Sunday, 30 September 2018

Lenggang Rotan

Lenggang Rotan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

hulahop

Lenggang rotan dikenal juga dengan sebutan hulahop adalah permainan yang mengharuskan kita menggoyangkan tubuh terutama pada bagian pinggul dan perut. Permainan ini menjadi populer karena menyehatkan dan menyenangkan. Permainan ini dimainkan sebagai hiburan, tetapi lenggang rotan sering juga dijadikan lomba untuk mengadu siapa yang dapat memainkan lebih lama.
Keberadaan permainan ini sudah lama sekali, diperkirakan lenggang rotan sudah ada semenjak 3000 tahun lalu. Awalnya permainan ini dimainkan oleh anak-anak yang berasal dari Mesir dan Yunani Kuno, tetapi sekarang lenggang rotan tidak hanya dimainkan oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa karena dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh.
Lenggang rotan terbuat dari rotan kecil yang dibuat melingkar, seperti gelang besar. Rotan yang digunakan biasanya seukuran jempol tangan atau dapat lebih kecil. Rotan yang dilingkarkan seperti gelang besar akan dimainkan di pinggang sambil menggoyang pinggang. Rotan tersebut akan berputar. Orang yang rotannya jatuh terlebih dahulu dianggap kalah. Permainan ini umumnya terdapat di daratan tinggi Gayo, karena di sana memang terdapat banyak rotan.
Adapun cara bermain lenggang rotan, sebagai berikut:
1. Satu lenggang rotan dimainkan oleh satu orang.
2. Permainan ini mengadu lama bertahan dalam menggunakan lenggang rotan.
3. Lenggang rotan yang berbentuk lingkaran dimasukkan ke dalam tubuh dan digoyang-goyangkan agar tidak terjatuh.
4. Pemenang adalah yang paling lama mempertahankan lenggang rotan di bagian perut.
Bermain lenggang rotan sangat bermanfaat terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. Bermain lenggang rotan secara teratur dapat mengurangi lemak perut, melenturkan tubuh, menjaga kesehatan punggung, dan melatih fokus serta konsentasi.


EmoticonEmoticon