Saturday, 7 April 2018

Bahasa Petunjuk


Bahasa Petunjuk
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Petunjuk adalah ketentuan yang memberikan arah atau bimbingan bagaimana sesuatu harus dilakukan. Misalnya, petunjuk penggunaan, petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional, dan petunjuk pemakaian. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat dengan mudah menemukan petunjuk pada bungkus makanan instan, obat-obatan, kemasan produk, atau mainan rakitan. Petunjuk tersebut harus disusun berdasarkan urutan atau tahapan pengerjaan. Akan lebih baik jika petunjuk tersebut dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan isi petunjuk.
Sebuah petunjuk yang baik perlu memperhatikan bahasa yang digunakan pada sebuah petunjuk agar petunjuk tersebut mudah diikuti oleh orang yang hendak membuat, memakai, atau melakukan sesuatu dengan suatu barang atau produk tertentu. Ciri ragam bahasa petunjuk, antara lain:

1. Singkat dan informatif
Bahasa petunjuk harus singkat berarti dalam petunjuk tersebut hanya mencantumkan hal-hal yang dianggap penting dan bahasa yang digunakan pun harus informatif, artinya berisi langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemakai/pengguna.

2. Tidak menyesatkan (logis)
Bahasa petunjuk tidak boleh menyesatkan. Artinya, langkah-langkah diberikan tersebut harus berurut dan sistematis. Antara urutan yang satu dan urutan yang lain harus praktis, logis, dan tidak menimbulkan penafsiran ganda pada pemakai.

3. Langsung menuju kepada hal yang akan dilakukan
Bahasa petunjuk harus langsung kepada hal-hal yang akan dilakukan. Artinya, langkah-langkah yang dicantumkan hanya langkah-langkah yang penting dan tidak bertele-tele agar tidak terjadi ketumpangtindihan informasi. Bahasa yang digunakan harus jelas dan lugas atau menggunakan kata-kata yang sudah umum digunakan. Tidak lupa untuk menambahkan gambar agar petunjuk tersebut lebih jelas dan menarik.

Contoh teks bahasa petunjuk, sebagai berikut:

Cara Membuat Es Cappucino Cincau


EmoticonEmoticon