Saturday, 14 July 2018

Rayman Legends


Rayman Legends
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi game mendidik bagi anak Rayman Legends

Rayman Legends adalah sebuah video game yang dikembangkan oleh Ubisoft Montpellier. Game ini merupakan seri kelima dari Rayman series dan sequel lanjutan dari game Rayman Origins. Rayman Legends dirilis untuk platform Microsoft Windows, Xbox 360, PlayStation 3, Nintendo Wii U, dan PlayStation Vita pada Agustus 2013. Kemudian pada Februari 2014, Rayman Legends rilis untuk versi PlayStasion 4 dan Xbox One.
Alur cerita pada game Rayman Legends berfokus pada ketiga karakter utama, yakni Rayman, Globox, dan Teensy. Dikisahkan mereka bertiga telah tertidur satu abad lamanya. Di dalam tidurnya, mereka mengalami mimpi buruk yang sama bahwa penyihir yang selamat dari ledakan pada petualangan sebelumnya telah menjadi lima Teensies jahat yang telah menangkap 10 putri kerajaan dan para Teensies lainnya. Rayman, Globox, dan Teensy kemudian terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa mimpi yang mereka alami adalah suatu kenyataan. Mereka bertiga kemudian memiliki misi untuk menyelamatkan 10 putri kerajaan dan para Teensies yang ditangkap tersebut.
Permainan ini dimulai dengan berlari mengumpulkan benda bernama Item Lums dengan cara menyentuhnya, sambil mengalahkan musuh, maupun membebaskan para Teensies yang ditangkap. Dengan menyelamatkan dan membebaskan para Teensies akan membuka map baru. Map pada game ini sangat banyak, sampai lebih dari 120 variasi level.
Rayman Legends merupakan permainan dua dimensi (2D), akan tetapi memiliki kualitas gambar serta tampilan karakter dan lingkungan yang berwarna-warni. Selain itu, game ini juga terkenal memiliki background suara yang sangat baik. Ada banyak rintangan yang variatif di berbagai map pada game ini. Sejalan dengan itu, Rayman Legends banyak mendapat respons positif dari kritikus game. Hal tersebut terbukti dengan rater-rater game ternama, seperti IGN memberi skor 9,5/10, Gamespot memberi skor 9,0/10, dan GameTrailers memberi skor 9,1/10.
Game Rayman Legends dapat dimainkan secara local multiplayer sampai dengan empat pemain sekaligus. Untuk itu, game ini sangat seru dimainkan oleh anak bersama teman-teman ataupun bersama keluarga. Fitur local multiplayer ini didukung dengan banyaknya karakter yang tersedia untuk dimainkan. Terdapat puluhan karakter yang dapat dimainkan jika kita sudah mencapai poin tertentu dalam game.
Sejumlah tokoh yang terdapat pada game Raymand Legends, antara lain:

1. Rayman

Rayman Legends

2. Globox

Rayman Legends

3. Teensy

Rayman Legends

4. Barbara

Rayman Legends

Adapun hal-hal yang mendidik dari game Rayman Legends, di antaranya:

1. Mempererat keakraban sambil bermain

Rayman Legends

Rayman Legends dapat dimainkan secara local multiplayer sampai dengan maksimal empat pemain. Maka dari itu, game ini sangat cocok untuk dimainkan oleh anak bersama dengan teman-temannya atau bersama keluarga. Hal ini dapat menambah keakraban anak dengan teman seusianya maupun dengan keluarga.

2. Melatih psikomotor halus anak

Rayman Legends

Pada game Rayman Legends, anak diharuskan untuk mengontrol suatu karakter dengan berbagai gerakan, seperti berjalan, melompat, mengalahkan musuh, menghindari halang rintang, dan sebagainya. Hal tersebut dapat melatih psikomotor halus anak. Anak diharuskan untuk menggerakkan karakter yang ia mainkan secara tepat dengan menekan tombol-tombol tertentu pada controler yang ia genggam.

3. Mengembangkan imajinasi anak

Rayman Legends

Rayman Legends menyuguhkan kualitas gambar yang luar biasa. Adegan-adegan pada game ini sangat menyenangkan untuk dilihat. Animasi-animasi sederhana yang terdapat pada background dari sepanjang permainan dikemas sangat menarik dan berwarna. Kesemuaan hal tersebut secara tidak langsung mengembangkan imajinasi anak melalui animasi dan warna-warna yang terdapat pada game Rayman Legends.

4. Melatih kesabaran

Rayman Legends

Secara umum, game Rayman Legends memang memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit. Game ini memang betul-betul didesain dan ditujukan untuk dapat dimainkan oleh berbagai jenjang usia, baik anak maupun orang dewasa sekalipun. Meski begitu, beberapa poin pada game ini tetap memiliki kesulitan tersendiri dan perlu kesabaran untuk dapat melewati rintangan tersebut.


EmoticonEmoticon