Wednesday, 7 February 2018

Bola Bekel



Bola Bekel
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Bola Bekel

Bola bekel adalah salah satu jenis permainan tradisional di Indonesia. Permainan ini dimainkan di kala senggang atau saat pulang sekolah. Bola bekel biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan dengan jumlah pemain antara dua (2) sampai empat (4) orang. Permainan ini bersifat kompetitif atau dapat dipertandingkan dengan aturan-aturan yang disepakati bersama.
Alat-alat yang dibutuhkan dalam permainan bola bekel, yakni bola karet dan biji bekel. Bola ini terbuat dari karet, besarnya kira-kira seukuran bola pingpong. Bola ini biasanya berwarna-warni dengan motif yang menarik. Biji bekel berukuran kecil, biasanya terbuat dari kuningan yang berjumlah lima (5) buah.

Bola Bekel
Bola dan Biji Bekel

Cara memainkan bola bekel, sebagai berikut:
1. Pemain mengenggam seluruh biji bekel dan menyebar seluruhnya ke lantai sambil melemparkan bola bekel ke atas dan menangkapnya. Biji bekel diambil satu-satu sampai habis. Ulangi lagi menyebar seluruh biji bekel dan diambil 2 biji bekel, diambil 3 biji bekel, diambil 4 biji bekel, terakhir 5 biji bekel diraup sekaligus.
2. Balik posisi biji bekel menghadap ke atas semua satu persatu. Ulangi terus sampai seluruh permukaan biji bekel menghadap ke atas semua. Lalu ambil satu biji bekel, ambil 2 biji bekel, ambil 3 biji bekel, ambil 4 biji bekel, terakhir raup seluruh biji bekel.
3. Balik posisi biji bekel menghadap ke bawah dan ulangi langkah seperti langkah kedua dengan mengambil biji bekel 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
4. Balik seluruh posisi biji bekel bagian permukaan yang halus menghadap ke atas lalu ambil biji bekel seperti langkah ketiga.
5. Balik posisi biji bekel permukaan kasar menghadap ke atas semua, lalu ambil biji bekel seperti langkah selanjutnya.
6. Langkah terakhir dinamakan nasgopel. Balik posisi biji bekel menghadap ke atas semua, kemudian balik lagi semuanya menghadap ke bawah semua, terus permukaan halus menghadap ke atas semua, dan terakhir balik satu persatu permukaan kasar menghadap ke atas semua. Raup seluruh biji bekel dalam sekali genggaman. Bila ada kesalahan dalam langkah nasgopel ini pemain harus mengulang ke langkah awal nasgopel. Pemain yang bisa melewati tahap ini dinyatakan sudah menang dan berhak untuk istirahat sambil menonton teman-temannya yang belum bisa menyelesaikan permainan.
Permainan bola bekel ini selain menarik juga bermanfaat. Permainan ini melatih anak untuk terampil dan cekatan. Di samping itu, diperlukan strategi bagaimana menebar biji bekel agar jatuh dengan posisi yang menguntungkan. Pemain harus teliti, berhati-hati dalam membolak-balikkan biji bekel agat tidak menyentuh biji bekel yang lain. Pemain juga harus memperhatikan bola yang dilempar. Artinya, permainan ini melatih anak untuk dapat berpikir cepat dan tepat. Lebih dari itu, permainan ini mengajak anak untuk hidup bersosial, karena bola bekel tentunya lebih seru apabila dimainkan dengan teman.


EmoticonEmoticon