Sunday, 2 September 2018

Pokemon


Pokemon
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi tontonan mendidik bagi anak Pokemon

Pokemon atau singkatan dari pocket monster adalah serial animasi asal Jepang. Aslinya, serial ini hanya memiliki satu judul, yaitu “Pokemon”, tetapi setelah franchise Pokemon diperluas jalan ceritanya, maka dibuatlah seri lanjutan yang berjudul “Pokemon: Advance Generation”, “Pokemon: Diamond and Pearl”, “Pokemon: Best Whises!”, “Pokemon: XY”, dan “Pokemon: Sun and Moon”. Pokemon juga memiliki banyak versi film, yang hampir rilis setiap tahunnya. Berikut judul-judul versi film pokemon:

1. “Pokemon: Mewtwo Strikes Back” rilis tahun 1998

Pokemon

2. “Pokemon: The Power of One” rilis tahun 1999

Pokemon

3. “Pokemon: Spell of the Unknown” rilis tahun 2000

Pokemon

4. “Pokemon 4 Ever-Celebi: Voice of the Forest” rilis tahun 2001

Pokemon

5. “Pokemon Heroes: Latios and Latias” rilis tahun 2002

Pokemon

6. “Pokemon: Jirachi Wishmaker” rilis tahun 2003

Pokemon

7. “Pokemon: Destiny Deoxys” rilis tahun 2004

Pokemon

8. “Pokemon: Lucario and the Mystery of Mew” rilis tahun 2005

Pokemon

9. “Pokemon Ranger and the Temple of the Sea” rilis tahun 2006

Pokemon

10. “Pokemon: The Rise of Darkrai” rilis tahun 2007

Pokemon

11. “Pokemon: Giratina and the Sky Warrior” rilis tahun 2008

Pokemon

12. “Pokemon: Arceus and the Jewel of Life” rilis tahun 2009

Pokemon

13. “Pokemon: Zoroark Master of Illusions” rilis tahun 2010

Pokemon

14. “Pokemon the Movie: Black-Victini and Reshiram and White-Victini and Zekrom” rilis tahun 2011

Pokemon


15. “Pokemon: Kyurem vs the Sword of Justice” rilis tahun 2012

Pokemon

16. “Pokemon the Movie: Genesect and the Legend Awakened” rilis tahun 2013

Pokemon

17. “Pokemon the Movie: Diancie and the Cocoon of Destruction” rilis tahun 2014

Pokemon

18. “Pokemon the Movie: Hoopa and the Clash of Ages” rilis tahun 2015

Pokemon

19. “Pokemon the Movie: Volcanion and Mechanical Marvel” rilis tahun 2016

Pokemon

20. “Pokemon the Movie: I Choose You!” rilis tahun 2017

Pokemon

21. “Pokemon the Movie: Everyone’s Story” rilis tahun 2018

Pokemon

Pokemon sendiri merupakan makhluk yang berbentuk seperti hewan, namun dapat membantu berbagai pekerjaan dari manusia, seperti mengantar surat, menjaga rumah, menjadi perawat, dan masih banyak lagi. Pokemon memiliki bentuk dan ragam yang sangat banyak, bergantung dari habitat pokemon tersebut tinggal, misalnya di laut ada yang berbentuk seperti ikan, lobster, di hutan ada yang berbentuk seperti serangga, ataupun bentuk lainnya yang sangat lucu. Pokemon dapat ditangkap dan disimpan dalam bola, yang dinamakan dengan bola pokemon.
Serial Pokemon menceritakan tentang Satoshi, Pikachu (pokemon pertama Satoshi) dan bersama teman-teman lainnya serta ambisinya untuk menjadi seorang pokemon master. Untuk menjadi seorang pokemon master, Satoshi bersama teman-temannya berpetualang untuk mencari dan melatih pokemon, mengalahkan gym leader (pelatih pokemon paling kuat pada suatu wilayah), dan mengikuti pokemon league, yakni turnamen pertarungan pokemon yang dapat diikuti oleh seorang pelatih pokemon yang telah mengalahkan delapan (8) gym leader pada area tertentu. Adapun pemenang dari pokemon league disebut dengan pokemon master, yang merupakan impian dan tujuan utama dari perjalanan Satoshi dan Pikachu.
Pada perjalanannya, Satoshi, Pikachu, dan teman-temannya banyak bertemu dengan teman baru ataupun bertemu dengan berbagai halangan yang mengganggu perjalanan mereka. Mereka juga sering bertemu dengan Team Rocket, yakni kelompok jahat yang ingin menculik Pikachu ataupun pokemon-pokemon yang kuat. Walau akhirnya, pada setiap akhir episode, rencana jahat Team Rocket ini selalu mengalami kegagalan.

Adapun tokoh-tokoh utama pada serial pokemon, antara lain:

1. Satoshi

Pokemon

Satoshi merupakan tokoh utama pada serial Pokemon. Ia memiliki cita-cita untuk menjadi pokemon master. Untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, Satoshi bersama partner utamanya, Pikachu dan teman-temannya berpetualang untuk melatih pokemon, bertemu dengan berbagai orang dan pokemon, mengalahkan gym leader, serta mengikuti pokemon league.

