Wednesday, 2 May 2018

Habitat Tumbuhan dan Hewan


Habitat Tumbuhan dan Hewan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Setiap makluk hidup mempunyai rumah untuk tempat tinggal. Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya dan dengan makhluk hidup lain. Hampir semua tempat di dunia ini telah dihuni oleh makhluk hidup. Tempat di mana tumbuhan atau hewan hidup disebut habitat. Habitat adalah tempat tumbuhan atau hewan tinggal dan berkembang biak. Habitat adalah lingkungan fisik di sekitar makhluk hidup yang mempengaruhi dan dimanfaatkan oleh makhluk hidup tersebut.
Sejumlah habitat berukuran sangat luas, seperti hutan, gurun, atau lautan. Sejumlah habitat yang lain sangat sempit, seperti halaman rumah atau kolam. Setiap makhluk hidup sesuai untuk hidup pada habitat tertentu. Tumbuhan dan hewan menyesuaikan dengan habitatnya melalui sejumlah cara. Sebagai contoh beruang kutub mempunyai berbulu tebal agar bisa hidup di daerah kutub yang dingin.
Terdapat dua macam habitat yaitu habitat darat dan habitat air. Habitat darat yaitu gurun, hutan, dan padang rumput. Habitat air yaitu air laut dan air tawar. Tumbuhan dan hewan mempunyai ciri-ciri khusus untuk menyesuaikan dengan habitatnya.

1. Habitat gurun

Habitat Tumbuhan dan Hewan

Gurun adalah daerah yang sangat kering dan jarang hujan. Pada siang hari matahari sangat terik dan panas, sebaliknya pada malah hari sangat dingin. Tumbuhan yang banyak ditemukan adalah tumbuhan serofit, yaitu tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan kering.
Kaktus adalah contoh tanaman serofit. Daunnya berbentuk duri atau seperti jarum sehingga permukaannya kecil. Dengan permukaan daun yang kecil kaktus dapat mengurangi penguapan air sehingga tanaman tetap tumbuh.
Hanya beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di gurun. Unta memiliki bulu mata yang panjang untuk menghalangi cahaya matahari dan untuk menghalangi pasir agar tidak masuk ke mata. Selain itu, lubang hidung dapat ditutup rapat agar tidak kemasukan pasir. Kaki unta panjang agar badannya jauh dari tanah yang panas. Pada punggung terdapat punuk yang berisi lemak yang sebagai cadangan makanan sehingga unta dapat bertahan hidup beberapa hari tanpa makan dan minum.

2. Habitat padang rumput

Habitat Tumbuhan dan Hewan

Padang rumput kebanyakan terdapat di Madura dan Dataran Tinggi Gayo, Naggroe Aceh Darussalam. Padang rumput memiliki ciri banyak ditemukannya rumput yang diselingi semak-semak atau rumput pohon rendah. Hal ini umumnya terjadi karena musim kemarau yang panjang sehingga tumbuhan yang paling banyak ditemui adalah rumput dan tumbuhan semak.
Padang rumput juga banyak ditemukan di pulau Sumba, Sumbawa, Flores, dan Timor. Wilayah ini umumnya memiliki padang rumput yang luas, musim kemarau yang panjang, dan berpotensi untuk peternakan sapi, kuda sandel, dan kuda bima. Daerah terkering pada wilayah ini terdapat di daerah Palu. Jenis hewan yang banyak ditemui di padang rumput adalah hewan herbivora, seperti kelinci, serangga, dan berbagai jenis burung.

3. Habitat hutan tropis

Habitat Tumbuhan dan Hewan

Hutan tropis adalah daerah dengan curah hujan yang tinggi dan turun sepanjang tahun. Hutan tropis memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Pohon-pohon utama dapat mencapai 20-40 m, dengan cabang-cabang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tudung atau kanopi. Tumbuhan khas yang dijumpai adalah liana dan epifit. Liana adalah tumbuhan yang menjalar, seperti rotan. Epifit adalah tumbuhan yang menempel pada batang-batang pohon, dan tidak merugikan pohon tersebut, seperti anggrek, paku sarang burung.
Hewan yang tinggal di hutan tropis, antara lain: kera, bajing, babi hutan, kucing hutan, dan beragam jenis burung.

4. Habitat air tawar

Habitat Tumbuhan dan Hewan

Habitat air tawar meliputi sungai, kolam, danau, dan rawa. Tumbuhan yang hidup di air disebut hidrofit mempunyai ciri-ciri khusus, contohnya teratai.
Teratai biasanya hidup terapung di kolam atau danau. Daun teratai lebar dan tipis untuk mempermudah penguapan air dan penyerapan cahaya matahari. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Rongga-rongga ini berfungsi untuk mengapung, seperti teratai, eceng gondok hidup terapung  di kolam atau danau.
Hewan yang hidup di air tawar adalah berbagai jenis ikan. Ikan air tawar tidak minum, tetapi banyak mengeluarkan air kencing. Bernafasnya dengan insang.

5. Habitat air laut

Habitat Tumbuhan dan Hewan

Habitat air laut terdapat di lautan lepas yang memiliki air asin. Tumbuhan yang hidup di air laut menempel pada dasar laut, seperti rumput laut.
Hewan yang hidup di air laut adalah jenis ikan yang sangat beragam, mulai dari yang berukuran besar, seperti ikan paus, ikan hiu, ataupun ikan-ikan laut kecil lainnya. Terdapat juga hewan-hewan lain, seperti kepiting, kerang, ubur-ubur, gurita, cumi-cumi, dan sebagainya. Ikan air laut banyak minum, tetapi sedikit mengeluarkan air kencing.

1 comments

subhanalloh welhamdulillah
alam raya perlu disucikan dan di lestarikan


EmoticonEmoticon