Tuesday, 17 January 2017

Lambang Koperasi Indonesia



Lambang Koperasi Indonesia
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan lambang Koperasi Indonesia dalam “International Year of Cooperatives” di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 23-25 Mei 2012.
Perubahan lambang/logo koperasi Indonesia ini didasarkan pada Surat Keputusan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nomor SKEP/14/Dekopin-A/III/2012 tanggal 30 Maret 2012 tentang Perubahan Lambang/logo Koperasi Indonesia. Selanjutnya Menteri Koperasi dan UKM kemudian menerbitkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tanggal 17 Apirl 2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia.
Lambang Koperasi Indonesia ini berbentuk gambar bunga yang memberi kesan perkembangan dan kemajuan koperasi di Indonesia. Gambar bunga ini mengandung makna koperasi Indonesia selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif, sekaligus produktif dalam kegiatannya, serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.
Lambang ini didominasi warna hijau pastel yang berwibawa dan menimbulkan kesan kalem. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang lambang Koperasi Indonesia:

lambang koperasi indonesia

Lambang/logo Koperasi Indonesia

1. Bentuk
Lambang/logo Koperasi Indonesia berbentuk sekuntum bunga bertuliskan KOPERASI INDONESIA.
2. Arti gambar dan penjelasan
a. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberikan kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian Indonesia, mengandung makna bahwa koperasi Indonesia selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif, sekaligus produktif dalam kegiatannya, serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.
b. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang memiliki maksud bahwa Koperasi Indonesia:
1) Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi.
2) Sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan.
3) Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan, dan demokrasi.
4) Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.
c. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan zaman yang bercermin pada perkonomian yang bersemangat tinggi. Teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotannya.
d. Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa. Selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan, dan kemajuan serta memiliki kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.
e. Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai, dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan adiministratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia.
f. Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat:
1) Tulisan: Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang.
2) Gambar: 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangung Koperasi Indonesia.
3. Tata warna
a. Warna hijau muda dengan kode warna C:10, M:3, Y:22, dan K:9.
b. Warna hijau tua dengan kode warna C:20, M:0, Y:30, dan K:25.
c. Warna merah tua dengan kode warna C:5, M:56, Y:76, dan K:21.
d. Perbandingan skala 1:20.


EmoticonEmoticon