Wednesday, 13 June 2018

Pou


Pou
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi game mendidik bagi anak Pou

Pou adalah permainan video game yang populer untuk pengguna Android atau IOS. Pou dikembangkan dan diterbitkan oleh Paul Salameh, serta rilis pada tanggal 5 Agustus 2012. Permainan ini memiliki karakter alien menyerupai onigiri (makanan khas Jepang). Karakter tersebut dapat diberi makan, dibersihkan, bermain, dan tidur. Terdapat juga permainan mini dalam aplikasi. Pemain juga dapat memperoleh koin untuk membeli kostum, dekorasi, dan modifikasi lingkungan permainan dengan memainkan permainan mini atau dengan mencapai prestasi.
Pou adalah sesosok alien yang nantinya kita rawat. Seperti halnya hewan peliharaan, Pou butuh makan dan minum, butuh hiburan, butuh kebersihan tubuh, kesehatan, dan butuh istirahat. Oleh karena itu, pemain harus merawat Pou dengan baik layaknya hewan peliharaan kesayangan.
Terdapat empat kotak yang menggambarkan tingkat kelaparan Pou, tingkat kesehatan Pou, tingkat kesenangan Pou, dan tingkat energi Pou. Tingkat kelaparan Pou, jika semakin penuh/berwarna hijau berarti Pou masih kenyang, jika berkurang hingga berwarna kuning/merah berarti Pou lapar. Sehingga pemain harus memberi makanan pada Pou. Tingkat kesehatan Pou menunjukkan kebersihan tubuh Pou yang mempengaruhi kesehatan Pou tersebut. Semakin penuh tingkat kesehatan, berarti Pou dalam keadaan bersih dan sehat, jika berkurang tandanya Pou kotor dan sedang tidak begitu sehat. Selain dari kotak tingkat kesehatan Pou, kebersihan Pou dapat kita lihat pada Pou secara langsung. Jika Pou tampak kotor, berkaca-kaca, tandanya Pou butuh mandi. Tingkat kesenangan Pou menunjukkan perasaan Pou. Jika semakin berkurang dan berwarna kuning, Pou membutuhkan hiburan. Hiburan dimainkan oleh pemain dengan masuk ke game room. Tingkat energi Pou menunjukkan energi yang dimiliki Pou. Jika semakin berwarna kuning, tandanya Pou butuh tidur.
Terdapat enam ruangan yang digunakan oleh Pou, yakni:

1. Kitchen

pou

Pada kitchen atau dapur kita memberi Pou makanan yang telah dibeli melalui shop-food. Di kitchen kita juga dapat melihat isi kulkas kita yang merupakan stok makanan yang kita miliki untuk Pou.

2. Hall

Pou

Di hall, Pou dapat menuju halaman rumah untuk berkebun dan bermain. Di hall, Pou juga dapat menirukan suara yang kita input.

3. Bedroom

Pou

Bedroom merupakan tempat bagi Pou untuk tidur.

4. Bathroom

Pou

Di bathroom Pou dapat mandi untuk membersihkan diri.

5. Game room

Pou

Game room atau ruang bermain Pou merupakan tempat Pou bermain. Terdapat berbagai jenis permainan, seperti food drop, sky jump, sky hop, cliff jump, color match, match tap, dan sebagainya.

6. Lab

Pou

Di lab disediakan berbagai macam obat-obatan maupun vitamin untuk Pou. Obat-obatan tersebut, di antaranya (1) small healt/healt potion untuk meningkatkan tingkat kesahatan Pou, (2) fat burner untuk menguruskan Pou yang makan terlalu banyak, (3) Energizer untuk meningkatkan tingkat energi Pou, (4) max potion untuk memenuhi semua stat Pou (kesehatan, kekenyangan, energi, dan kesenangan), dan sebagainya.

Selain itu, terdapat shop atau toko di mana pemain dapat membeli sesuatu untuk digunakan oleh Pou, seperti (1) balls, bola baru yang dapat dimainkan Pou di game room, (2) wallpapers, yang digunakan untuk mengganti cat dinding ruangan, (3) body shop, sejenis pakaian dan aksesoris untuk digunakan Pou, (4) food, tempat membeli makanan, (5) potion, tempat membeli obat-obatan, (6) shower and soap, tempat membeli peralatan mandi, (7) lamps atau lampu tidur, dan sebagainya.
Adapun sejumlah hal yang mendidik dari game Pou, dijabarkan sebagai berikut:

1. Pengganti hewan peliharaan kesayangan

Pou

Pou dapat dijadikan sebagai pengganti hewan peliharaan. Jika anak memiliki minat lebih terhadap memelihara hewan, namun terdapat anggota keluarga yang takut terhadap hewan atau khawatir anak belum bisa merawat hewan baik, Pou dapat menjadi pengganti hewan peliharaan kesayangan sekaligus ajang untuk anak berlatih merawat hewan.

2. Mengajarkan untuk bertanggung jawab

Pou

Permainan Pou melatih anak untuk bertanggung jawab terhadap Pou yang ia rawat. Pou harus diberi makan, minum, butuh hiburan, butuh istirahat, dan butuh mandi. Kesemuaan hal tersebut merupakan tanggung jawab pemain untuk merawat Pou.

3. Mengajarkan sikap disiplin

Pou

Pada permainan Pou terdapat kotak tingkatan yang menggambarkan tingkat kelaparan Pou, tingkat kesehatan Pou, tingkat kesenangan Pou, dan tingkat energi Pou. Apabila kotak tingkat kelaparan Pou berkurang, artinya pemain harus memberi makan Pou. Apabila kotak tingkat kesehatan Pou berkurang, artinya Pou harus mandi. Apabila kotak tingkat kesenangan Pou berkurang, artinya Pou harus diajak bermain. Apabila kotak tingkat energi Pou berkurang, artinya Pou harus tidur. Semua hal tersebut harus diatur oleh pemain.

4. Mengajarkan sikap perhatian terhadap hewan

Pou

Pou layaknya hewan peliharaan kesayangan yang harus dirawat dengan baik. Anak seolah memiliki hewan peliharaan kesayangan, dalam hal ini berbentuk Pou untuk ia rawat.


EmoticonEmoticon