Sunday, 23 April 2017

Manfaat Membaca Buku bagi Anak



Manfaat Membaca Buku bagi Anak
Karya : Siti Putri Indriani

Buku adalah sumber ilmu yang akan didapatkan jika seseorang membacanya, tetapi ingat bukan pula satu-satunya sumber ilmu karena seseorang dapat memperoleh ilmu dari mana pun, misalnya dengan cara orang itu sadar akan lingkungannya. Namun, buku akan memberikan pengaruh yang lebih besar karena berasal dari kesadaran-kesadaran banyak orang, maksudnya pengetahuan dan pengalaman penulis buku tersebut. Oleh karena itu, sebagai masa depan bangsa dan negara harus ada arahan khusus bagi anak agar nantinya ia memiliki bekal menghadapi perkembangan zaman. Salah satu cara membekali anak, yaitu dengan membiasakan ia membaca buku. Kenapa harus membaca buku? Berikut manfaat membaca buku untuk anak yang perlu diketahui semua orang tua, antara lain:

1. Menambah kosakata anak

Manfaat Membaca Buku bagi Anak

Membaca merupakan suatu pembiasaan. Hasilnya akan didapatkan berbagai hal baru. Hal baru yang akan didapatkan dari membaca adalah kosakata. Kosakata akan berhubungan dengan kemampuan berbahasa anak. Setiap hari, manusia berhubungan dengan manusia lain menggunakan bahasa, khususnya bahasa lisan. Oleh karena itu, kemampuan bahasa anak harus didukung dengan kosakata yang banyak dan beragam. Pengetahuan yang banyak akan pembendaharaan kata akan membuat anak lancar berbicara dan aktif berdiskusi. Kecerdasan bahasa anak dapat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan di sekitarnya.

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


Komunikasi anak dengan orang-orang yang ada di sekitarnya menggunakan bahasa. Kemampuan berbahasa anak dalam berkomunikasi akan lebih baik jika pembendaharaan katanya banyak. Pembendaharaan kata yang banyak dapat didapatkan salah satunya dengan membaca buku. Anak pun akan lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan berbicara di depan umum karena ia memiliki banyak kata dan kalimat.

3. Menambah informasi

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


Buku menyimpan banyak hal yang akan menambah informasi. Informasi yang didapatkan berupa berbagai ilmu pengetahuan bagi yang membaca sesuai dengan judul buku yang dibacanya. Begitu pun jika anak membaca buku akan menambah informasi ilmu pengetahuan bagi anak sendiri serta dapat menambah konsep baru yang akan menjadi pelajaran bagi hidup anak dalam kehidupan sehari-hari.

4. Melatih kemampuan berpikir logis

Manfaat Membaca Buku bagi Anak

Berpikir logis artinya berpikir dengan menggunakan logika, sehingga pemikirannya rasional dan masuk akal. Di sini anak akan membandingkan isi bacaan dengan kenyataan di lingkungannya. Jika ada hal yang tidak anak mengerti, maka anak akan bertanya kepada orang tua. Peran orang tua dalam hal ini haruslah selalu mengetahui terlebih dahulu buku bacaan yang akan anak baca dan menanyakan kepada anak jika ada isi yang tidak dimengerti.

5. Melatih konsentrasi

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


“Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis” (Henry Guntur Tarigan, 1984, hlm. 7). Dari pengertian di atas karena membaca adalah sebuah proses panjang dimana pembaca harus mendapatkan pesan yang disampaikan penulis, maka dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam memahami bahasa tulis tersebut. Sehingga jika anak dibiasakan membaca, maka otomatis anak melatih pula konsentrasinya. Hasilnya anak akan lebih konsentrasi dalam segala hal.

6. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


Buku merupakan sebuah bahasa tulis. Saat anak membaca buku ia akan memikirkan isi dari buku tersebut yang dapat membuka pikiran anak. Informasi yang anak terima akan membantu otak mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas. Karena anak akan terpancing untuk mengetahui lebih tentang hal tersebut.

7. Membentuk pola perilaku dan nilai sosial       

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


Pembentukan pola perilaku dan nilai sosial anak salah satunya dapat bersumber dari bacaan. Maka, tugas orang tua adalah memilihkan buku untuk anak yang terdapat pendidikan karakter di dalamnya. Dengan harapan setelah membaca buku, anak termotivasi untuk melakukan perilaku baik yang terdapat dalam bacaan.

8. Meningkatkan prestasi anak di Sekolah

Manfaat Membaca Buku bagi Anak


Prestasi salah satunya dapat dilihat dari pengetahuan-pengetahuan yang anak miliki, khususnya pelajaran sekolah. Melalui aktivitas membaca, anak akan memiliki banyak informasi bahkan lebih dari sekedar materi pelajaran. Sehingga anak yang rajin membaca akan berbeda dengan anak lainnya, dari segi informasi yang didapat anak. Lebih jauhnya hal ini akan berpengaruh pada prestasi anak di sekolah.

Referensi
Tarigan, H. G. (1984). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


EmoticonEmoticon