Saturday, 21 April 2018

Insaniquarium


Insaniquarium
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

insaniquarium deluxe

Insaniquarium adalah game simulasi aquarium buatan Flyng Bear Entertainment dan PopCap Games. Nama Insaniquarium berasal dari kata bahasa Inggris insanity dan aquarium yang berarti kegilaan/keseruan dalam sebuah aquarium ikan. Versi pertama game ini dikembangkan oleh Flyng Bear Entertainment dan dirilis pada tanggal 2 Mei 2002, sedangkan versi deluxe dirilis dua tahun kemudian, yakni pada tanggal 1 September 2004, bekerja sama dengan PopCap Games. Game ini memiliki spesifikasi yang cukup rendah dan dapat dimainkan pada semua jenis Personal Computer (PC) atau laptop pada masa sekarang.
Insaniquarium menyuguhkan tokoh-tokoh hewan air yang lucu dan grafik yang terbilang cukup bagus pada masanya. Game ini memiliki empat mode permainan, yakni adventure, challenge, time trial, dan virtual tank. Mode adventure adalah mode utama. Pemain harus mengumpulkan uang dengan cara beternak ikan mas dan mencapai suatu target tertentu pada setiap levelnya. Mode challenge adalah mode yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari mode adventure di mana harga barang-barang jauh lebih mahal. Mode time trial memiliki tujuan utama untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya sampai waktu yang ditentukan habis. Adapun pada mode virtual tank, pemain secara santai dapat mengumpulkan dan mengoleksi ikan di sebuah aquarium, menghiasnya, dan mengembangbiakan ikan dengan tujuan untuk bersenang-senang. Sebagai bonus, aquarium pada mode virtual tank ini dapat ditampilkan sebagai screen saver pada PC/laptop kita.
Jangkauan usia pemain pada game ini terbilang cukup luas karena dapat dimainkan oleh segala usia, baik anak hingga orang dewasa dapat menikmati bermain game simulasi aquarium ini. Game ini direkomendasikan terlebih untuk anak yang memiliki minat terhadap hewan, senang memelihara hewan, terutama ikan dan hewan laut lainnya.
Game Insaniquarium mendapat rating yang cukup besar, yakni 9,5/10 di steamcommunity. Game ini dapat melatih kecepatan, kesabaran, dan ketelatenan dari pemain. Pada permainan utamanya, yakni mode adventure, pemain diharuskan memelihara ikan dan menjaga dari serangan alien yang akan bertambah sulit pada setiap levelnya. Pada setiap level yang sukses diselesaikan, kita akan mendapat satu ekor hewan pembantu baru, di mana terdapat 20 hewan pembantu yang tersedia dan masing-masing memiliki fungsi beragam, seperti membantu memberi makan ikan, membantu menyerang alien, dan sebagainya. Ditambah pada mode challenge yang sangat sulit dan mode time trial yang memicu kecepatan tangan, menambah keseruan pada saat memainkan game ini.
Adapun sejumlah hal yang mendidik dari game Insaniquarium, di antaranya:

1. Mengenalkan beragam jenis hewan air

Insaniquarium sebagai rekomendasi game mendidik bagi anak

Pada game Insaniquarium, anak akan diperkenalkan dengan beragam jenis hewan air, antara lain ikan mas, siput laut, gurita, kerang, kepiting, kuda laut, ikan paus, kura-kura, ikan pari, belut listrik, dan beragam jenis hewan air lainnya. Sebagai tambahan terdapat juga jenis ikan khayalan untuk membuat game ini semakin menarik, seperti putri duyung, ikan besi, dan tulang ikan.

2. Melatih kecepatan, kesabaran, dan ketelatenan pemain

Insaniquarium sebagai rekomendasi game mendidik bagi anak

Pada dasarnya game Insaniquarium adalah game simulasi aquarium yang mengharuskan pemainnya untuk membeli bibit ikan kecil, memberi makan ikan, mengumpulkan koin yang dihasilkan dari ikan, dan menjaga ikan dari serangan alien. Untuk melakukan kesemuaan hal tersebut tentunya secara tidak langsung dapat melatih kecepatan, kesabaran, dan ketelatenan dari pemain dalam menyelesaikan seluruh level pada game ini.

3. Pemain seolah memiliki aquarium pribadi

Insaniquarium sebagai rekomendasi game mendidik bagi anak

Salah satu mode yang terdapat pada game Insaniquarium adalah mode virtual tank. Pada mode ini pemain bebas untuk membeli ikan yang disukai untuk dipelihara dalam aquarium pribadi. Selain itu, aquarium tersebut juga dapat dihias sesuai dengan kehendak dari pemain. Dengan demikian, pemain seolah memiliki aquarium pribadi untuk dirawat.

4. Melatih anak menggerakkan pointer mouse dengan tepat

Insaniquarium sebagai rekomendasi game mendidik bagi anak

Game Insaniquarium dapat dimainkan pada PC/laptop dan lebih khusus dimainkan dengan cara menggerakkan pointer mouse. Pointer mouse digunakan hampir pada seluruh elemen game ini, baik untuk memberi makan ikan pada tempat yang diinginkan, untuk mengambil koin yang dijatuhkan setiap ikan, dan mengusir alien yang menyerang ikan. Untuk itu, game ini sangat melatih anak dalam menggerakkan pointer mouse dengan tepat.


EmoticonEmoticon