2. Pikachu

Pokemon

Pikachu merupakan pokemon pertama Satoshi dan pokemon yang paling diandalkan oleh Satoshi. Pikachu tidak suka masuk ke dalam bola pokemon dan lebih sering terlihat duduk di pundak Satoshi.

3. Kasumi

Pokemon

Kasumi awalnya adalah seorang gym leader. Namun, setelah dikalahkan oleh Satoshi, ia kemudian memutuskan untuk ikut berpetualang bersama Satoshi dan memiliki impian untuk menjadi pelatih pokemon jenis air terbaik di dunia.

4. Takeshi

Pokemon

Takeshi awalnya juga merupakan seorang gym leader. Setelah ia kalah dari Satoshi, ia memutuskan ikut bersama Satoshi untuk berpetualang dan berambisi untuk menjadi peternak pokemon kelas dunia.

5. Kenji

Pokemon

Kenji merupakan seorang pengamat pokemon. Ia bertemu dengan Satoshi pada saat Kenji dalam perjalanan untuk mengamati pokemon. Kenji berpetualang dengan Satoshi beberapa waktu dan akhirnya memutuskan untuk bergabung dan bekerja bersama Professor Oak di labnya di Pallet Town (kota asal Satoshi).

6. Haruka

Pokemon

Haruka pada awalnya tidak menyukai pokemon. Namun sifatnya berubah setelah melihat acara kontes pokemon di TV. Ia kemudian memiliki impian untuk menjadi pelatih pokemon kontes dan suatu saat berharap untuk dapat menjuarai kontes pokemon.

7. Masato

Pokemon

Masato merupakan adik dari Haruka. Ia ikut berpetualang bersama Satoshi dan Haruka, namun ia belum mendapatkan pokemon karena usianya masih sangat muda, yakni kurang dari 10 tahun.

8. Hikari

Pokemon

Hikari adalah seorang pelatih pokemon dan koordinator perjalanan Satoshi pada saat seri “Pokemon: Diamond and Pearl”. Cita-cita Hikari adalah menyamai atau bahkan melebihi apa yang telah ibunya raih dulu, yakni sebagai seorang master pelatih konstes pokemon.

9. Professor Oak

Pokemon

Professor Oak merupakan seorang peneliti pokemon yang berasal dari Pallet Town, kota asal dari Satoshi. Professor Oak juga merupakan orang yang memberikan Pikachu kepada Satoshi sebagai pokemon pertama yang akan mendampingi perjalanan Satoshi.

10. Musashi

Pokemon

Musashi adalah anggota Team Rocket, yakni kelompok orang jahat yang memiliki tujuan untuk menculik Pikachu dan pokemon kuat-kuat lainnya. Kelompok ini berambisi untuk dapat menguasai dunia pokemon.

11. Kojiro

Pokemon

Kojiro merupakan anggota Team Rocket, sekaligus rekan dari Musashi.

12. Meowth

Pokemon

Meowth adalah pokemon yang merupakan anggota dari Team Rocket, bersama Musashi dan Kojiro. Meowth memiliki kemampuan unik, yakni ia bisa berbicara bahasa manusia. Padahal kebanyakan pokemon lainnya tentunya tidak dapat berbicara.

13. Gary

Pokemon

Gary merupakan rival utama dari Satoshi pada seri-seri awal pokemon.

14. Paul

Pokemon

Paul merupakan rival utama dari Satoshi pada seri “Pokemon: Diamond and Pearl”.

Seri animasi Pokemon memiliki sejumlah hal positif dan mendidik bagi anak, yaitu:

1. Kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan

Pokemon

Cerita dari serial Pokemon sangat sederhana dan mudah dicerna oleh anak-anak. Pada setiap episodenya, selalu mengisahkan Satoshi dan teman-temannya yang singgah di suatu tempat baru, bertemu dengan kawan baru, terdapat masalah yang ditimbulkan oleh Team Rocket, dan berakhir dengan permasalahan tersebut dapat diselesaikan oleh Satoshi dan teman-temannya.

2. Menyayangi hewan

Pokemon

Pokemon pada dunia pokemon mirip layaknya hewan pada dunia nyata. Pada kisah pokemon, Satoshi dan kawan-kawannya sangat menyayangi pokemon dan merawat dengan baik pokemon-pokemon yang ia temui. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan kita bahwa kita juga harus sayang terhadap hewan, layaknya pada cerita ini disimbolkan dengan pokemon.

3. Membantu setiap orang

Pokemon

Pada setiap perjalanannya, Satoshi dan teman-temannya selalu membantu orang yang sedang kesulitan, meskipun mereka baru pertama kali bertemu dengan orang tersebut.

4. Berlatih keras pasti membuahkan hasil

Pokemon

Perjalanan Satoshi untuk menjadi seorang pokemon master tentunya tidak selalu berjalan mulus. Beberapa kali Satoshi harus kalah. Namun, ia tidak pernah menyerah, terus berlatih, dan akhirnya hasil dari latihan tersebut pun terlihat.

5. Rivalitas yang sehat

Pokemon

Satoshi memiliki seorang rival, yakni Gary pada seri awal pokemon dan Paul pada seri “Pokemon: Diamond and Pearl”. Meskipun mereka bersaing untuk menjadi pokemon master, namun mereka tetap saling menghormati dan berlapang dada pada saat kalah.


EmoticonEmoticon