Sunday, 1 April 2018

Loncat Indah


Loncat Indah
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

funcy diving

Loncat indah merupakan salah satu cabang olahraga air. Olahraga loncat indah dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan funcy diving. Pada dasarnya olahraga loncat indah merupakan penggabungan olahraga senam dan seni kelenturan tubuh yang dimainkan dari suatu ketinggian air. Aspek yang menjadi penilaian adalah keindahan dan ketepatan dari suatu gerakan. Gerakan inilah yang menyerupai senam, seperti salto ke depan, salto ke belakang, salto kontra, salto ke dalam, skrup, dan gabungan antara salto dan skrup.
Menyelam ke dalam air merupakan metode yang dilakukan oleh para pesenam di Jerman dan Swedia sejak awal abad ke 19. Soft landing diperbolehkan untuk mendapatkan gerakan yang lebih baik saat melakukan senam di udara yang bisa diperoleh dari hasil lompatan pada jarak yang jauh. Tradisi ini disebut dengan istilah funcy diving.
Di Inggris, praktik menyelam dari ketinggian menjadi populer. Pada tahun 1893, stage untuk funcy diving didirikan pertama kali di Highgate Ponds dengan ketinggian mencapai 15 kaki. Kejuaran dunia pertama, yakni National Graceful Diving Saving Society di tahun 1895 terdiri atas berdiri dan berjalan penyelematan baik dari 15 atau 30 kaki. Pada acara inilah, funcy diving diperkenalkan sebagai alah satu olahraga oleh atlet Otto Hagborg dan C. F. Mauritzi. Mereka menunjukkan teknik akrobatik mereka dari papan setinggi 10 m, kemudian menyelam di kolam Highgate. Pertunjukan ini kemudian merangsang pembentukan Amateur Diving Association pada tahun 1901 yang merupakan organisasi pertama yang ditujukan untuk fancy diving.
Fancy diving mulai diperkenalkan pada tahun 1908, di olimpiade yang diselenggarakan di London, serta diperkenalkan penggunaan papan elastik. Pada tahun 1912 di Olimpiade Stockholm, atlet wanita diizinkan untuk berpartisipasi dalam cabang ini. Kemudian funcy diving menjadi suatu event yang disebut dengan highboard diving. Acara ini diadakan di dalam ruangan di tahun 1934 bertempat di Kekaisaran Renang untuk British Empire Games dan Olimpiade Musim Panas 1948 di London.
Loncat indah pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada Pekan Olahraga Nasional (PON) III di Medan, tahun 1953. Peloncat indah yang terkenal pada tahun 1960-an adalah Lanny Gumulya yang menang dalam Asian Games ke 5 di Jakarta. Lalu adiknya, Billy Gumulya menjuarai nomor 3 meter putra pada PON VII, di Surabaya tahun 1969.
Perkembangan loncat indah di Indonesia belum begitu pesat, namun olahraga ini kini mulai populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Loncat indah di Indonesia berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBRSI). Walaupun demikian, loncat indah memiliki teknik dan gaya tersendiri yang berbeda dengan renang pada umumnya.
Loncat indah merupakan perpaduan gerakan akrobatik di udara dan loncatan. Pada dasarnya loncat indah terdiri atas loncatan yang dimulai dari langkah take off  atau pantulan take off kemudian masuk ke air. Penggunaan papan loncat adalah kombinasi dari gerakan saat di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air.
Pada saat melakukan awalan, peloncat berjalan dua langkah seperti berjalan dan langkah ketiga seperti langkah berlari. Lompatan dan langkah yang ketiga pelaksanaannya tidak terpisah, lompatan mulai pada saat sebelah kaki diletakkan untuk ke langkah yang ketiga tersebut. Pada waktu lepas dari papan loncat, baik pada awalan depan maupun awalan belakang, posisi tubuh serta gerakan-gerakan dari kedua lengan sama saja seperti pada lompatan ke atas yang biasa.
Adapun bagian-bagian dari awalan, sebagai berikut:
1. Penampilan.
2. Langkah pertama dan kedua.
3. Langkah ketiga dan take off ke lompatan.
4. Lompatan, pentingnya lompatan yang panjang, dan menurunkan lutut yang terangkat pada saat lompatan.
5. Take off ke loncatan.
Terdapat juga take off ke belakang. Gerakan ini dilakukan di ujung papan, kemudian berbalik dan berdiri menghadap ke belakang. Untuk berbalik tidak diperlukan cara khusus, sebab loncatan secara resmi barulah dimulai pada saat mengambil posisi di ujung papan serta kedua lengan diturunkan.
Teknik loncat indah merupakan perpaduan teknik senam dan seni kelenturan tubuh. Walaupun terlihat sulit, tetapi sebenarnya teknik loncat indah dapat dipelajari semua orang. Untuk mempelajari teknik loncat indah memang perlu kemauan yang keras dan tentunya kemampuan berenang. Untuk permulaan dapat mencoba dengan mulai berlatih teknik loncat dengan gerakan loncatan yang sederhana dari pinggir kolam, jangan langsung mencoba pada papan loncat yang terlalu tinggi.
Mulailah dengan gerakan loncat yang sederhana, seperti loncatan disertai salto ke depan atau ke belakang. Jika masih ragu-ragu dalam melakukannya, cobalah dengan gerakan loncat ke dalam kolam renang terlebih dahulu. Barulah jika keberanian sudah terkumpul, peloncat bisa mencoba teknik salto ke depan atau ke belakang. Kemudian dapat dilanjutkan dengan mencoba melakukan loncatan dari papan loncat. Pada saat mempraktikkan teknik loncat indah, peloncat harus yakin agar loncatan yang dihasilkan telihat indah dan tidak menimbulkan cedera atau kecelakaan yang membahayakan. Pastikan juga kolam renang memiliki kedalaman yang cukup sebelum melakukan loncatan.


EmoticonEmoticon