Thursday, 18 October 2018

Media Pembelajaran Garis Bilangan


Media Pembelajaran Garis Bilangan
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

garis bilangan

Garis bilangan adalah garis lurus yang ditandai dengan sejumlah titik jarak dari satu titik ke titik lain sama panjang. Pada setiap titik tertulis satu bilangan. Bilangan-bilangan tersebut merupakan rangkaian bilangan berurutan dari bilangan negatif terkecil di sebelah kiri nol sampai dengan bilangan positif terbesar di sebelah kanan nol.
Penggunaan media pembelajaran garis bilangan memudahkan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa akan lebih mudah memahami dan menguasai materi penjumlahan dan pengurangan bilangan jika dalam proses pembelajaran digunakan media pembelajaran garis bilangan. Kemampuan anak berkembang secara bertahap mulai dari yang sederhana ke yang rumit, mulai dari yang mudah ke yang sulit, dan mulai dari yang konkrit ke yang abstrak. Sehingga diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap penjumlahan dan pengurangan bilangan.
Untuk menjelaskan sebagian pengerjaan hitung pada bilangan bulat dapat digunakan garis bilangan, karena dengan garis bilangan ini akan memudahkan siswa dalam memahami pengerjaan hitung. Pada penggunaan garis bilangan ini sebaiknya disiapkan kapur atau spidol berwarna, sehingga “warna untuk lambang bilangan pada garis bilangan dengan lambang bilangan yang menunjukkan langkah-langkah pengerjaan berbeda” (Karso, 1998, hlm. 5). Menurut Akhsin (2006, hlm. 13) “pada penjumlahan ditunjukkan dengan melangkah ke sebalah kanan atau maju dan langkah pada garis bilangan dengan arah panah ke kanan, sedangkan pengurangan dengan melangkah ke sebelah kiri atau mundur dalam langkah pada garis bilangan dengan arah panah ke kiri”.
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat akan lebih mudah dipahami bila menggunakan media pembelajaran garis bilangan. Media ini berisi tentang bagaimana cara menggunakan garis bilangan, penerapan cara menggunakan garis bilangan pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Media ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang dapat menjelaskan secara detail tentang penjumlahan dan pengurangan menggunakan garis bilangan sehingga siswa dapat lebih cepat memahami materi pembelajaran tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Cara menggunakan garis bilangan pada penjumlahan ditunjukkan dengan melangkah ke sebelah kanan atau maju dan langkah pada garis bilangan arah panah ke kanan. Sedangkan cara menggunakan garis bilangan pada pengurangan ditunjukkan dengan melangkah ke sebelah kiri atau mundur dalam langkah garis bilangan dengan arah panah ke kiri.
Kelebihan penggunaan media pembelajaran garis bilangan secara umum, di antaranya:
1. Media yang digunakan praktis dan mudah.
2. Kesepakatan yang ada mudah diingat oleh siswa.
Adapun kelemahan penggunaan media pembelajaran garis bilangan, antara lain:
1. Tidak melibatkan siswa secara langsung dalam melakukan praktiknya.
2. Tidak dapat secara langsung untuk mengkongkritkan operasi pengurangan, dalam hal ini siswa harus mengubah operasi pengurangan menjadi operasi penjumlahan.

Referensi
Akhsin, N. (2006). Matematika untuk SD/MI. Klaten: Cempaka Putih.
Karso (1998). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.


EmoticonEmoticon