Thursday, 15 June 2017

Cerita Pendek Anak Tiga Bahasa (Indonesia-Sunda-Inggris) Ujian Renang? Siapa Takut!-Ujian Ngojay? Saha Nu SIeun!-Swimming Exam? No Need to Worry!



Ujian Renang? Siapa Takut!
Karya : Siti Putri Indriani
                    Rizki Siddiq Nugraha

Cerita Pendek Anak Tiga Bahasa (Indonesia-Sunda-Inggris) Ujian Renang? Siapa Takut!-Ujian Ngojay? Saha Nu SIeun!-Swimming Exam? No Need to Worry!
“Waktunya sudah habis, semuanya berkumpul di pinggir lapangan”, Pak Agus memanggil semua siswa kelas VI yang sedang bermain bola basket di lapangan. Lani, Intan, dan Suci serta semua siswa kelas VI menghampiri Pak Agus di lapangan. “Alhamdulillah, dua minggu lagi kalian sudah menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS). Seperti pemberitahuan yang sudah kalian dapatkan dari Ibu kepala sekolah bahwa untuk ujian mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga dilakukan selama dua hari, yaitu hari Jum’at dan Sabtu. Hari Jum’at kalian akan ujian bermain bola basket dan hari Sabtu akan ujian renang di kolam renang biasa. “Silahkan yang merasa belum bisa, dapat berlatih sebelum waktu ujian dihadapi. Untuk minggu depan tidak ada jam sekolah, kalian harus mempersiapkannya di rumah”, jelas Pak Agus mengingatkan kembali perihal ujian mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
“Yeee, aku belajar sama ayah besok, ayah kan sedang libur bekerja”, ujar Seli anak yang paling kaya di kelas tersebut. “Aku juga mau belajar sama abang ah, kuliahnya juga lagi libur”, jawab Rika sahabatnya Seli.
“Lan kamu mau belajar sama siapa?” tanya Intan kepada Lani. “Aku belajar sama papa aja”, jawab Lani. “Kalau kamu Suci?” tanya Intan dan Lani. “Kalau aku ga akan belajar kayanya, ibuku jaga warung dan aku ga percaya ibuku bisa renang, lagian aku udah terlanjur ga bisa. Gak masalah nilai aku kecil juga”, Suci menjawab dengan nada kecewa. “Gimana kalo kita belajar di rumahku yu, kan ada kolam renangnya. Nanti diajarin papa aku”, ajak Intan dengan semangat. “Aku kan ga bisa banget Tan, aku malu sama papa kamu”, jawab Suci. “Nanti kita ajarin kamu sebelum belajar sama papa Intan. Ya? Aku bantu kamu”, ajak Lani.
“iya Ci, kita pasti bantu kamu dan kamu pasti bisa”, Intan ikut menguatkan Suci agar dia mau ikut belajar renang. “Kalian yakin?” tanya Suci penasaran. “Iya dong”, jawab Lani dan Intan dengan kompak. “Aku senang punya sahabat seperti kalian, aku mau belajar, dan aku harus bisa”, Suci menjawab sambil terlihat senang. “Yeeee, nanti mama aku masakin makanan lezat buat kita ya”, ujar Intan sambil mereka bertiga berpelukan.
Esoknya, hari sangat cerah. Intan, Lani, dan Suci begitu senang belajar renang bareng bersama papa Intan. “Suci bisa, Suci bisa”, teriak kedua teman Suci itu dengan riang. Akhirnya Suci bisa berenang dan mereka siap untuk ujian minggu depan. “Anak-anak, papa, udah ya renangnya”, kata papa Intan. “Ayo makan dulu, makanannya sudah siap”, teriak ibunya Intan di pinggir kolam renang. “Asyik makan. Suci, Lani kita makan dulu”, ajak Intan dengan ceria.

Ujian Ngojay? Saha Nu Sieun!
Karya : Siti Putri Indriani
                     Rizki Siddiq Nugraha 

Cerita Pendek Anak Tiga Bahasa (Indonesia-Sunda-Inggris) Ujian Renang? Siapa Takut!-Ujian Ngojay? Saha Nu SIeun!-Swimming Exam? No Need to Worry!

