Sunday, 22 January 2017

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar



Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar
Karya : Siti Putri Indriani

Wisata adalah “kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia baik perorang maupun kelompok untuk mengunjungi destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah wisata, pengembangan diri dan sebagainya dalam kurun waktu yang singkat atau sementara waktu” (UU RI No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan). Dalam hal ini wisata merupakan salah satu perjalanan mengajak anak rekreasi atau menyegarkan otak, apalagi anak-anak berada pada masa senang bermain. Sesuai pendapat Parten dalam Yuliani Nurani Sujiono (2013) memandang kegiatan bermain sebagai sarana sosialisasi, diharapkan melalui kegiatan bermain dapat memberi kesepakatan anak bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, dan belajar secara menyenangkan. Oleh karena itu, dengan wisata anak akan melakukan eksplorasi, penemuan, mengekspresikan perasaan dan sebagainya.
Maka, orang tua harus tahu ada beberapa tempat wisata yang akan menambah pengetahuan maupun pembelajaran bagi anak, diantaranya:
1.        Kebun Binatang

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar

Kebun binatang adalah tempat wisata yang cocok untuk mengenalkan kepada anak segala jenis hewan, di kebun binatang anak akan melihat lebih jelas bentuk, warna, tempat hidup, serta makanan hewan yang biasanya anak temukan di TV, buku, majalah, atau koran. Anak jika diajak wisata ke kebun binatang akan asyik memperhatikan satu persatu hewan yang ada disana, bahkan akan menanyakan jika hewan tersebut baru anak temui. Jenis-jenis hewan pun merupakan salah satu materi pelajaran yang akan didapat anak di sekolah bahkan dengan ciri masing-masing. Sehingga dengan ini pembelajaran menjadi autentik dan bermakna.
2.        Kolam Renang
Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar

Bagi anak yang berada di pesisir pantai atau pinggiran sungai, tidak asing lagi dengan air karena setiap hari mereka melihat air yang begitu banyak bahkan sampai setiap hari anak-anak bermain air. Sehingga anak sudah tidak takut lagi sampai ia dapat berenang dengan baik. Lain halnya dengan anak yang berada diperkotaan atau pegunungan yang tidak sering melihat air banyak dan jarang sekali bermain air, maka sangat cocok jika diajak ke tempat wisata kolam renang yang dekat dengan tempat tinggalnya, dengan cara tersebut maka anak tidak akan takut lagi jika melihat air banyak bahkan sampai bisa berenang layaknya anak-anak yang sudah biasa dikampungnya. Di kolam renang anak akan mempelajari gaya-gaya berenang, cara mengatur nafas ketika sedang berenang, dan lain sebagainya.
3.        Museum

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar

Museum adalah institusi permanen nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengkomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Sehingga untuk anak dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan dan kesenangan dimana anak melihat koleksi-koleksi barang yang terdapat di museum.
4.        Pasar

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar

Pasar adalah tempat jual beli barang atau jasa. Kenapa pasar menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang harus dikunjungi anak? Karena pasar dapat memberikan pelajaran nyata penggunaan uang yang sesuai, ketika di pasar anak akan asyik mencari barang, misalnya mainan yang ia suka, namun mainan yang dibeli harus cukup dengan uang yang ia pegang.
5.        Taman/Kebun

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak Sekolah Dasar

Taman atau kebun adalah tempat tumbuhnya tanaman-tanaman indah juga bermanfaat. Taman merupakan salah satu bentuk pemberdayaan tanaman yang dirawat dan didesain seindah-indahnya. Misalnya, taman bunga, kebun teh, kebun stroberi, dan lain sebagainya. Di taman tersebut anak dapat mengamati tanaman beserta namanya serta bagian-bagian tubuh tanaman yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buahnya. Sehingga diharapkan setelah anak diajak berwisata di taman, ia lebih sayang terhadap lingkungan dan berkeinginan menanam tanaman di sekitar rumah atau sekolahnya.
Pergi ke tempat wisata tersebut tetap harus dengan pengawasan orang tua atau orang dewasa ketika akan mengunjunginya, anak tidak diperkenankan berangkat sendiri.

Daftar Pustaka
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.


EmoticonEmoticon