Wednesday, 30 May 2018

Diamond no Ace


Diamond no Ace
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

tontonan mendidik bagi anak Diamond no Ace

Diamond no Ace adalah manga shonen yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yuji Terajima dan dipublikasikan oleh Kodansha. Manga ini mulai diserialisasikan oleh Weekly Shonen Magazine sejak tahun 2006 dan memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Awards pada tahun 2008 serta Kodansha Manga Awards pada tahun 2010. Manga ini mendapatkan adaptasi anime season 1 pada tanggal 3 Oktober 2013 sebanyak 75 episode. Selanjutnya anime season 2 tayang perdana pada tanggal 6 April 2015 sebanyak 51 episode.
Seri anime Diamond no Ace mengisahkan Eijun Sawamura, seorang pemain baseball yang berposisi sebagai pitcher. Ia memiliki kemampuan yang unik dalam melempar bola, yakni menggunakan tangan kiri dan memiliki pose melempar yang unik. Awalnya Sawamura berencana untuk bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) lokal dan membentuk tim baseball bersama teman-temannya di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sampai suatu hari, ia didatangi oleh seorang pencari bakat yang mengajaknya untuk bergabung ke SMA baseball terkenal, yakni SMA Seidou. Sawamura ragu dan memutuskan untuk berkunjung terlebih dahulu ke SMA Seidou sambil memikirkan keputusannya. Pada kunjungannya tersebut, ia bertemu dengan para pemain Seidou yang hebat. Hal ini membuat pandangannya terhadap masa depan berubah. Akhirnya, ia memutuskan untuk bergabung ke SMA Seidou untuk mewujudkan impiannya lolos ke turnamen nasional baseball SMA dan dapat menjuarai turnamen tersebut. Ia juga bertekad untuk menjadi seorang pitcher yang hebat dan menjadi seorang ace (seseorang yang diandalkan dalam tim, biasanya ditandai dengan mengenakan nomor punggung satu).
Sepanjang seri anime Diamond no Ace cerita berpusat pada perjalanan Eijun Sawamura dalam menjalani kehidupan baseball barunya di SMA Seidou, mulai dari latihan, latih tanding, sampai bertanding dengan tim baseball kuat lainnya. Perjalanan yang dihadapi oleh Eijun Sawamura tidaklah mulus. Di awal seri, tim baseball SMA Seidou mengalami sejumlah kekalahan, bahkan Eijun Sawamura awalnya hanya merupakan seorang pemain cadangan di tim tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, dibarengi dengan tekad pantang menyerah dan latihan yang keras, tim baseball SMA Seidou mulai menemukan permainan terbaiknya bersama Eijun Sawamura yang perlahan-lahan menjadi pemain andalan dari tim.
Anime Diamond no Ace aman ditonton anak karena bebas dari adegan kekerasan maupun adegan seksual. Anime ini banyak mengajarkan tentang arti pertemanan, pantang menyerah, dan kerja keras. Diamond no Ace sangat cocok ditonton anak yang memiliki minat lebih terhadap olahraga, terutama olahraga baseball.
Berikut tokoh-tokoh yang terdapat pada seri Diamond no Ace:

1. Eijun Sawamura

Diamond no Ace

Sawamura adalah karakter utama dalam anime Diamond no Ace. Sawamura berposisi sebagai pitcher dan merupakan seorang pelempar kidal. Sawamura memiliki keterampilan memukul di bawah rata-rata, namun sangat menguasai teknik bunt, yakni pukulan tanpa ayunan. Sawamura memiliki sifat ceria, penuh semangat, dan cenderung berisik. Di awal seri, Sawamura hanyalah pemain cadangan dan tidak banyak mendapatkan kesempatan untuk bermain. Tetapi setelah menunjukkan perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu, Sawamura mulai dipercaya menjadi pilihan utama dalam tim.

2. Haruichi Kominato

Diamond no Ace

Haruichi berposisi sebagai first base man dan merupakan pemukul andalan dalam tim. Haruichi memiliki ciri khas, yakni menggunakan pemukul kayu (wooden bat). Haruichi memiliki sifat pendiam, ramah, dan tekun. Di awal seri, Haruichi selalu berada di bawah bayang-bayang kakaknya dan tidak pernah melebihi kemampuan yang dimiliki kakaknya. Namun, kemudian ia membuktikan bahwa ia dapat melampaui kakaknya dan menjadi pemain andalan tim.

3. Kazuya Miyuki

Diamond no Ace

Miyuki merupakan kapten dari tim. Miyuki berposisi sebagai catcher dan dijuluki sebagai seorang catcher jenius. Miyuki sangat diandalkan dalam tim berkenaan dengan urusan mencetak angka, karena Miyuki sering melakukan pukulan home run. Miyuki memiliki sifat yang dapat diandalkan, percaya terhadap kekuatan tim, dan keras terhadap dirinya sendiri.

