Friday, 19 October 2018

Kimi no Koe wo Todoketai


Kimi no Koe wo Todoketai
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

rekomendasi tontonan mendidik bagi anak

Kimi no Koe wo Todoketai atau secara internasional dikenal dengan Your Voice -KIMIKOE- merupakan animasi movie Jepang yang dirilis oleh Madhouse Studio pada 25 Agustus 2017. Cerita berfokus pada gadis Sekolah Menengah Atas (SMA) bernama Nagisa Yukiai yang tinggal di kota tepi pantai. Ia mempercayai cerita neneknya bahwa roh-roh hidup dalam kata-kata dan mereka disebut dengan istilah kotodama (kata roh). Suatu hari, Nagisa masuk ke sebuah stasiun radio mini bernama Aqua Marine yang sudah lama tidak digunakan selama bertahun-tahun. Nagisa secara spontan mencoba untuk berbicara layaknya seorang penyiar radio menggunakan fasilitas tersebut. Namun, suaranya tidak sengaja menjangkau seseorang yang tidak pernah ia duga, yakni Shion Yakazawa, seorang anak perempuan dari pemilik stasiun radio mini tersebut. Dahulu ibu Shion merupakan pengelola sekaligus penyiar stasion radio mini Aqua Marine, namun karena suatu tragedi kecelakaan lalu lintas, ibu Shion harus terbaring koma di rumah sakit selama bertahun-tahun sampai sekarang.
Plot utama cerita anime movie ini menceritakan upaya Nagisa bersama teman-temannya untuk menghibur Shion. Nagisa bersama teman-temannya bertekad untuk menghidupkan kembali stasiun radio Aqua Marine dan meyakinkan Shion bahwa suatu hari ibunya akan mendengar siaran tersebut serta bangun dari komanya.

Adapun tokoh-tokoh yang terdapat pada Kimi no Koe wo Todoketai, di antaranya:

1. Nagisa Yukiai

Kimi no Koe wo Todoketai

Nagisa merupakan tokoh utama dari Kimi no Koe wo Todoketai. Nagisa digambarkan sebagai seseorang yang periang dan sangat peduli terhadap teman-temannya. Ia percaya bahwa terdapat roh kata, yakni apabila berucap hal baik dengan sungguh-sungguh, maka suatu hari nanti pasti akan terwujud. Sebaliknya jika berucap suatu hal yang negatif kepada orang lain, maka hal negatif tersebut akan kembali kepada diri kita.

2. Shion Yakazawa

Kimi no Koe wo Todoketai

Shion merupakan anak perempuan dari pemiliki stasiun radio mini Aqua Marine, yang dahulu sangat terkenal di kota tepi pantai tersebut. Ibu Shion merupakan pengelola sekaligus penyiar radio mini Aqua Marine. Namun, karena mengalami kecelakaan lalu lintas, ibu Shion harus terbaring koma di rumah sakit. Semenjak kejadian tersebut, Shion menjadi seorang yang pendiam dan sering merenung. Shion hampir menyerah dengan keadaan ibunya, sampai suatu ketika akhirnya secara tidak sengaja bertemu dengan Nagisa.

3. Kaede Tatsunokuchi

Kimi no Koe wo Todoketai

Kaede adalah sahabat Nagisa sejak kecil. Kaede satu sekolah dengan Nagisa dan merupakan kapten tim kriket sekolah. Kaede memiliki sifat yang selalu bersemangat, blak-blakan, dan tidak mau kalah.

4. Shizuka Dobashi

Kimi no Koe wo Todoketai

Shizuka adalah sahabat Nagisa sejak kecil. Shizuka satu sekolah dengan Nagisa. Shizuka terkesan pendiam. Namun, dibalik sifatnya itu, ia memiliki impian besar untuk melanjutkan sekolah ke Perancis untuk mempelajari pastry (membuat kue). Ia bercita-cita menjadi seorang pastry, yang bisa membuat kue yang enak.

5. Yuu Hamasuka

Kimi no Koe wo Todoketai

Yuu merupakan teman satu sekolah Nagisa pada saat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, pada saat SMA Yuu bersekolah di sekolah yang berbeda dengan Nagisa, Kaede, dan Shizuka. Yuu adalah cucu dari seorang yang berjasa terhadap pembangunan kota tepi pantai yang kini mereka tinggali. Karena itu, Yuu diharapkan dapat menjadi penerus sang kakek. Yuu merupakan kapten tim kriket di sekolahnya, yang merupakan tim kriket unggulan di perfektur tersebut.

Hal-hal positif yang terdapat pada animasi movie Kimi no Koe wo Todoketai, antara lain:

1. Peduli terhadap teman

Kimi no Koe wo Todoketai

Peduli terhadap teman merupakan inti utama yang disajikan dalam animasi movie Kimi no Koe wo Todoketai. Nagisa sangat peduli terhadap teman-temannya. Bahkan terhadap Shion, seseorang yang baru ia kenal secara tidak sengaja.

2. Indahnya persahabatan

Kimi no Koe wo Todoketai

Kimi no Koe wo Todoketai juga mengilustrasikan bagaimana indahnya persahabatan gadis SMA, yang digambarkan dengan persahabatan Nagisa, Kaede, Shizuka, Shion, Yuu, dan teman-teman lainnya.
 
3. Tetap percaya dan pantang menyerah

Kimi no Koe wo Todoketai

Shion hampir menyerah terhadap keadaan ibunya yang terbaring koma selama bertahun-tahun. Namun, setelah ia secara tidak sengaja bertemu dengan Nagisa, ia kembali memiliki semangat dan percaya bahwa kelak suatu hari ibunya akan tersadar dan bangun dari komanya.

4. Rivalitas yang sehat

Kimi no Koe wo Todoketai

Kaede selalu menganggap Yuu sebagai rivalnya. Meski begitu, saat Yuu memiliki masalah, Kaede sangat peduli terhadap Yuu, serta tetap menganggap Yuu sebagai sahabatnya.


EmoticonEmoticon