Saturday, 17 November 2018

Poly Bridge


Poly Bridge
Karya: Rizki Siddiq Nugraha

Poly Bridge

Poly Bridge adalah permainan simulasi teka-teki pembangunan jembatan yang dikembangkan oleh Dry Cactus, studio indie asal New Zealand, di mana pemain membangun jembatan untuk kendaraan menyebrang. Poly Bridge dirilis untuk Microsoft Windows pada 12 Juli 2016 dan iOS pada 13 Juni 2017.
Tujuan dari permainan ini adalah agar serangkaian kendaraan dapat melintasi sungai dengan membangun jembatan. Setiap kendaraan memiliki bentuk dan berat yang berbeda, yang berarti mobil dengan bentuk panjang mungkin tidak akan bisa melewati lereng yang curam dan struktur jembatan mungkin perlu beradaptasi dengan situasi. Permainan ini juga memiliki rintangan seperti lompatan dan perahu yang lewat, memaksa pemain untuk mendesain jembatan mereka secara kreatif. Jembatan yang dibangun dengan buruk akan runtuh dan tidak kuat untuk menopang beban kendaraan yang menyebrang. Pemain juga diberi anggaran untuk bahan yang dapat mereka gunakan sesuai dengan desain yang dibuat.
Ide permainan ini nampak sederhana, tetapi memerlukan imajinasi dan solusi terbuka. Permainan ini mendorong kreativitas dengan masing-masing bangunan jembatan berbeda dan mampu menyesuaikan desain dengan cepat dan tepat. Terdapat lebih dari 100 jenis level, yang pada perjalanannya memperkenalkan sejumlah materi dan situasi yang beragam, yang akan menentukan cara untuk membuat suatu desain jembatan.
Pada awalnya kita hanya perlu berurusan dengan membangun jembatan dan membangun dukungan kayu untuk memastikan satu kendaraan dapat menyebrang, dengan tetap mempertimbangkan anggaran yang tersedia untuk membangun jembatan. Tetapi ketika kita sampai pada level tertentu, teka-teki akan menjadi lebih rumit, memperkenalkan kendaraan baru dan material baru seperti hidrolik, yang digunakan untuk membuat jembatan tetap seimbang, dan memungkinkan perahu untuk melintasi jembatan.
Sejumlah hal positif yang mendidik bagi anak dari permainan Poly Bridge, antara lain:

1. Mengenalkan konstruksi pembangunan jembatan

Poly Bridge

Dasar dari permainan Poly Bridge adalah membangun suatu jembatan agar kendaraan dapat menyebrangi sungai dengan aman. Di dalam bermain permainan ini, anak akan mengenal bagaimana suatu jembatan dibangun, dan pada akhirnya dapat memahami bagaimana konstruksi pembangunan jembatan yang bagus.

2. Mengenalkan dasar-dasar aplikasi ilmu fisika

Poly Bridge

Pembangunan jembatan merupakan aplikasi dari ilmu fisika. Untuk itu, pada Poly Bridge juga memperhatikan hal tersebut sebagai bagian dari permainan. Misalnya, jika jembatan dibuat tidak seimbang maka akan roboh pada saat dilewati kendaraan. Contoh lain, apabila konstruksi jembatan dibuat terlalu curam juga akan mengakibatkan kendaraan tidak dapat melewati jembatan dengan aman.

3. Menggali imajinasi anak

Poly Bridge

Untuk menyelesaikan suatu level pada permainan Poly Bridge diperlukan imajinasi untuk mendesain sebuah jembatan yang cocok dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada, serta budget pembangunan yang tersedia.

4. Menumbuhkan kreativitas berpikir anak

Poly Bridge

Penyelesaian suatu level pada permainan Poly Bridge memiliki cara beragam dan solusi yang sangat terbuka. Karena kita bebas untuk mendesain jembatan yang akan dibangun, asalkan kendaraan yang akan melewati jembatan tersebut selamat dan pembangunan jembatan dilakukan sesuai budget yang tersedia.


EmoticonEmoticon