Thursday, 16 March 2017

Pentingnya Menjaga Keutuhan Indonesia



Pentingnya Menjaga Keutuhan Indonesia
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Pentingnya Menjaga Keutuhan Indonesia

Bentangan wilayah Indonesia amatlah luas. Wilayah Indonesia meliputi daratan, lautan, dan udara. Indonesia termasuk sepuluh negara yang memiliki wilayah paling luas di dunia. Hal ini tentu saja sangat membanggakan kita.
Wilayah seluas itu tentu perlu dijaga. Untuk itu, pemerintah membentuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). TNI bertugas menjaga seluruh wilayah Indonesia. Bila terjadi serangan, TNI maju ke depan untuk mempertahankan negara kita. TNI akan berjuang sekuat tenaga demi nusa dan bangsa.
Untuk menjaga wilayah daratan, Indonesia memiliki TNI Angkatan Darat (TNI-AD). Untuk menjaga wilayah lautan, Indonesia memiliki TNI Angkatan Laut (TNI-AL). Untuk menjaga wilayah udara, Indonesia memiliki TNI Angkatan Udara (TNI-AU).
Menjaga keutuhan wilayah yang begitu luas tentu tidak mudah. Menjaga wilayah Indonesia bukan hanya tugas TNI. Kita semua wajib turut serta menjaga Indonesia. Untuk itu, masyarakat juga membentuk sistem keamanan. Di desa-desa, kita mengenal linmas (perlindungan masyarakat). Tugasnya adalah menjaga keamanan di wilayah masing-masing.
Selain itu, masyarakat juga membentuk siskamling (sistem keamanan lingkungan). Anggota siskamling dibentuk dari warga setempat. Mereka menjaga keamanan wilayah masing-masing. Mereka mendirikan pos-pos ronda. Mereka melakukan ronda, mengelilingi kampung setiap malam. Inilah bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dengan demikian, Indonesia akan tetap bersatu. Bayangkan jika Indonesia terpecah belah. Tidak ada lagi yang dapat kita banggakan. Oleh karena itu, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat penting.
Suku-suku yang menghuni wilayah Indonesia amat banyak dan beragam. Selama ratusan tahun, suku-suku yang berbeda-beda itu merasa menjadi satu kesatuan. Mereka merasa menjadi satu saudara, yakni sebagai bangsa Indonesia.
Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan terancam jika persatuan dan kesatuan itu goyah. Bayangkanlah seandainya Indonesia pecah. Bayangkan jika di wilayah negara ini muncul negara yang berbeda. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia amatlah penting. Dengan tetap bersatu, keutuhan bangsa kita akan senantiasa terjaga. Dengan bersatu, stabilitas nasional juga akan terjaga.
Bumi Indonesia kaya akan hasil alam. Semua kekayaan itu haruslah dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat. Salah satu caranya adalah dengan menjaga keutuhan Indonesia.
Jika Indonesia tidak lagi utuh, maka kekayaan bumi Indonesia tidak akan dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menjaga keutuhan Indonesia. Kita tidak boleh membiarkan sedikit pun Negara Kesatuan Republik Indonesia lepas. Kita juga tidak boleh membiarkan kekayaan alam Indonesia dinikmati oleh sedikit orang saja.
Indonesia yang kaya ini bukan semata milik para pahlawan. Indonesia bukan pula semata milik kita yang masih hidup. Ingat, Indonesia juga milik anak cucu kita yang belum lahir. Kita wajib menjaga keutuhan Indonesia bukan saja untuk kepentingan kita hari ini. Keutuhan Indonesia juga harus dijaga untuk diwariskan kepada anak cucu kita nanti.
Indonesia tidak mungkin lahir tanpa usaha dan perjuangan para pahlawan. Karena para pahlawanlah Indonesia ada dan menjadi besar. Merekalah yang berjasa membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah. Para pahlawan itu pula yang berjasa mempersatukan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, menjaga keutuhan dan persatuan Indonesia berarti menghargai perjuangan para pahlawan.
Pada masa penjajahan, para pahlawan membela dan menjaga keutuhan Indonesia dengan berjuang. Cara berjuangnya bermacam-macam. Ada yang maju di medan pertempuran, Ada pula yang berjuang lewat pergerakan. Mereka berjuang dengan pikiran, tulisan-tulisan, dan ilmu pengetahuan. Pada masa perjuangan kemerdekaan, dua cara memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini sama-sama tinggi nilainya.