4. Satoru Furuya

Diamond no Ace

Furuya adalah rival Sawamura di dalam tim karena memiliki posisi yang sama, yakni seorang pitcher. Furuya memiliki sifat dingin, tidak banyak bicara, dan serius. Furuya memiliki ambisi untuk menjadi pemain pitcher terbaik di Jepang. Di awal seri, Furuya lebih unggul dari Sawamura dan terpilih menjadi ace dari tim. Furuya memiliki lemparan yang sangat cepat, namun memiliki permasalahan terhadap kontrol lemparan. Pada pertengahan seri, Furuya mengalami cedera dan lambat laun mengalami penurunan performa permainan.

5. Kuramochi Yoichi

Diamond no Ace

Kuramochi adalah seorang wakil kapten tim. Kuramochi berposisi sebagai short stop dan merupakan pelari tercepat yang ada dalam tim. Oleh karena itu, ia sering mendapat giliran pertama dalam memukul untuk membuka peluang tim dalam mencetak angka. Kuramochi memiliki sifat periang dan ramah terhadap junior.

6. Takigawa Chris Yu

Diamond no Ace

Chris adalah seorang catcher dalam tim dan merupakan senior dari Miyuki. Chris memiliki level permainan yang mendekati pemain profesional, namun mengalami cedera fatal sehingga mengakibatkan ia harus berhenti untuk bermain baseball. Di tengah keputusasaan yang ia alami, ia bertemu dengan Sawamura yang periang dan pantang menyerah. Chris merupakan orang pertama yang menyadari dan percaya bahwa Sawamura memiliki potensi untuk menjadi pemain yang hebat.

7. Kataoka Tesshin

Diamond no Ace

Kataoka merupakan pelatih dari tim SMA Seidou. Kataoka sangat keras dalam melatih tim, namun juga sangat memperhatikan perkembangan dari masing-masing pemain.

8. Narumiya Mei

Diamond no Ace

Narumiya merupakan seorang pitcher tim SMA SMA Inashiro. Narumiya adalah seorang pitcher jenius yang berhasil membawa tim SMA Inashiro menjadi juara dua nasional di kejuaraan baseball nasional. Tim SMA Seidou berulang kali kalah dari tim SMA Inashiro.

Anime Diamond no Ace memiliki sejumlah hal positif dan mendidik bagi anak, yaitu:

1. Mengajarkan dasar-dasar olahraga baseball

Diamond no Ace

Diamond no Ace mengilustrasikan olahraga baseball secara nyata. Sepanjang seri Diamond no Ace kita diperkenalkan mengenai dasar-dasar olahraga baseball, seperti jumlah pemain, terdapat tim yang menyerang dan bertahan secara bergantian, cara mencetak angka, cara bertahan, dan sebagainya. Di samping itu, kita juga diperkenalkan dengan sejumlah istilah yang digunakan dalam olahraga baseball, seperti posisi pemain, yakni pitcher, catcher, short stop, center, base man, infield, outfield, atau istilah-istilah lain, seperti out, strike, foul, home run, home in, dan sebagainya.

2. Mengajarkan untuk bangkit dari kegagalan

Diamond no Ace

Pada awal seri, tim SMA Seidou mengalami banyak kekalahan. Di sisi lain, Sawamura awalnya hanya merupakan pemain cadangan dan jarang diberi kesempatan untuk bermain. Namun, berkat usaha keras dan latihan yang tekun, Sawamura perlahan tapi pasti menjadi pilihan utama dalam tim dan membawa tim SMA Seidou menuju kemenangan.

3. Mengambil peluang untuk maju

Diamond no Ace

Sawamura dihadapkan atas dua pilihan, yakni masuk ke SMA lokal bersama teman-temannya atau berkelana untuk masuk ke SMA Seidou, yakni tim SMA baseball terkenal yang memiliki tujuan untuk menjuarai tunamen nasional baseball SMA. Setelah Sawamura berkunjung ke SMA Seidou dan bertemu dengan banyak pemain baseball hebat di SMA Seidou, ia memutuskan untuk mengambil peluang tersebut dan bercita-cita membawa tim baseball SMA Seidou untuk menjuarai turnamen nasional baseball SMA.

4. Berlatih keras kunci dari kesuksesan

Diamond no Ace

Pada sepanjang seri Diamond no Ace, pemain tim SMA Seidou sering kali diperlihatkan berlatih keras. Mereka sangat tekun dalam berlatih dan hasil dari latihan tersebut terlihat dari kemenangan demi kemenangan yang mulai tim SMA Seidou raih.


EmoticonEmoticon