Thursday, 12 July 2018

Captain Tsubasa


Captain Tsubasa
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Captain Tsubasa cover

Captain Tsubasa adalah manga dan anime yang bertemakan sepak bola. Captain Tsubasa dikarang oleh Yoichi Takahashi dan pertama kali diterbitkan sebagai manga serial di majalah mingguan Shonen Jump. Kemudian Captain Tsubasa mendapatkan versi animasinya yang digarap oleh studio Group TAC dan Toei Animation untuk tayang pada saluran televisi TV tokyo dan Animax. Captain Tsubasa menjadi semakin populer dan mengeluarkan berbagai seri judul lain, seperti Captain Tsubasa: Europe Daekessen, Captain Tsubasa: Ayaushi! Zen Nippon Jr., Captain Tsubasa: Asu ni Mukatte Hashire!, Captain Tsubasa: Sekai Daikessen! Jr., Captain Tsubasa J, Captain Tsubasa: Road  to 2002, dan yang terbaru, yakni Captain Tsubasa 2018.
Captain Tsubasa mengisahkan seorang anak bernama Tsubasa Ozora. Tsubasa Ozora adalah siswa Sekolah Dasar (SD) dari Jepang yang sangat mencintai olahraga sepak bola dan memiliki impian untuk menjadi pemain profesional serta memenangkan piala dunia. Ia tinggal bersama ibunya di Jepang, sementara ayahnya adalah seorang kapten nahkoda kapal laut yang bepergian ke seluruh dunia.
Tsubasa Ozora memiliki motto hidup, yakni “bola adalah teman”. Sejak ia masih kecil, ia selalu bermain dengan bola sepak. Pada usia yang sangat muda, Tsubasa Ozora sudah memiliki kecepatan, stamina, keterampilan dribling, dan shootpower yang menakjubkan.
Pada awal cerita, Tsubasa dan ibunya pindah ke kota Nankatsu, sebuah kota kecil yang terkenal karena sekolah sepak bolanya. Di sana ia bertemu dengan Ryo Ishizaki, seorang siswa SD Nankatsu yang mencintai sepak bola, namun tidak begitu memiliki keterampilan bermain yang cukup baik. Tsubasa juga bertemu dengan Sanae Nakazawa, seorang gadis antusias yang juga mencintai sepak bola dan selalu mendukung tim Nankatsu saat bertanding. Ada juga Genzo Wakabayashi, seorang kiper muda, siswa SD Sutetsu yang sangat berbakat. SD sutetsu sendiri merupakan tetangga dari SD Nankatsu.
Suatu ketika, SD Nankatsu dan SD Sutetsu berebut lapangan untuk berlatih. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, akhirnya kedua tim sepakat untuk bertanding. Tim yang memenangkan pertandingan tersebut berhak mendapatkan lapangan. Pada pertandingan tersebut SD Nankatsu memenangkan pertandingan dan Tsubasa Ozora berhasil membobol gawang kiper Genzo Wakabayashi yang konon sudah lama sekali tidak pernah kebobolan. Pertandingan tersebut secara tidak sengaja disaksikan oleh Roberto Hongo, salah satu pemain nasional terbaik Brazil, yang merupakan teman dari ayah Tsubasa. Roberto akhirnya menjadi mentor dari Tsubasa dan membantunya untuk meningkatkan keterampilan bermain sepak bola. Mulai saat itu, perjalanan Tsubasa menjadi pemain sepak bola profesional dimulai. Pada perjalanannya ia banyak bertemu rekan dan lawan yang hebat serta pertandingan-pertandingan sulit yang harus ia menangkan.
Tokoh-tokoh pada anime Captain Tsubasa, antara lain:

1. Tsubasa Ozora

Captain Tsubasa

Tsubasa Ozora adalah anak yang sangat mencintai sepak bola. Bahkan sejak balita, ia selalu bermain dengan bola sepak. Di awal cerita, ia dikisahkan pindah ke SD Nankatsu, bertemu dengan teman-teman lainnya yang juga menggemari sepak bola. Pada saat turnamen kejuaraan nasional sepak bola SD se-Jepang, Tsubasa Ozora terpilih menjadi kapten tim Nankatsu. Di turnamen tersebut ia bertemu dengan berbagai lawan yang hebat. Pada saat itulah perjalanan Tsubasa Ozora untuk menjadi pemain profesional dimulai.

2. Genzo Wakayabashi

Captain Tsubasa

Genzo Wakabayashi adalah seorang kiper hebat yang konon dapat menangkap hampir semua bola yang mengarah padanya. Awalnya ia memiliki sikap egois dan arogan. Namun, setelah ia bertemu dan bertanding dengan Tsubasa Ozora, pandangannya terhadap sepak bola mulai berubah. Ia mulai menikmati permainan sepak bola.

3. Roberto Hongo

Captain Tsubasa

Roberto Hongo merupakan mantan pemain andalan tim nasional Brazil. Ia pergi ke Jepang atas rekomendasi ayah dari Tsubasa Ozora untuk mencari dokter mata, karena Roberto menderita cedera mata yang fatal. Setelah mendapat pemeriksaan dokter, cedera terebut harus memaksanya untuk berhenti bermain sepak bola. Awalnya Roberto sangat frustasi dengan keadaan tersebut. Secara tidak sengajar, setelah melihat permainan Tsubasa Ozora, ia kembali mendapatkan semangat untuk hidup. Ia kemudian memutuskan untuk melatih dan membimbing Tsubasa Ozora sampai menjadi pemain profesional.