Saat ini Indonesia tidak lagi dijajah oleh bangsa asing. Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi berperang melawan para penjajah. Meski demikian, tugas kita tidak lebih ringan. Sebab, menjaga kemerdekaan justru lebih berat daripada merebutnya.
Bukan penjajah yang akan mengancam keutuhan negara kita. Namun, sangat mungkin diri kita sendiri, putra-putri Indonesia ini. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, apabila kita tidak berlaku sebagaimana mestinya sebagai bangsa Indonesia. Jika kita salah mengurus negara ini, tidak mustahil kitalah sendiri yang akan menghancurkan negara tercinta ini.
Dulu para pahlawan berperang dan berunding dengan penjajah. Mereka berunding untuk menentukan batas-batas wilayah Indonesia. Hasilnya adalah wilayah Indonesia seperti tergambar pada peta Indonesia saat ini. Wilayah tersebut tentu tidak hanya berupa wilayah semata, namun meliputi semua kekayaan yang ada di dalamnya. Misalnya penduduk, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan kekayaan mineral, seperti minyak bumi, emas, batu bara, dan sebagainya.
Wilayah dan segenap kekayaan itu haruslah kita pertahankan dan kita jaga. Sebab, di situlah letak kedaulatan negara kita. Kita tidak boleh membiarkannya diambil atau dirampas bangsa asing atau orang perorang. Tugas menjaga semua ini memang diserahkan kepada negara. Namun, sebagai warga negara, kita harus turut menjaganya.
Indonesia berdiri di atas perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi agama, suku, adat-istiadat, bahasa daerah, dan warna kulit. Semua perbedaan itulah yang jalin-menjalin membangun Indonesia seutuhnya. Agar keutuhan Indonesia tetap terjaga, kita harus menanggap perbedaan itu sebagai anugerah. Kita harus mensyukuri perbedaan yang ada. Cara menjaga perbedaan-perbedaan itu dengan saling menghormati. Kita harus menghormati teman yang berbeda agama, suku, bahasa, dan warna kulit. Dengan demikian, kita turut menjaga keutuhan Indonesia.
Bangsa Indonesia memiliki banyak perbedaan. Akan tetapi, bangsa Indonesia juga memiliki banyak persamaan. Dalam naskah Sumpah Pemuda, kita telah mengikrarkan bahwa kita adalah satu bangsa, bangsa Indonesia. Kita mengakui bahwa kita satu tumpah darah, tumpah darah Indonesia. Kita juga mengakui bahwa kita menjunjung tinggi bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia. Itulah tiga persamaan pokok yang dimiliki bangsa Indonesia. Selain itu, kita juga memiliki Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Sang Saka Merah Putih. Semua itu adalah lambang pemersatu bangsa. Agar keutuhan Indonesia terjaga, kesamaan tersebut haruslah tetap dijaga dan dipertahankan.
Persamaan tersebut semestinya dipertahankan oleh seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kebersamaan antara sesama bangsa Indonesia haruslah terus dilestarikan.
Salah satu cara menjaga keutuhan Indonesia adalah dengan menaati peraturan. Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya agar Indonesia menjadi lebih baik. Melalui peraturan, Indonesia akan selamat dari kekacuan.
Taat terhadap undang-undang dan peraturan berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Peraturan berlaku baik untuk pemerintah maupun rakyat biasa, baik tua maupun muda, baik kaya maupun miskin, baik laki-laki maupun perempuan.
Pemerintah juga harus menaati undang-undang dalam mengatur negara. Pemerintah menaati undang-undang agar dapat melayani rakyat sebaik mungkin. Rakyat harus membantu pelaksanaan program yang dicangkan pemerintah. Para wajib pajak harus membayar pajak. Para guru harus menaati undang-undang dengan bersungguh-sungguh mendidik murid-muridnya. Para pelajar menaati tata tertib sekolah agar menjadi murid yang baik. Dengan menaati peraturan, keberhasilan dalam belajar dapat diraih. Jika semuanya bertindak sesuai dengan undang-undang, niscaya Indonesia akan aman dan tentram.

1 comments


EmoticonEmoticon