Tuesday, 22 May 2018

Katrol


Katrol
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Katrol merupakan pesawat sederhana yang terbuat dari roda dan dapat  berputar pada porosnya. Katrol biasanya digunakan untuk memudahkan mengangkat benda yang berat. Pada katrol terdapat tali atau rantai sebagai penghubung. Apabila dilihat dari cara kerjanya, katrol termasuk pada jenis pengungkit karena pada katrol terdapat titik tumpu, titik kuasa, dan titik beban.
Pada kehidupan sehari-hari, katrol sering ditemukan pada timba air sumur, tiang bendera, dan sebagainya.
Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitu:

1. Katrol tetap

katrol tetap

Katrol tetap adalah jenis katrol yang posisinya tidak berpindah arah atau berubah arah pada saat digunakan. Posisi katrol tetap biasanya terikat pada tempat tertentu. Titik tumpu pada katrol tetap terletak di sumbu katrolnya. Keuntungan mekanis pada katrol tetap adalah satu, karena pada katrol tetap hanya mengubah gaya, dari gaya tarik ke atas menjadi gaya tarik ke bawah yang menjadikannya searah dengan gaya gravitasi, sehingga kegiatan mengangkat beban akan lebih ringan.

2. Katrol bebas

Katrol

Pada katrol bebas, posisi atau kedudukan katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol bebas digunakan untuk mendapatkan gaya tarik yang lebih ringan daripada katrol tetap. Katrol bebas biasanya ditempatkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah. Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Jika ujung yang lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Katrol bebas melipatgandakan gaya yang kita keluarkan.

3. Katrol majemuk

Katrol

Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas. Katrol majemuk melipatgandakan gaya kita. Keuntungan katrol majemuk bergantung pada jumlah katrol yang digabung, makin banyak katrol digabung keuntungan mekanisnya makin besar.


EmoticonEmoticon