Wednesday, 15 November 2017

Rangku Alu



Rangku Alu
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Permainan Tradisional Rangku Alu

Permainan tradisional rangku alu berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada masyarakat NTT, rangku alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan pertanian. Rangku alu merupakan permainan tradisional yang menggunakan bambu sebagai alat permainan.
Alat yang digunakan dalam permainan tradisional rangku alu sangat sederhana dan mudah didapatkan. Alat yang digunakan, yakni empat buah bambu dengan panjang kurang lebih dua meter.
Untuk dapat memainkan permainan rangku alu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar permainan tersebut dapat berjalan dengan baik, sebagai berikut:
1. Pemain terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok yang bermain dan kelompok yang menjaga. Kelompok yang menjaga menggerak-gerakkan bambu (empat orang berjongkok membentuk bidang persegi dan memegang dua bambu) sambil menyanyi.
2. Kelompok yang mendapat giliran bermain, secara bergiliran akan melompat ke sela-sela bambu. Mereka harus menghindari jepitan bambu. Pemain akan masuk dalam bidang persegi dan melompat-lompat sesuai irama buka-tutup bambu.
Ketika bermain, bambu yang digerakkan menghasilkan irama yang berpola. Permainan akan jauh lebih menarik dengan menyanyi bersama-sama mengikuti pola irama suara bambu. Salah satu lagu yang biasa digunakan untuk mengiringi permainan rangku alu adalah lagu Ampar-Ampar Pisang. Adapun syairnya, sebagai berikut:

Ampar-ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi, dihurung bari-bari 2x

Manggalepak, manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api,
apinya cang curupun

Nang mana batis kutung, dikitip bidawang 2x

Rangku alu tidak hanya sekedar permainan tradisional biasa. Selain sebagai sarana perayaan dan hiburan, permainan rangku alu juga dapat menjadi sarana edukasi dan pembentukan diri. Pada permainan ini dapat melatih konsentrasi, kelincahan dalam bertindak, dan ketangkasan jasmani.
Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal. Konsentrasi sangat diperlukan dalam permainan rangku alu, terutama konsentrasi antara gerak kaki dan gerak bambu yang dimainkan. Apabila konsentrasi kita kurang maka kaki akan terjepit bambu.
Kelincahan merupakan kemampuan untuk mengubah arah secara cepat tanpa menimbulkan gangguan pada keseimbangan. Seseorang dikatakan memiliki kelincahan jika ia dapat bergerak secara cepat, sekaligus dapat mengubah arah secara cepat pula tanpa terganggu keseimbangannya. Pada permainan ini kelincahan jelas sangat diperlukan.
Ketangkasan jasmani (motor skill fitness) adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang dikoordinir. Pada hal ini diperlukan keterampilan tertentu dan kemampuan daya tahan. Pada gerakan yang dikoordinir terpadu komponen-komponen mempertahankan keseimbangan, fleksibilitas, ketangkasan, kekuatan, bergerak sekonyong-konyong (agility), sehingga untuk semua ini diperlukan kekuatan otot dan daya tahan.


EmoticonEmoticon