Wednesday, 8 August 2018

Tarik Tambang


Tarik Tambang
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

lomba tradisional Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan salah satu jenis perlombaan tradisional masyarakat Indonesia. Tarik tambang  merupakan jenis perlombaan yang hampir selalu ada pada kegiatan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Tarik tambang dimainkan secara berkelompok, butuh kerjasama dan kekompakan masing-masing anggota.
Zaman dahulu warga Indonesia saat penjajahan Belanda menggunakan tali tambang yang besar. Tarik tambang kala itu digunakan ketika ingin menarik benda berat, seperti batu, pasir, dan lainnya. Seiring perkembangan zaman, tarik tambang menjadi suatu lomba yang berupa hiburan.
Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam tarik tambang, di antaranya:
1. Tali tambang serat panjangnya 30 sampai dengan 50 meter, pada pertengahan tali diberi tanda.
2. Tali plastik atau kain untuk pembatas tanda di tengah-tengah tambang.
3. Kapur atau bambu untuk membuat tiga garis horizontal sebagai arena permainan.
Jalannya permainan tarik tambang dijabarkan sebagai berikut:
1. Undian diadakan sebelum hari pertandingan pada saat pertemuan teknis.
2. Sebelum bertanding lapangan harus dikosongkan setelah ada panggilan dari panitia.
3. Wasit pertandingan memanggil pimpinan regu masing-masing untuk menentukan tempat.
4. Sebelum aba-aba, peserta/regu telah mengambil tempat masing-masing, pembantu wasit menghitung jumlah setiap regu, kemudian memberikan kode kepada wasit apabila telah siap.
5. Wasit memberikan aba-aba siap, peserta sudah memegang tali serta konsentrasi untuk mendengar aba-aba berikutnya, jika ada aba-aba “ya”, kedua regu melakukan tarikan. Kedua regu saling menarik tambang dan saling berusaha untuk membuat tanda dari pertengahan tali dapat ditarik melalui garis batas. Jika salah satu regu dapat menarik melalui garis batas, maka diadakan pemindahan tempat. Kemudian dilakukan tarikan lagi dan jika terjadi seri maka sebelum tarikan ketiga diadakan lagi untuk memilih tempat setelah lebih dahulu istirahat.
6. Pemenang dapat ditentukan apabila satu regu dapat mengalahkan regu lain dengan skor 2-0 atau 2-1.
Permainan tarik tambang ini dapat melatih kerapihan koordinasi masing-masing kelompok. Selain itu, butuh trik jitu agar menjadi pemenang misal yang badannya besar ditempatkan di bagian belakang. Di sisi lain, motivasi suporter sangat mendukung kemenangan suatu tim.


EmoticonEmoticon