Tuesday, 17 January 2017

Mata Uang Berbagai Negara di Dunia



Mata Uang Berbagai Negara di Dunia
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum. Uang digunakan untuk melakukan pembayaran baik barang maupun jasa.
Uang memiliki syarat umum, sebagai berikut:
1. Diterima umum.
2. Stabil nilainya.
3. Mudah dibawa.
4. Tahan lama.
5. Tidak mudah ditiru.
6. Dapat dibagi dalam unit yang lebih kecil.
7. Mempunyai jaminan.
8. Tidak mudah rusak.
Jenis uang yang digunakan dalam suatu negara berbeda-beda dan memiliki nilai yang berbeda pula. Jenis uang ini lebih akrab dikenal dengan istilah mata uang. Setiap negera memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada pula mata uang yang digunakan bersama oleh beberapa negara. Berikut informasi beberapa mata uang di dunia dan negara yang menggunakannya:
1. Rupiah
Rupiah adalah mata uang resmi negara Indonesia. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia. Uang Rupiah memiliki dua bentuk yakni kertas dan logam. Nilai uang kertas Rupiah relatif lebih tinggi nilainya daripada nilai uang logam pada uang Rupiah.

mata uang Indonesia

2. Dollar
Dollar adalah mata uang yang digunakan oleh beberapa negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Singapura, Australia, Brunei Darussalam, Kanada, dan masih banyak lagi. Namun, Dollar yang digunakan pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, ada Dollar Amerika Serikat, Dollar Singapura, Dollar Australia, dan lain-lain.
Dollar AS adalah mata uang resmi negara Amerika Serikat yang digunakan pula di beberapa negara lain, seperti Timor Leste, Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, Ekuador, dan negara lainnya). Dollar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Penerbitan uang Dollar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve.

dollar AS

3. Euro
Euro merupakan mata uang yang digunakan oleh 19 negara anggota Uni Eropa. Beberapa negara tersebut, diantaranya Belanda, Finlandia, Irlandia, Spanyol, Jerman, Italia, Slovenia, dan negara lainnya. Uang kertas Euro di negara mana pun rupanya sama, tetapi untuk uang logamnya berbeda-beda. Uang logam Euro setiap negara memiliki lambangnya sendiri.

mata uang uni eropa

4. Peso
Peso berasal dari bahasa Spanyol yang berarti berat. Dahulu Peso merupakan nama dari sebuah koin yang berasal dari Spanyol dan menjadi penting di dunia internasional. Kini Peso dijadikan nama mata uang yang digunakan di beberapa negara bekas koloni Spanyol, seperti Argentina, Chili, Meksiko, Uruguay, Filipina, Kolombia, dan lainnya. Seperi halnya Dollar, Peso yang digunakan di berbagai tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, ada Peso Uruguay, Peso Filipina, Peso Argentina, dan sebagainya.

mata uang argentina, chili, meksiko, uruguay, filipina

5. Yen
Yen merupakan mata uang yang digunakan oleh negera Jepang. Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak tahun 1871.

mata uang jepang

6. Dinar
Dinar merupakan mata uang yang berlaku di beberapa negara di dunia. Kebanyakan di negara-negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab. Beberapa negara yang menggunakan Dinar, antara lain Abu Dhabi, Sudan, Yaman, Kroasia, Federasi Arab Selatan, Yugoslavia, dan lain-lain. Sama dengan Dollar maupun Peso, Dinar yang digunakan di berbagai negara tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, terdapat Dinar Abu Dhabi, Dinar Sudan, Dinar Yaman, Dinar Yugoslavia, dan sebagainya.

mata uang abu dhabi, sudan, yaman, yugoslavia


7. Riyal
Riyal merupakan mata uang yang digunakan oleh kerajaan Arab Saudi. Riyal telah digunakan menjadi mata uang yang dipergunakan oleh Arab Saudi sejak negara itu didirikan.

mata uang arab saudi

8. Franc
Franc merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara bekas jajahan Perancis, seperti Burundi, Komoro, Rwanda, dan lain-lain. Sama dengan Dollar, Peso, dan Dinar, Franc yang digunakan di berbagai negara tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Maka, terdapat Franc Burundi, Franc Komoro, Franc Rwanda, dan sebagainya.

mata uang burundi, komoro, rwanda

9. Lev
Lev adalah mata uang yang digunakan secara resmi oleh negara Bulgaria sejak tahun 1881. Mata uang ini memiliki pecahan 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 Lev.

mata uang bulgaria

10. Yuan
Yuan dikenal juga dengan nama Renminbi merupakan mata uang Republik Rakyat Cina. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Rakyat Cina.

mata uang cina

11. Krone
Mata uang Krone digunakan oleh beberapa negara di benua Eropa, seperti Norwegia, Swedia, dan Denmark.

mata uang norwegia, swedia, denmark

12. Rupee
Rupee digunakan sebagai mata uang di beberapa negara, seperti India, Pakistan, Sri Langka, Nepal, Mauritius, dan Seychelles. Kata Rupee diambil dari bahasa Sansekerta Raupya yang berarti koin perak.

mata uang india, pakistan, sri langka, nepal, mauritius, seychelles

13. Won
Won merupakan nama mata uang negara Korea Selatan dan Korea Utara. Won diperkenalkan sebagai mata uang Korea pada tahun 1902. Pada tahun 1945, dengan berpisahnya Korea, mata uang pun dipisah menjad dua, yakni Won Korea Selatan dan Won Korea Utara.

mata uang korea utara dan korea selatan

14. Pound
Pound atau dikenal juga dengan Pound Sterling merupakan mata uang Britania Raya. Selain di Britania Raya, Pound juga digunakan di Kepulauan Falkland, Gibraltar, Guernsey, Jersey, dan lain-lain. Pound adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata Pound sendiri merujuk pada logam perak seberat satu Pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pihak yang bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound adalah Bank of England.

mata uang britania raya

15. Rubel
Rubel merupakan mata uang yang digunakan oleh negara Rusia dan Belarus. Pembuatan mata uang Rubel bermula pada tahun 1704. Rubel yang pertama adalah perak. Pada abad ke 19, beberapa koin Rubel menggunakan platinum. Sedangkan pada tahun 1897 Rubel jenis emas diperkenalkan. Kini Rubel tidak ada kaitannya dengan emas.

mata uang rusia, belarus

16. Dirham
Dirham merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara Arab dan Tajikistan. Dirham berasal dari bahasa Yunani kuno dratto yang berarti menggenggam.

mata uang negara arab dan tajikistan

17. Kwacha
Kwacha adalah mata uang resmi negara Zambia yang digunakan sejak tahun 1968. Kwacha memiliki pecahan uang 20, 50, 100, 500, 1.000, 5.000, 10.000, 20.000, dan 50.000 Kwacha.

mata uang zambia

18. Rand
Rand merupakan mata uang negara Afrika Selatan yang digunakan sejak tahun 1961. Mata uang ini terbagi menjadi pecahan 10, 20, 50, 100, dan 200 Rand.

mata uang afrika selatan



EmoticonEmoticon