat berupa motivasi atau semangat yang disampaikan oleh tokoh seri animasi tersebut ataupun tokoh seri animasi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi anak. Untuk itu, solusi yang terbaik, kita sebagai orang tua harus mengetahui mana seri animasi yang layak untuk ditonton oleh anak dan mana yang kurang layak. Pertimbangan utama pemilihan seri animasi ini, yakni usia anak itu sendiri. Dengan demikian, kita dapat memilihkan seri animasi yang layak untuk usia anak tersebut.
Berkenaan dengan anak usia sekolah dasar ke bawah, tentunya anak tersebut memiliki rentang umur sekitar 13 tahun ke bawah. Anak pada rentang usia ini memiliki karakteristik untuk meniru hal atau perlaku dari idolanya. Untuk itu, pemilihan tontonan seri animasi bagi anak pada rentang usia tersebut sangat penting adanya. Beberapa dasar prinsip yang harus diperhatikan pada pertimbangan pemilihan tontonan seri animasi untuk anak, sebagai berikut:
1. Minimnya konten kekerasan baik yang bersifat fisik maupun mental.
2. Tidak adanya konten seksual yang tidak layak untuk ditonton oleh anak.
3. Tokoh utama cerita tidak memiliki perilaku yang buruk, sehingga anak tidak akan mencontoh perilaku buruk tersebut.
4. Jalan cerita seri animasi tersebut ringan dan menarik bagi anak.
Bertolak dari dasar prinsip tersebut, maka berikut merupakan rekomendasi “9 Seri Animasi yang Aman Ditoton Oleh Anak Usia Sekolah Dasar”.

1. Adit Sopo Jarwo

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Adit Sopo Jarwo merupakan seri animasi yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2014 di Indonesia. Ini merupakan salah satu animasi terbaik karya Indonesia. Animasi ini menceritakan kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta adik dari Adit, Adelya yang kehidupannya diwarnai kisah petualangan tak terduga. Adit berperan sebagai penggerak, motivator, dan inspirator bagi para sahabatnya untuk melewati hari-hari dalam menggapai mimpi pada masa mendatang.
Sepanjang kisah mereka harus berhadapan dengan Sopo Jarwo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha. Perbedaan cara pandang ini merupakan bahan utama seri animasi ini. Petuah bijak yang selalu disampaikan di akhir cerita terasa ringan dan lugas.

2. Upin dan Ipin

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Upin dan Ipin adalah serial animasi anak yang dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia. Awalnya animasi ini ditayangkan khusus dalam rangka menyambut ramadhan tahun 2007 untuk mendidik anak agar mengerti arti bulan suci ramadhan. Namun, seiring begitu populernya serial ini di kalangan anak-anak, seri animasi Upin dan Ipin diproduksi lebih lanjut dengan sentral kisah tentang kehidupan anak kembar Upin dan Ipin bersama teman-temannya. Seri animasi ini banyak mengajarkan kita tentang hidup rukun, tolong menolong, toleransi, dan taat beragama.

3. Hamtaro

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Hamtaro adalah seri animasi anak yang mengisahkan tentang seorang hamster bernama Hamtaro bersama teman-temannya. Animasi ini sempat tayang di televisi di Indonesia pada pertengahan tahun 2002. Seri animasi Hamtaro mengajarkan bahwa kehidupan hamster pun saling bantu membantu, setia kawan, dan saling bersahabat baik.

4. Lets & Go

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Lets & Go adalah seri animasi yang mengisahkan tentang balapan mini 4 WD atau yang lebih dikenal akrab dengan tamiya. Serial ini sempat tayang di Indonesia pada tahun 2002. Lets & Go bercerita tentang perjuangan kakak beradik Retsu dan Go yang berjuang mencapai impian untuk menjuarai kejuaraan balapan mini 4 WD. Menang dan kalah serta cerita persahabatan menghiasi perjalanan Retsu dan Go untuk menggapai impiannya.

5. Captain Tsubasa

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Captain Tsubasa merupakan seri animasi yang mengisahkan tentang seorang anak bernama Tsubasa Ozora yang gemar dan pandai bermain sepak bola. Animasi ini mengisahkan perjalanan Tsubasa melewati berbagai pertandingan sepak bola mulai dari sekolah dasar sampai level kejuaraan dunia dan menghadapi berbagai lawan tanding yang tangguh. Animasi ini mengajarkan bahwa kita harus yakin dan terus berupaya untuk menggapai cita-cita kita yang dalam hal ini menjadi pemain bola profesional.

6. Haikyuu

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Haikyuu merupakan seri animasi yang bercerita tentang seorang anak bernama Hinata Shojo dan rekan setimnya sekaligus rivalnya Kageyama Tobio dalam mengikuti klub bola volly. Kisah bermula pada saat Hinata Shojo pertama kali bermain bola volly pada saat SMP dan langsung kalah telak dari lawannya yakni Kageyama Tobio. Sejak saat itu Hinata bertekad untuk merubah masa kelamnya tersebut di kehidupan SMA dan bergabung dengan klub bola volly Karasuno di sekolahnya. Tidak disangka-sangka bahwa Kageyama yang sudah dia anggap sebagai rival juga bersekolah di SMA Karasuno dan menjadi rekan setim Hinata. Hal yang menarik dari animasi ini bahwa Hinata memiliki tinggi hanya 160 cm yang tentunya jauh lebih pendek dari pemain bola volly lainnya. Namun, meskipun dengan kekurangannya tersebut, Hinata tetap memiliki semangat yang tinggi untuk membawa SMA Karasuno ke kejuaraan nasional bola volly.

7. Days (TV)

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Days (TV) merupakan animasi serial yang mengisahkan tentang Tsukusi Tsukamoto yang bergabung pada klub sepak bola sekolah terkenal SMA Seiseki. Tsukamoto merupakan seorang yang sangat lemah dalam bidang olahraga dan tidak pernah bermain sepak bola sama sekali sebelumnya. Namun, setelah diajak oleh temannya yang bernama Jin Kazama, Tsukamoto akhirnya bertekad untuk berlatih dan bergabung dengan tim sepak bola sekolah. Meskipun dengan kemampuan yang sangat di bawah rata-rata pemain sepak bola lainnya, Tsukusi tetap menikmati permainan sepak bola. Poin penting dari animasi ini bahwa bakat dapat dikalahkan oleh kemauan keras dan latihan.

8. Diamond No Ace

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Diamond No Ace merupakan seri animasi yang bercerita mengenai klub baseball. Cerita berpusat pada Sawamura Eijun yang memilih untuk bersekolah di sekolah elit khusus Seido baseball, demi menggapai impiannya menjadi pemain baseball profesional. Sawamura memiliki bakat unik yakni dapat melempar bola melengkung dengan tangan kiri dan memiliki semangat yang membara. Animasi ini mengisahkan perjalanan Sawamura bersama rekan setimnya dalam berusaha untuk menjuarai kejuaraan nasional baseball SMA.

9. Pokemon

anime yang aman ditoton oleh anak usia sekolah dasar

Pokemon adalah serial animasi yang berkisah tentang anak bernama Ash yang hidup di dunia pokemon. Pokemon seperti halnya binatang, namun memiliki bentuk dan kekuatan yang beragam. Dalam serial ini, Ash berpetualang bersama pokemon andalannya yakni Pikachu dalam perjalanan menjadi master pokemon. Sepanjang perjalanan, Ash dan Pikachu bertemu berbagai macam orang dan pokemon serta selalu membantu orang atau pokemon yang mengalami kesulitan.


EmoticonEmoticon