Sunday, 9 September 2018

Perahu Jong


Perahu Jong
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

permainan tradisional jong

Perahu jong berbentuk miniatur dari sebuah perahu layar yang terbuat dari bahan kayu, didesain sedemikian rupa oleh pembuatnya agar dapat berlayar sendiri mengikuti terpaan angin. Perlombaan Jong biasanya memperlombakan kecepatan dan ketepatan jong menuju garis finish dalam sebuah lintasan berupa garis lurus. Perlombaan Jong biasa dilakukan di pantai yang memiliki permukaan air laut dangkal, dan ketika air laut sedang pasang.
Permainan perahu jong biasa dilakukan oleh warga pesisir, khususnya di Kepulauan Riau. Untuk memainkan perahu jong telihat mudah, hanya melepaskannya di permukaan air, dan angin akan menerpa layar jong, sehingga jong bergerak mengikuti arah angin. Namun, untuk sebuah perlombaan, memainkan perahu jong memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Pemandu atau joki jong akan mengatur kemudi jong yang terdapat pada ujung ganda kate, yakni bagian jong yang terbuat dari kayu yang dipasang melintang di sebelah kanan jong yang berfungsi sebagai penyeimbang.
Pemandu jong akan mengatur kemudi tersebut hanya pada saat jong berada di garis start. Di sini peranan seorang pemandu jong sangat penting untuk memenangkan perlombaan jong, karena harus piawai untuk mempertimbangkan arah angin agar jong cepat sampai ke garis finish. Adapun jong yang berlayar melenceng dari arena akan dinyatakan kalah.
Mengemudikan jong memang membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus, namun di sisi lain, membuat jong pun hanya dapat dilakukan oleh orang ahli saja. Untuk membuat perahu jong sama halnya dengan membuat sebuah perahu, pemilihan bahan baku kayu yang baik dan harus mempertimbangkan faktor keseimbangan dalam merangkai jong.
Jong secara umum terdiri atas sejumlah bagian utama, yakni:
1. Badan jong berupa miniatur sampan.
2. Dua bagian layar, yakni bagian layar kecil dan besar termasuk tiang layar.
3. Jogo, yakni bagian yang dipasang pada bagian depan jong, berbentuk seperti moncong ikan todak yang berfungsi untuk menjaga kestabilan jong ketika tertiup angin.
4. Ganda kate, yakni bagian yang terbuat dari kayu yang dipasang melintang di sebelah kanan, seperti candik atau penyeimbang pada sampan.


EmoticonEmoticon