4. Ryo Ishizaki

Captain Tsubasa

Ryo Ishizaki bisa dibilang merupakan teman pertama dari Tsubasa Ozora di SD Nankatsu. Ishizaki sangat mencintai sepak bola, namun ia tidak begitu mahir bermain sepak bola. Satu hal yang sangat muncul darinya adalah semangat pantang menyerah. Meskipun pada awal seri, ia selalu menjadi pemain cadangan, namun lambat laun dengan latihan yang keras, ia kemudian menjadi pemain belakang yang dapat diandalkan.

5. Sanae Nakazawa

Captain Tsubasa

Sanae Nakazawa adalah seorang siswi ketua pemandu sorak tim sepak bola Nankatsu. Ia bersama kedua temannya selalu datang ke tempat pertandingan di mana pun Nankatsu bertanding untuk mendukung tim sepak bola Nankatsu.

6. Taro Misaki

Captain Tsubasa

Taro Misaki dikisahkan merupakan seorang siswa SD yang selalu berpindah-pindah sekolah karena pekerjaan ayahnya yang seorang pelukis. Suatu ketika, Misaki pindah ke SD Nankatsu dan menjadi pasangan emas dari Tsubasa Ozora. Misaki sangat handal dalam bermain sepak bola, khususnya dalam hal dribble dan mengumpan bola.

7. Kojiro Hyuga

Captain Tsubasa

Kojiro Hyuga merupakan rival dari Tsubasa Ozora. Hyuga memiliki prinsip dan cara bermain yang berkebalikan dengan Tsubasa. Tsubasa mengandalkan teknik dalam bermain sepak bola, sedangkan Hyuga mengandalkan kekuatan dalam bermain sepak bola.

8. Jun Misugi

captain tsubasa

Jun Misugi adalah pemain sepak bola jenius yang berasal dari Tokyo. Ia sangat mahir membuat strategi dalam sepak bola. Ia juga memiliki teknik permainan yang setara dengan Tsubasa Ozora. Namun, sayangnya Jun Misugi mengalami sakit jantung yang membuatnya hanya dapat bermain sepak bola selama 20 menit pertandingan.

9. Munemasa Katagiri

Captain Tsubasa

Munemasa Katagiri adalah seorang pencari bakat dari Federasi Sepak Bola Jepang. Ia telah lama mengamati dan tertarik terhadap permainan sepak bola Tsubasa Ozora.

10. Natsuko Ozora

Captain Tsubasa

Natsuko Ozora adalah ibu dari Tsubasa Ozora. Natsuko merupakan seorang ibu yang mandiri karena sering ditinggal suaminya, Kodai Ozora yang bekerja sebagai kapten nahkoda kapal laut. Natsuko sangat mendukung anaknya, Tsubasa Ozora untuk menjadi pemain profesional sepak bola. Ia kerap kali menonton dan mendukung Tsubasa saat bertanding.

11. Kodai Ozora

Captain Tsubasa

Kodai Ozora merupakan ayah dari Tsubasa Ozora. Meskipun ia jarang sekali berada di rumah karena pekerjaannya sebagai kapten nahkoda kapal laut, namun ia selalu memperhatikan perkembangan anaknya dan mendukung penuh Tsubasa untuk menjadi pemain sepak bola profesional.

Adapun hal-hal yang mendidik bagi anak dari serial anime Capain Tsubasa, di antaranya:

1. Mengenalkan sepak bola pada anak

Captain Tsubasa

Anime Captain Tsubasa mengisahkan seorang anak bernama Tsubasa Ozora yang sangat mencintai sepak bola. Sepanjang seri, cerita berfokus pada perjalanan Tsubasa Ozora dari mulai bermain di turnamen nasional sepak bola SD se-Jepang sampai menjadi pemain sepak bola profesional. Anak akan disuguhkan berbagai gerakan dasar-dasar bermain sepak bola, maupun teknik-teknik sepak bola yang secara tidak langsung dapat anak pelajari dengan menonton anime Captain Tsubasa ini.

2. Mengajarkan sportivitas dalam bertanding

Captain Tsubasa

Captain Tsubasa menampilkan berbagai pertandingan yang dilalui oleh Tsubasa Ozora dan kawan-kawannya. Tsubasa bertemu banyak sekali rival, seperti Kojiro Hyuga dan Jun Misugi. Meskipun di lapangan mereka adalah lawan, namun di luar lapangan mereka merupakan kawan yang baik dan bahkan kemudian menjadi rekan satu tim di tim nasional Jepang usia muda.

3. Tekun berlatih dan pantang menyerah

Captain Tsubasa

Tsubasa dikisahkan sebagai anak yang tekun berlatih dan pantang menyerah. Pada awal seri, tim SD Nankatsu, tim yang diperkuat Tsubasa Ozora dan kawan-kawannya sempat kalah dari tim SD Meiwa, tim yang diperkuat oleh Kyojiro Hyuga. Meskipun demikian, Tsubasa Ozora kemudian bangkit dari kekalahan tersebut dan akhirnya dapat mengalahkan tim SD Meiwa.

4. Pentingnya arti istirahat

Captain Tsubasa

Pada penyisihan turnamen nasional SD se-Jepang, diceritakan bahwa kiper andalan tim SD Nankatsu, yakni Genzo Wakabayashi mengalami cedera. Awalnya ia frustasi karena tidak dapat ikut bermain. Namun, ia tetap bersabar dan beristirahat untuk memulihkan cedera yang ia alami.

5. Percaya terhadap teman

Captain Tsubasa

Genzo Wakabayashi yang mengalami cedera, awalnya merupakan kapten dari tim SD Nankatsu. Namun, karena ia tidak dapat ikut bertanding, ia mempercayakan posisi kapten pada Tsubasa Ozora. Wakabayashi sangat percaya kepada rekan setimnya untuk dapat terus memenangkan pertandingan sampai cedera yang ia alami pulih dan dapat ikut bermain kembali.


EmoticonEmoticon