Thursday, 10 August 2017

Membuat Kertas Daur Ulang

Membuat Kertas Daur Ulang
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Kertas adalah suatu bahan yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Kertas bekas banyak dihasilkan di lingkungan sekolah, perkantoran, perumahan, maupun di jalan raya. Sering kali kertas bekas ini ditimbun begitu saja. Padahal sampah kertas cukup sulit untuk terurai. Maka, perlu ada upaya untuk mendaur ulang sampah kertas agar sampah kertas tersebut memiliki daya guna kembali.
Adapun alternatif untuk mendaur ulang sampah kertas adalah membuat kertas daur ulang. Membuat kertas daur ulang memerlukan alat dan bahan, sebagai berikut:
1. Alat-alat
a. 2 bingkai saringan atau screen untuk sablon (40 cm x 50 cm/20 cm x 30 cm)

Membuat Kertas Daur Ulang

b. Blender

Membuat Kertas Daur Ulang

c. 2 buah ember

Membuat Kertas Daur Ulang

d. Meja

Membuat Kertas Daur Ulang

e. Gelas ukur

Membuat Kertas Daur Ulang

f. Pipa

Membuat Kertas Daur Ulang

g. Papan tebal/batako

Membuat Kertas Daur Ulang

h. Parutan

Membuat Kertas Daur Ulang

2. Bahan
a. Air

Membuat Kertas Daur Ulang

b. Kanji

Membuat Kertas Daur Ulang

c. Kertas bekas

Membuat Kertas Daur Ulang

d. Beberapa lembar kain keras

Membuat Kertas Daur Ulang

Adapun langkah kerjanya, sebagai berikut:
1. Membuat bubur kertas
Kertas bekas sebanyak 1 kg direndam ke dalam ember berisi air selama 12-24 jam. Kertas yang telah direndam diparut hingga hancur, selanjutnya diblender sampai menjadi bubur. Bubur kertas dikumpulkan di dalam ember.
2. Membuat air kanji
150 gram kanji dicampur dengan 300 ml air. Hangatkan 2 liter air. Kemudian campurkan antara air kanji dengan air yang telah dihangatkan.
3. Ember diisi dengan 30 liter air dan ditambahkan 500 ml air kanji. Sisa air kanji tersebut tuangkan ke dalam bubur kertas dan diaduk.
4. Tuangkan 2 liter bubur kertas ke dalam ember dan diaduk. Tarus selembar kain keras di atas meja.
5. 2 bingkai saringan digabungkan dengan posisi saringan berada di tengah-tengah di antara bingkai.
6.. Saringan dimasukkan ke dalam ember, kemudian cetakan yang telah berisi bubur kertas diangkat perlahan-lahan.
7. Bingkai bagian atas dilepaskan, maka akan terlihat lapisan bubur kertas di atas bingkai saringan. Lapisan bubur kertas ditempelkan di kain keras yang telah disediakan, air yang terbawa di saringan dihilangkan dengan menggunakan pipa, kemudian bingkai saringan diangkat, maka tampak lembaran kertas basah menempel di kain keras.
8. Lembaran kain keras ditaruh lagi di lembaran yang sudah terisi kertas basah sebelumnya dan ulangi langkah 6 sampai 8, sampai mendapatkan delapan (8) lembar kertas daur ulang.
9. Apabila ingin membuat lebih dari 8 lembar kertas daur ulang, maka ditambahkan 1 liter bubur kertas ke dalam ember dan ulangi langkah 6 sampai 9.
10. Sesudah beberapa lapis pres dengan menaruh papan besar di atasnya dan beri pemberat (batako atau bato), biarkan selama sekitar 1 jam agar airnya berkurang. Sebelum diangkat pastikan sudah cukup kering.
11. Kain keras yang sudah terisi lembaran kertas basah diangkat satu per satu dan jemur di tempat teduh 6-8 jam. Apabila sudah setengah kering, dapat dijemur langsung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
12. Jika ingin membuat dengan corak khusus dapat dilakukan beberapa proses tempelan, proses campuran, dan proses pres.
13. Pada proses tempelan, sebelum menutup campuran bubur kertas dengan kain keras yang sudah dibasahi, tempelkan bunga, rumput, atau daun-daun kecil di atasnya.
14. Pada proses campuran, ketika memblender kertas, tambahkan bunga, rumput, atau bahan alami lain yang akan memberikan warna atau pola khusus.
15. Pada proses pres, ketika sedang mengepres kertasnya, taruhlah daun atau sesuatu yang bermotif bagus. Taruhlah papan di atasnya dan beri pemberat.
16. Mewarnai kertas daur ulang dapat memakai sejumlah pewarna alami, seperti kunyit, daun jati, daun pandan wangi, gambir, pacar cina, dan nila.

Membuat Kertas Daur Ulang

Contoh Hasil Kertas Daur Ulang


EmoticonEmoticon