“Waktuna séép, sadayana kumpul di sisi lapang”, Pak Agus ngageroan sakabéh murid kelas VI nu keur maén basket di lapang. Lani, Intan, jeung Suci oge sakabéh murid kelas VI nyamperkeun Pak Agus di lapang. “Alhamdulillah, dua minggu deui maranéh geus ngahadap Ujian Akhir Sakola (UAS). Saperti pengumuman nu geus diumumkeun ku Ibu kapala sakola yén jang ujian pelajaran Pendidikan Jasmani jeung Olahraga dilakukeun salila dua hari, nyaéta hari Jum’at jeung Sabtu. Hari Jum’at maranéh bakal ujian maén basket jeung hari Sabtu bakal ujian ngojay di kolam ngojay nu biasa. “Sok nu ngarasa can bisa, bisa latihan saacan engké ujian. Jang minggu hareup teu diajar di sakola, maranéh kudu nyiapkeun di imah”, jelas Pak Agus ngingetan deui perkawis ujian pelajaran Pendidikan Jasmani jeung Olahraga.
“Yeee, kuring diajar jeung pun bapa isuk, pun bapa kan nuju libur damel”, ceuk Seli budak nu paling beunghar di kelas éta. “Kuring gé reuk diajar  jeung pun lanceuk ah, kuliahna gé nuju libur”, jawab Rika sobatna Seli.
“Lan badé diajar sareng saha?” tanya Intan ka Lani. “Abi diajar sareng pun bapa wé”, jawab Lani. “Mun Suci?” tanya Intan jeung Lani. “Abi mah jiga na moal diajar, pun biang jaga warung jeung abi teu yakin pun biang tiasa ngojay, barina ogé tos terlanjut teu tiasa. Teu nanaon nilai abi alit gé”, Suci ngajawab beri kecéwa. “Kumaha mun urang diajar di bumi abi yu, kan aya kolam ngojayna. Engké diajarkeun bapa abi”, ajak Intan bari sumanget. “Abi kan teu tiasa pisan Tan, abi isin ka bapa na Intan”, jawab Suci. “Engké arurang ajarkeun saacan diajar sareng bapa Intan. Nya? Abi bantu Suci”, ajak Lani.
“Muhun Ci, urang duaan pasti bakal ngabantosan Suci sareng Suci pasti bisa”, Intan ngiring nguatkeun Suci méh manéhna hoyong ngiring diajar ngojay. “Aranjeun yakin?” tanya Suci panasaran. “Nya muhun”, jawab Lani jeung Intan kompak. “Abi atoh gaduh sobat jiga anjeun, abi hoyong diajar, sareng abi kedah tiasa”, Suci ngajawab bari katingal gumbira. “Yeeee, engké mamah abi masak emameun nu énak kanggo arurang nya”, ceuk Intan beri manéhna tiluan silih nangkeup.
Isukna, hari panas pisan. Intan, Lani, jeung Suci gumbira diajar ngojay babarengan bapa na Intan. “Suci tiasa, Suci tiasa”, gorowok dua sobat Suci éta bari gumbira. Akhirna Suci tiasa ngojay jeung sadayana siap kanggo ujian minggu payun. “Barudak, bapa, tos heula nya ngojayna”, saur bapa na Intan. “Hayu emam heula, emameunna tos siap”, gorowok ibuna Intan di sisi kolam ngojay. “Asik emam. Suci, Lani hayu emam heula”, ajak Intan beri gumbira.

Swimming Exam? No Need to Worry!
Created by : Siti Putri Indriani
                            Rizki Siddiq Nugraha 

Cerita Pendek Anak Tiga Bahasa (Indonesia-Sunda-Inggris) Ujian Renang? Siapa Takut!-Ujian Ngojay? Saha Nu SIeun!-Swimming Exam? No Need to Worry!

“The time is up, all gathered on the sidelines”, Mr. Agus calling all the VI grade who playing basketball in the field. Lani, Intan, and Suci and all VI grade students approached Mr. Agus in the field. “Alhamdulillah, in two weeks you are already facing the Final Examination School (UAS). Like the notices you’ve got from the principal that for the exam of subjects of Physical Education and Sport conducted for two days, Friday and Saturday. Friday you will have a basketball test and Saturday will be swimming exam in a regular swimming pool. “If you feel that you can not, you can practice before the exam time is faced. For the next week there are no school hours, you have to prepare at home”, clearly Mr. Agus recall the subject of Physical Education and Sport.
“Yeee, i’m learning with my father tommorow, my father is off to work”, said Seli the richest child in the class. “I also want to learn together with my brother, his college is also more holiday”, replied Rika, Seli’s friend.
“Lan you learn with who?” asked Intan to Lani. “I learning with my father”, replied Lani. “If you Suci?” asked Intan and Lani. “I think, i not going to learn, my mother keep a store and i do not believe my mother can swim, anyway i’ve already can’t swim. No problem if my result is bad”, Suci answered with disappointed tone. “How if we learn in my house come on, there is a swimming pool. Later we learn with my father”, invite Intan with passion. “I really can’t swim, i’m ashamed to your father”, replied Suci. “Later we teach you before learning with my father. Yes? I will help you”, invite Lani.
“Yes Ci, we will help you and you can”, Intan participates in strengthening Suci so she will participate in swimming learning. “Are you sure?” asked Suci curiously. “Sure”, answered Lani and Intan with compact. “I love having friends like you, i want to learn, and i should be able to”, Suci answered while looking pleased. “Yeeee, later my mother cook delicious food for us”, said Intan while the three of them hugged.
The next day, the day was very bright. Intan, Lani, and Suci are so happy to learn swimming together with Intan’s father. “Suci you can, Suci you can”, the two friends shouted cheerfully. Finally Suci can swim and they are ready for next week exam. “Children, papa already finish swim”, said Intan’s father. “Lets eat first, the food is ready”, shouted Intan’s mother at the edge of the pool. “Hooray we eat. Suci, Lani we eat first”, invite Intan cheerfully.

2 comments


EmoticonEmoticon